KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Begini Nih 5 Cara Sederhana Mengenali Jenis Jamur Beracun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61c1ae66af3f9916f43e42f3/begini-nih-5-cara-sederhana-mengenali-jenis-jamur-beracun

Begini Nih 5 Cara Sederhana Mengenali Jenis Jamur Beracun

Begini Nih 5 Cara Sederhana Mengenali Jenis Jamur Beracun

Jamur adalah tumbuhan yang tidak memiliki zat hijau daun atau klorofil sehingga bersifat  heterotrof atau memperoleh makanan dari organisme lain. Berbagai macam panganan olahan yang berasal dari jamur menjamur di seantero dunia. Bahkan, jamur tercatat sebagai salah satu bahan makanan termahal di dunia. Harga jamur truffle, misalnya, bisa terjual hingga Rp150 juta per kilogram.

Jamur memang rendah kalori, tetapi kaya akan protein, serat, dan vitamin, serta mineral. Selain itu, jamur juga mengandung antioksidan, selenium dan polisakarida, serta vitamin D2 (ergokalsiferol).

Secara alami, seperti dikutip laman ksdae.menlhk.go.id dari Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, jamur banyak dijumpai di hutan dan pegunungan terutama pada musim hujan. Tidak semua jamur bisa dimakan karena ada sebagian di antaranya ada yang beracun dan membahayakan kesehatan.

Jamur merang (Volvariella volvacea) dan kuping (Auricularia polythrica) adalah sebagian dari jenis jamur yang bisa dimakan, sedangkan Amanita phalloides dan Amanita virosa adalah sebagian dari jenis jamur beracun.

Baca : Jangan Gegabah Beli Obat Secara Online, Cek Dahulu 4 Hal Berikut

Jamur Amanita phalloides merupakan salah satu jamur paling beracun dari jenis jamur payung. Racunnya dapat menyebabkan iritasi, rasa sakit yang parah serta kerusakan pada mata dan kulit, sedangkan jamur Amanita virosa dapat merusak organ hati dan ginjal secara singkat. Lantas bagaimana cara membedakan jamur beracun dan tidak? 

Pertama, amatilah terlebih dahulu bentuk serta sifat jamur tersebut karena akan sangat berbahaya apabila kita tidak mengenal serta membedakan antara jamur yang beracun dan yang tidak beracun. 

Kedua, jamur beracun biasanya memiliki warna mencolok, bau tidak sedap dan mudah hancur apabila diraba serta memiliki bintik-bintik mencolok di sekitar tudungnya. Warnanya yang mencolok terkadang membuat kita jatuh hati dan ingin mencoba mencicipinya, padahal jamur tersebut merupakan jenis jamur beracun dan berbahaya apabila dikonsumsi. 

Ketiga, jangan mengambil jamur yang belum mekar dengan benar karena hal ini akan sulit bagi kita untuk mengetahui jenisnya. 

Keempat, jangan memakan jamur yang bergetah saat dipotong. 

Kelima, jangan mengambil jamur dari tempat yang kotor dan berbau.

Waspada mengonsumsi jamur terutama saat beraktivitas di alam. Untuk amannya, makanlah jamur yang sudah dibudidayakan, sedangkan jamur yang beracun masih perlu penelitian untuk mengetahui fungsinya. 

Sumber : https://bisnisindonesia.id/article/l...rjamur-beracun




profile-picture
profile-picture
mashbrow dan cheria021 memberi reputasi
Diubah oleh deganijo001
Nice info gannn, ane suka banget jamur, apalagi kalo jamurnya dibikin cripsy gituu
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane lebih suka jamur yang crispy gan, kira-kira beracun gak tuh gan
Biasanya dia manis di depan tapi pas dibelakang ngomongin dan jelek-jelekin elu..

#jamurToxic
Nice info gan.. Walaupun gak pernah cari jamur langsung ke kebun, minimal dpt infonya.. Lbhsering sih beli di pasar.. InsyaAllah lebih aman..
Ane suka makan jamur, yang bagus sih dari kuda atau banteng.. He he he
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
yg paling identik dari jamur beracun itu getahnya dan wanginya, teksturnya pun lebih mudah hancur, semacam nyentuh tumpukan tepung.
Kalau makannya di cocol pake fungiderm ilang gak racunnya ya.., emoticon-Malu (S)
profile-picture
minakjinggo007 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Biasanya kalau makan jamur kita langsung membeli aja.....gak pernah mencari dikebun....
kalau beracun biasanya yang berwarna
Informasi yang berguna gan
nice info nih gan, biar kalo di pasar bisa milih milih jamur nya
biasanya semua yg berwarna cantik dan mencolok itu yang beracun
kalo jamur yg di tai kebo bahaya ga gan hehheee
profile-picture
aripmaulana memberi reputasi
ane gabegitu suka jamur, eneg kalo makan jamur
Setau ane, yg beracun tuh ada semacam cincin di batangnya, klo yg dikonsumsi, batangnya mulus
nice infoo emoticon-Salam Kenal emoticon-Salam Kenal
nice info
Ane suka jamur (janda di bawah umur)
Apa lagi yang gratisan
🤣🤣
Post ini telah dihapus


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di