Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

uamri74Avatar border
TS
uamri74
Kisah : Dampak Toxic Friendship

Hai semua kemarin-kemarin aku habis nulis tentang ciri-ciri toxic friendship nah, kali ini aku mau bagi cerita singkat tentang dampak toxic friendship yang aku alami.  
Toxic friendship sendiri banyak macamnya dan yang waktu itu aku alami adalah pertemanan yang dominan manipulatif.

Saat itu aku berteman dengan satu cewek ya kita panggil saja “Mawar” aku kenal dengan mawar ini saat pertama kali aku merantau untuk kuliah dan kebetulan kami satu kamar kos.

Singkat cerita setelah di semester 2 kami pisah kos di semester 3 ternyata dia berniat untuk pindah kos bareng sama aku satu kamar. Ya udah lah ya aku juga mikir dulu juga udah pernah sekamar udah tau beberpa karakter dia yang maunya diperhatiin terus, moodyan, dan yaa ku pikir aku bisa ko melewatinya.  

Semester baru dimulai, akhirnya aku satu kamar dengan si Mawar dan kebetulan tetangga kamar kami itu adik tingkat dua orang. Hari berganti hari yaa biasa kehidupan pertemanan harusnya simbiosis mutualisme bukan? tapi entahlah yang aku rasakan pada saat itu lebih ke saat dia butuh akan datang tapi saat aku butuh dia seakan-akan acuh tak acuh. Sampai akhirnya puncaknya di semester 4 pada waktu itu masih awal-awal perkuliahan aku sakit diare dan aku minta tolong kepada si mawar untuk membelikan obat di apotek karena katanya dia dan salah satu adik tingkat yang tetangga kamarku itu mau keluar, aku sudah nyoba beli diwarung-warung terdekat obatnya sedang tidak ada. Aku minta tolong di jam 9 atau 10 pagi tapi dia berangkat ke apotek jam 4 sore dan baru balik kos saat habis maghrib. Selama itu aku nahan sakit, pusing yaa disitu aku ngerasa kenapa saat dia butuh aku berusaha semaksimal munkin untuk membantu tetapi saat aku minta tolong yang jelas urgent dia santai dan acuh.

Emang ga ada temen lain apa?

Ada temen aku minta tolong juga kemungkinan ada yang mau nolong cuma pada saat itu untuk pegang hp liat layar hp udah pusing.

Saat aku sakit atau kecapean aku memiliki kebiasaan ngeces saat tidur dan pada saat aku sakit waktu itu dia bilang

“ih ri jorok banget si tidurnya gitu ngeces ngeces kan kotor spreinya”

Tertohok si kaya gila lu lu sakit aja gw mau tidur tu takut was-was sapa tau lu butuh bantuan tapi disaat gw sakit lu acuh cuek dan masih mikirin sprei ya gw tau itu sprei dia. Akhirnya setelah dia bilang seperti itu paginya aku kuat”in bangun dan cuci sprei hahaha.

Setelah itu dan ada juga beberapa kejadian juga ucapan adek tingkatku (tetangga kamar) yang akhirnya aku sadar ini salah ini ga baik buat aku.

Semester lima aku pindah kos satu kamar berdua sebut aja temen baru ku kali ini nana. Akuu cukup merasa bersalah sama mba nana karena sejak kejadian dengan si mawar aku jadi orang yang curiga sama semua orang baru apalagi dengan teman kamar kos aku jadi orang yang selalu berpikir negative tentang orang baru. Sampai suatu hari mba nana sakit dan aku sedikit kurang peduli sama dia, yaa sekedarnya saja tidak sampai panik terus nganterin ke puskesmas atau apa hanya, membelikan obat di apotek sekedar itu. Dan suatu ketika gantianlah aku yang sakit aku kaget dengan perlakuan mba nana dia orang yang tenang tapi apa yang dia lakuin waktu itu sesuatu yang mirip yang aku lakuin ke si mawar mba nana memberikanku obat membuatkan teh hangat menyiapkan makan selalu menanyakan kondisiku. Perasaan bersalah yang saat itu aku rasakan kenapa aku berpikir buruk ke mba nana.

Memang setelah pertemananku dengan mawar aku selalu takut dengan orang baru berpikir buruk tentang mereka, berpikir bahwa orang baru itu berbahaya, berpiki bahwa mereka akan memanfaatkanku. Pikiran pikiran itu selalu muncul padahal tidak semua orang baru jahat ada orang seperti mba nana yang baik ada adek tingkatku yang baik tetapi nyatanya untuk mencoba berpikir positif kepada orang baru lagi cukup sulit.

Jadi buat temen-temen ni yang punya temen racun cepet-cepet tinggalin deh kalian berharga ada orang lain yang mau berteman dengan kita teman banyak bukan cuma dia. Memang susah untuk lepas apalagi dilingkungan yang sama yang aku ambil saat itu menjauh sebisa mungkin aku harus lepas dan jauh dari si Mawar ini. Mari tinggalkan racun.

Terimakasih temen-temen yang telah membaca ceritaku

bukhorigan
seigadslamina
seigadslamina dan bukhorigan memberi reputasi
2
569
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan