Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

the.commandosAvatar border
TS
the.commandos
Belum 3 bulan, Jalan Mandalika yang telan APBN sebesar Rp 814 Miliar rusak parah


Jalan Bypass BIL-Mandalika yang menelan biaya sebesar Rp 814 Miliar, belum 3 bulan sudah rusak parah. Padahal, jalan pintas menuju Sirkuit Mandalika itu, diresmikan bulan November oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, untuk gelaran event World Superbike (WSBK).



Jalan Bypass BIL-Mandalika yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok dengan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Lombok Mandalika di Lombok Tengah, dinilai menjadi trigger bagi pengemmbangan perekonomian masyarakat di kawasan dan memudahkan akses wisatawan yang ingin melancong ke kawasan The Mandalika.

Kami lagi kroscek penyebabnya karena sempat ada info di bongkar oleh masyarakat karena ada banjir,” Kata Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB, Ir H Ridwan Syah, Sabtu 11 Desember 2021.

Ridwan Syah mengaku, sudah berkoordinasi dengan ITDC yang outletnya ke arah ITDC, informasi di dapat, ada timbunan dari ITDC. Sehingga, outletnya tidak lancar.

“Infonya ada timbunan dari ITDC, jadi outletnya tidak lancar. Sedang mau di survei bareng,” kilahnya.

Sebelumnya, Ridwan mengatakan, pembangunan bypass sepanjang 17,3 Km tersebut akan meningkatkan jaringan jalan pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika-Lombok sekaligus mendukung konektivitas sirkuit MotoGP yang juga dibangun di kawasan Mandalika.

“Kalau selama ini kita lewat jalan lama melalui Sengkol butuh waktu 40 menit sampai 1 jam untuk ke kawasan Mandalika. Tapi dengan Bypass BIL Mandalika maka akan lebih cepat hanya berkisar 15 sampai 20 menit untuk sampai ke Sirkuit Mandalika,” jelasnya.

Ia memaparkan, layout Bypass BIL-Mandalika juga bagus dengan lebar jalan 50 meter, 4 lajur yang dilengkapi trotoar dan median. Di beberapa titik juga dilengkapi jembatan, overpass, dan jembatan penyeberangan orang untuk memfasilitasi permukiman di sekitar.

Untuk diketahui, pembangunan jalan Bypass BIL– Mandalika terdiri dari 3 paket pekerjaan yakni Paket I sepanjang 4,3 km (STA 0+00-STA 4+30) dengan kontraktor PT Nindya Karya-Bumi Agung (KSO).

Kemudian Paket 2 sepanjang 9,70 km (STA 4+30-STA 14+00) kontraktornya PT Adhi Karya – PT Metro Lestari Utama (KSO), dan Paket 3 sepanjang 3,38 km (STA 14+00-STA 17+36), kontraktornya PT Yasa Patria Perkasa.

Pembangunan Bypass BIL– Mandalika bersumber dari APBN 2020-2021 dengan nilai total sekitar Rp 814 Miliar. Bypass BIL-Mandalika juga dilengkapi overpass di 11 lokasi, 2 jembatan, dan 3 jembatan penyeberangan orang. (TN-red)

https://www.talikanews.com/2021/12/1...r-rusak-parah/

Parah gan
ian.benjamin
pakisal212
TuanLi
TuanLi dan 7 lainnya memberi reputasi
4
3.4K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan