adhie1185Avatar border
TS
adhie1185
Ternyata Bunga Turi Punya 5 Manfaat Kesehatan Bagi Tubuh Kita!
Ternyata bunga Turi memiliki manfaat yang bisa dirasakan untuk kesehatan badan, mulai dari mengobati sariawan hingga melancarkan Air Susu Ibu (ASI).

Di bidang kuliner, turi sering dimasak sebagai bagian dari menu lalapan, pecel hingga aneka tumisan. Bunga turi atau Sesbania grandiflora ini mengandung beragam khasiat bagi badan sebab mempunyai vitamin A, B, dan C. Berikut penjelasannya!




Spoiler for Bunga Turi:





1. Meredakan sariawan

Sariawan di mulut membuat penderitanya merasa tidak nyaman, bahkan sulit menelan lantaran efek panas dan nyeri. Penyebabnya adalah kekurangan vitamin C. Untuk mendapatkan manfaat bunga turi bagi sakit ini, caranya relatif gampang. Remas bunga turi lalu masukkan ke dalam air. Lalu berkumurlah untuk mengurangi sakitnya.

2. Membantu menyembuhkan radang tenggorokan

Radang tenggorokan dapat membuat penderitanya susah menelan. Belum lagi jika dibiarkan, badan akan terasa panas atau demam. Infeksi menjadi biang kerok sakit ini. Jika sedang mengalaminya, segera ambil bunga turi. Remas bunga turi di dalam air matang lalu pakailah untuk berkumur. Agar optimal, kumurlah dua kali dalam sehari.


3. Mengurangi gejala batuk

Biasanya obat batuk yang pertama dicari saat batuk melanda hingga melemahkan badan. Bunga turi bisa menjadi pilihan obat batuk tradisional yang mudah digunakan. Caranya adalah cuci bersih bunga turi. Tumbuk hingga halus, tambahkan setengah air matang dan satu sendok makan. Setelahnya, tinggal aduk hingga rata dan peras hingga keluar airnya.


4. Bagian dari racikan solusi pegal linu

Manfaat bunga turi bisa dirasakan saat pegal dan linu berlebihan akibat kelelahan. Dalam kondisi ini, otot bisa terasa kaku, nyeri, hingga kram. Bunga turi bisa menjadi bagian ramuan untuk mengatasi pegal linu. Caranya adalah dengan mengambil akar dari pohon turi berbunga merah secukupnya. Giling akar tersebut hingga halus lalu tambahkan sedikit air. Tinggal gosokkan hasil gilingan bunga turi tersebut ke otot yang terasa ngilu.

5. Merangsang produksi ASI

Tidak semua ibu menyusui mendapati produksi ASI lancar terus. Padahal si buah hati harus memperoleh ASI eksklusif selama enam bulan. Agar produksi ASI lancar, bunga turi bisa menjadi bagian untuk solusi menambah produksi ASI. Bunga turi bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui. Kandungan vitamin, kalsium, dan mineral di dalamnya akan membantu merangsang produksi ASI untuk kesehatan si kecil.

Jika belum pernah mencoba masakan bunga turi, bisa cari resepnya di berbagai situs. Lumayan kan selain enak dapet juga manfaatnya.

Diubah oleh kaskus.infoforum 15-12-2021 04:35
bonita71
kubelti3
mashbrow
mashbrow dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.8K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan