mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
KKB Kembali Bakar Sekolah di Papua, TNI-Polri Ditembaki saat Evakuasi Warga


PEGUNUNGAN BINTANG, KOMPAS.TV - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah membakar gedung SMP Negeri Serambakom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, pada Selasa (14/12/2021).

Kepala Polres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito mengatakan insiden pembakaran yang dilakukan KKB diawali dengan bunyi tembakan terlebih dahulu.


"Aksi pembakaran yang diduga dilakukan KKB diawali bunyi tembakan, namun personel yang bertugas di wilayah itu tidak merespons," kata Cahyo dikutip dari Antara pada Selasa (14/12/2021).

Setelah bunyi tembakan, tak berapa lama tampak asap hitam yang dari laporan masyarakat merupakan salah satu bangunan yang ada di SMP Negeri Serambakom.

Cahyo menyebut kebakaran itu dilaporkan terjadi sekitar pukul 09.00 WIT. Melihat kepulan asap tersebut, tentara dan polisi yang bertugas di Pos Serambakom kemudian mendatangi lokasi kebakaran untuk memindahkan warga.


Sebanyak 40 warga Kampung Wambakom, Distrik Serambakom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, kini mengungsi ke gereja Katolik yang ada di kampung tersebut.

Adapun warga yang mengungsi sebagian besar adalah wanita, anak-anak, dan warga lansia.

Cahyo mengatakan, saat sedang memindahkan warga ke gereja Katolik Wambakon, KKB terus berupaya melakukan penembakan. Alhasil, baku tembak antara kelompok bersenjata dengan TNI-Polri tak bisa dihindari.
Menurut Cahyo, kontak tembak antara TNI-Polri dengan KKB terjadi dari pukul 09.50 WIT hingga 11.15 WIT. Tidak ada korban jiwa akibat insiden itu.

Namun, lanjut Cahyo, berselang 30 menit kemudian atau sekitar pukul 11.45 WIT, asap kembali muncul dari sekitar lokasi. 

Cahyo menuturkan, petugas gabungan di Serambakom masih bersiaga di lokasi kejadian. Sementara personel Polres Pegunungan Bintang belum dapat diturunkan ke lokasi.


Sebab, letak geografis Serambakom yang di kiri-kanannya terdapat perbukitan, membuat aparat sangat rawan menjadi sasaran tembak kelompok bersenjata.

Sebelumnya, KKB dilaporkan melakukan penembakan ke Pos Brimob yang ada di Serambakom pada Senin (13/12/2021).

Selain itu, KKB juga membakar Gedung SMA Negeri 1 Oksibil pada Minggu (5/12/2021).
https://www.kompas.tv/article/241754...i-warga?page=2

bakar sekolah lagi...
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
1K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan