daily.planetAvatar border
TS
daily.planet
5 Nasehat Penting untuk Pasangan yang Baru Menikah dari Ustadz Abdul Somad





HALUAN PADANG - Melalui youtube Channelnya, Ustadz Abdul Somad menyampaikan nasehat bagi pasangan yang baru menikah.

Kelima nasehat tersebut disampaikan Ustadz Abdul Somad ketika menghadiri sebuah acara pernikahan di Komplek Pertamina Pendopo, Pali, Sumatera Selatan pada 5 Desember 2021.

Berikut lima nasehat penting pernikahan yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Somad:

Sudah Dituliskan di Lauhul Mahfuz

Dalam penyampaian nasehat pernikahan yang diunggah di youtube channel Ustadz Abdul Somad tersebut, beliau menyampaikan bahwa pernikahan antara dua orang sesungguhnya telah dituliskan oleh Allah bahkan sebelum penciptaan langit dan bumi.

“Bahwa kalian ananda Roy dan Bunga, namanya tertulis di papan bunga, di dalam undangan, tapi sesunguhnya nama kalian sudah tertulis sebelum Allah menciptakan langit dan bumi,” ujar Ustadz Abdul Somad.

Menurut Ustadz Abdul Somad, apa yang disampaikannya tersebut terdapat dalam kitab hadits shahih Imam Muslim.

Saling Menghormati dan Memuliakan

Pesan kedua Ustadz Abdul Somad untuk pasangan yang menikah adalah pentingnya saling menerima kekurangan, saling menghormati dan saling memuliakan. Karena pernikahan tersebut menyatukan dua orang yang berbeda.

“Apa yang membuat kalian bisa bersama? Kalian tidak hanya diikat oleh cinta Mawaddah, tapi juga diikat oleh rahmah, kasih dan sayang,” kata Ustadz Abdul Somad.

Selain itu menurut Ustadz Abdul Somad, penting juga bagi laku-laki untuk menerima kekurangan perempuan terutama ketika usia mulai menua dan telah melahirkan.

Karena ketika usia menua dan telah melahirkan, secar fisik perempuan akan berubah dan laki-laki harus siap menerima perubahan tersebut.

Menyatukan Dua Keluarga Besar

Pada poin ketiga, menurut UAS selain menyatukan dua orang yang berbeda, pernikahan juga menyatukan dua keluarga yang berbeda.

“Maka menikah adalah menyatukan dua keluarga besar. Menikah menyatukan dua keluarga dari Kota yang berbeda, adat istiadat yang berbeda, lalu disatukan menjadi dua,” Kata Ustadz Abdul Somad.

Setiap Suami Adalah Pemimpin

Poin keempat pesan Ustadz Abdul Somad kepada pasangan yang menikah adalah tanggung jawab seorang laki-laki kepada istrinya.

Menurut Ustadz Abdul Somad, jika dulu seorang laki-laki hidup untuk dirinya sendiri, maka setelah menikah istrinya dan anaknya adalah tanggung jawab dirinya.

“Maka sejak itu kau punya tanggung jawab. Mulai menutup aurat istrimu, sampai membaca qur’annya, sampai mengajinya, sampai pengajiannya, shalatnya dan semua itu akan dituntut di hadapan Allah,” kata Ustadz Abdul Somad.

Menikah Bukan Hanya Memenuhi Kebutuhan Seksual

Menikah menurut Ustadz Abdul Somad bukan hanya sekedar pelampiasan kebutuhan seksual, karena tujuan pernikahan salah satunya adalah melahirkan generasi yang bisa membuat Rasullah SAW bangga di akhirat.

Karena menurut UAS salah satu kebangaan Nabi Muhammad SAW di akhirat ialah memiliki jumlah ummat yang banyak.(*)


Sumber :

https://padang.harianhaluan.com/syar...somad?page=all

samsol...
fachri15
fachri15 dan samsol... memberi reputasi
0
2.8K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan