iskrimAvatar border
TS
iskrim
Banyak yg 'Gak Sadar Tidur Siang Orang Dewasa Buanyak Manfaatnya, Yuk Lakukan!


[ HT# 882 ]

Kita umumnya beristirahat dan melanjutkan tidur malam adalah rutinitas biasa dilakukan manusia kebanyakan, tapi jarang yang tahu ternyata tidur siang bagi orang dewasa banyak memiliki manfaat.

Bukan hanya anak-anak saja tidur siang baik dilakukan tapi menurut ahli spesialis kejiwaan, dr Dharmawan Adi Purnama tidur siang bisa dilakukan oleh orang dewasa ketika memiliki waktu dan kesempatan yang baik.

Asal kita tahu, kebiasaan tidur siang bagi orang barat adalah kebiasaan orang dewasa karena waktu istirahat terutama setelah jam makan siang, iklim mereka yang berbeda dengan negeri kita lebih panjang dan mendukung.



Tapi bukan berarti kita yang tinggal di iklim tropis tidak bisa memanfaatkan waktu tidur siang ini, hasilnya sama-sama membawa manfaat asalkan tidurnya berkualitas. Berkualitas.

Tidur siang atau dikenal dengan power napping bagi orang dewasa bisa dilakukan jam berapa saja, mungkin idealnya menurut saya sih, antara jam 12.000wib - 14.00wib.

Dan yang harus diingat adalah durasi terbaik untuk tidur siang bagi orang dewasa secara umum dibagi jadi 2 bagian yakni; tidur siang durasi 10-20 menit berguna untuk meningkakan tenaga dan konsentrasi kembali (buat pekerja/karyawan/supir ini berguna sekali), kemudian durasi tidur siang 1 jam beguna untuk meningkatkan hormon pertumbuhan, bagi orang dewasa bisa untuk mencegah penuaan dini.

Tidak cukup sampai disitu saudara, ternyata manfaat lain tidur yang dilakukan di siang hari masih banyak gunanya yaitu : Bisa meningkatkan daya ingat atau memori otak manusia, bisa menurunkan tekanan darah, bisa menyehatkan jantung, bisa meningkatkan mood kembali, mampu menekan stres, memulihkan kewaspadaan dan fokus, mampu mengurangi kelelahan, dan mengembalikan energi manusia.

Nah, melihat banyaknya manfaat tidur siang bagi orang dewasa ini pastinya memberikan daya tarik dan kegiatan yang bisa dilakukan oleh orang dewasa siapapun, tak mengenal pria atau wanita.

Namun, dr Dharmawan Adi Purnama berpesan jika ingin melaukan tidur siang ini sebaiknya durasi tidurnya jangan dilakukan lebih dari 1 jam karena dikhawatirkan akan menganggu jam biologis tidur malamnya, ketika malam jadi sulit tidur begitu pagi datang kita malah mengantuk dan tidak maksimal dalam beraktifitas termasuk bekerja.



Dan bila kita sudah melakukan kebiasaan tidur berkualitas 8 jam sehari setiap malam maka melakukan tidur siang tidak perlu dilakukan, kecuali memang sedang kelelahan dan kondisi badan benar-benar sedang tidak fit.

Kekurangan jam tidur bagi manusia tidak dapat digantikan di waktu berbeda dan jam yang sama karena bisa dikatakan melawan hukum alam, inti dari tidur bagi manusia adalah 'mencharge' ulang dan merestorasi tubuh dan otak agar bugar kembali.

Nah, dari informasi yang berguna ini memang (sekali lagi) sebaiknya dilakukan oleh orang dewasa yang memiliki waktu dan kesempatan untuk tidur siang yang cukup, karena jika manusia kurang tidur menyebabkan tekanan darah naik dan kerja jadi tidak fokus. Selamat beraktifitas dan selamat bobok. TAMAT.




Sebuah opini | Ref. tkp
Img. depositphotos



Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 15-12-2021 03:32
MasterSims
EriksaRizkiM
dxstarz
dxstarz dan 23 lainnya memberi reputasi
24
6.1K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan