Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rakitpcmendingAvatar border
TS
rakitpcmending
Batas Harga Minyak Goreng Bakal Naik, Masyarakat Siap-siap!
 Batas Harga Minyak Goreng Bakal Naik, Masyarakat Siap-siap!

Kementerian Perdagangan membuka opsi untuk menaikkan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng. Saat ini, HET minyak goreng kemasan sederhana berada di angka Rp 11 ribu/liter. Namun, berpotensi bisa lebih tinggi ke depannya.

"HET memang perlu dilakukan kajian, karena harga acuan minyak goreng curah atau kemasan sederhana yang ditetapkan Permendag 07 tahun 2020 itu disusun berdasar acuan standar harga CPO US$ 600, sehingga hal tersebut tidak lagi menjadi acuan, nggak pas. Berkaitan dengan ini, memang akan ada penyesuaian harga acuan," kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan dalam konferensi pers, Jumat (10/12/21).


Nantinya, HET minyak goreng bisa naik cukup tinggi. Berdasarkan perhitungan harga CPO saat ini yang menembus lebih dari US$1300/ton, maka HET bisa mencapai Rp 16.500 hingga Rp 16.700.

Namun, pemerintah memberi indikasi belum akan menerapkan HET tersebut dalam waktu dekat, mengingat masih banyak masyarakat yang kesulitan dalam ekonomi. Demi meringankan beban tersebut, pemerintah mengarahkan produsen untuk melepas 11 juta liter minyak goreng dengan harga murah, yakni Rp 14.000/liter.

"Kami dengan perusahaan minyak goreng paham perlu ada penyesuaian untuk memastikan masyarakat kecil bisa menjangkau dengan minyak kemasan sederhana kita putuskan 14 ribu/liter," ujarnya


Adapun saat ini harga minyak goreng sudah jauh melambung tinggi. Nilainya sudah naik 50% dari HET yang ada saat ini.

"Harga CPO internasional US$ 1.305/ton atau naik 27,17% dari awal 2021 yang memicu kenaikan harga minyak goreng. Minyak curah saat ini rata-rata nasional Rp 17.600/liter, sedangkan minyak goreng kemasan tergeser ke atas Rp 19 ribu/liter," ujar Oke.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...akat-siap-siap
sy0may
didududi
falin182
falin182 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.4K
22
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan