CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menjadi Pekerjaan Idaman, Pekerjaan PNS Ini Akan Diganti Robot
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a5edd691ae7271b728361e/menjadi-pekerjaan-idaman-pekerjaan-pns-ini-akan-diganti-robot

Menjadi Pekerjaan Idaman, Pekerjaan PNS Ini Akan Diganti Robot


Menjadi Pekerjaan Idaman, Pekerjaan PNS Ini Akan Diganti Robot

PNS akan digantikan oleh robot AI. Akan ada banyak tugas-tugas yang selama ini dilakoni oleh manusia, bakal dikerjakan oleh robot.

Ketahui informasi selengkapnya dalam berita Finansialku berikut.

Sejauh Mana Wacana PNS Diganti Oleh Robot?

Belakangan ini wacana tentang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan digantikan oleh robot artificial (AI) ramai dalam pemberitaan.

Wacana tersebut muncul seiring dengan rencana Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang akan lebih banyak memanfaatkan kemajuan teknologi ke depannya. Juga untuk mempercepat pelayanan birokrasi seperti mimpi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Rencananya, jumlah PNS akan dikurangi secara bertahap dan digantikan oleh robot AI. Akan ada banyak tugas-tugas yang selama ini dilakoni oleh manusia, bakal dikerjakan oleh robot.

 

Menurut Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah beberapa sektor PNS yang bisa diganti robot bahkan akan lebih menguntungkan masyarakat dan juga pemerintah. Misalnya PNS pengurusan KTP dan yang berada di samsat.

Untuk pemerintah ini akan menguntungkan karena beban negara turun dari pengurangan PNS dan masyarakat terutama dalam pembuatan KTP dan samsat bisa terbebas dari praktek pungli yang masih sering terjadi.

“Bagian layanan yang bisa diganti misalnya pembuatan KTP, itu bisa diganti. Pelayanan samsat bisa diganti juga. Jadi bisa menghilangkan pungutan liat yang masih sering ada,” jelasnya.

Adapun tindakan pungli yang terjadi ini terutama dalam pengurusan surat-surat dan perpanjangan izin. Sehingga pelayanan inilah yang dinilai harus digantikan dengan robot.

Meski begitu, bukan berarti seluruh PNS akan dipecat dan digantikan robot. Melainkan kolaborasi antara sumber daya manusia dengan teknologi yang saat ini sudah mulai banyak dilakukan seperti saat pembuatan SIM dan Paspor.

Mengingat, saat ini banyak sekali pelayanan publik yang tidak membutuhkan tatap muka, tapi menggunakan aplikasi.

Dengan begitu, pemerintah akan lebih banyak menggunakan teknologi digital dalam memberikan pelayanan kepada publik. Atas dasar itu jumlah PNS akan dikurangi secara bertahap dan digantikan dengan robot.

Terkait kapan waktu PNS digantikan robot, konsep ini akan terus dimatangkan. Sebab, pemerintah membutuhkan dana yang besar serta kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk bisa menciptakan teknologi tingkat tinggi untuk membuat robot.

Lalu apa tanggapan Anda mengenai informasi ini?

Sumber : 



Setuju, pns itu mayoritas cuma pemborosan & beban negara & masyarakat
profile-picture
profile-picture
gomamon. dan giphytrelele memberi reputasi
Baguslah.
emoticon-Belgia
petugas pajak aja robot semua

pasti hemat
Setuju bangettttttttt pake es lagi : Bangeettttttssss

bukannya sentimen ama PNS ya, tapi memang profesionalismenya jauh dari ideal, terutama untuk bagian pelayanan masyarakat emoticon-Peace


Spoiler for :
profile-picture
giphytrelele memberi reputasi
pengalaman sejauh ini, pelayanan pns di kantor kurang menyenangkan. sekalian diganti robot yang gak punya perasaan kayaknya bukan ide buruk emoticon-Ngakak

profile-picture
giphytrelele memberi reputasi
Emang sudah sejauh mana perkembangan kemajuan teknologi robot Indonesia? emoticon-Big Grin

emoticon-Ngakak
profile-picture
kazuraba memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
pres zimbagwe juga dh di ganti ma robot....dia cuma planga plongo
mendukungemoticon-Swedia
PNS idaman itu yg punya jabatan. kepala sie, kepala satker, kepala dinas, PPK. yg bagian "basah" lah pokoknya. dan itu gak mungkin digantikan sama robot
klo cuma jadi frontliner mah bukan PNS idaman emoticon-Big Grin
seharusnya mulai sekarang sampai selanjutnya gak usah angkat2 pns lagi

cukup pegawai kontrak biasa saja

gaji perjam

pensiunan diganti duit pesangon

pasti banyak yg setuju emoticon-Recommended Seller
profile-picture
whitepoint memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Gak mikir Kalau digantikan robot. Bakalan nambah Penangguran Dan nambah import robot juga. Gimana
Mantap emoticon-Recommended Seller

Selain PNS robot, emang asuu ndlogok semua.

Cuma gajian pungli madol molor pensiun emoticon-Najis
ganti robot duitnya lari ke pejabat.

udah kebaca alurnya

emoticon-Ngakak

ga usah lu percaya pejabat indonesia, sistem aja bisa jebol + kecolongan apalagi ginian.

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh rajin.meremas
hmmmmm....
hahahaha....
byak yg mikir sbagian besar pkerjaan pns bisa d ganti ama robot.....
yg bisa cman bgian pelayan publik....
biar cepet n nggk ad pungli....
klw bgian mikir.... otak atik anggaran misalny...
atw cik gu ngajar d kelas... dokter d rs...... atw jaksa nuntut org d pengadilan.... bahkan hakim ny....
mungkin kah d gantikan robot?
emoticon-Cool
sekalian tuh anggota dpr/mpr robot...
profile-picture
kambingcucok memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Folisi sekalian diganti robot biar kyk di pelem roboc0p emoticon-Leh Uga
Taun2 depan ngaku sebagai gundam ah biar bisa ikut cpns.
emoticon-Hammer2
profile-picture
finansialku.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ANJIR GWA DIGANTI DONK emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di