monkbertyAvatar border
TS
monkberty
KISAH HIDUP : Joey Ramone, Frontman Ringkih & Cinta Segitiga yang Rumit!



Lahir dengan nama Jeffrey Ross Hyman dikeluarga Yahudi pada 19 Mei 1951 di Queens, New York, dari keluarga pasangan Noel Hyman dan Charlotte Mandell Lesher yang tinggal di Forest Hill, Queens. Noel Hyman lahir pada 24 April 1919, dan meninggal pada 20 Oktober 2000. Sedangkan sang ibu lahir pada 5 Juli 1926 di Kings County, Brooklyn. dan meninggal pada 27 Januari 2007. Joey juga tumbuh bersama adik laki-lakinya, bernama Mickey Leigh.



Joey bersekolah di Forest Hills High School, dimana ia akan bertemu rekan bandnya the Ramones dimasa depan Douglas Colvin aka Dee Dee Ramone dan John Cummings aka Johnny Ramone

Quote:


Joey adalah personil Ramones dengan kehidupan paling keras diantara yang lainnya. Ia lahir dengan keadaan parasitic twinyang tidak berbentuk sempurna tumbuh di punggungnya, yang pada akhirnya di'buang' melalui operasi pembedahan. Dikabarkan, sang ayah kerap berlaku kasar padanya, ditambah saat kecil sering menjadis sasaran bullying oleh teman-temannya. Hal itulah yang membuat Joey menjadi pemuda yang tumbuh dengan rasa ketakutan. Pada usia 18 tahun, Joey divonis mengidap OCD (obsessiveS E N S O Rpulsive disorder) dan schizophrenia. Joey juga mengidap sindrom marfan, yang mengakibatkan ia mengalami rabun jauh.

Quote:


Kedua orangtua Joey bercerai diawal tahun 1960an, kemudian sang ibu menikah untuk kedua kalinya, namun kembali menjanda saat suami keduanya mengalami kecelakaan mobil saat sedang liburan. Sebelum memainkan gitar akustik diusia 17 tahun, Joey lebih dulu belajar drum saat berusia 13 tahun saat ibunya membelikan snare drum with supermarket stamps.


Fakta unik dari Joey, hingga akhir hayatnya, ia tak pernah sekalipun menikah. Hanya satu orang yang pernah menjalin hubungan dengannya, yang juga adalah sumber inspirasi berbagai lagu Ramones, seperti KKK Took My Baby Away, Danny Days, danShe's a Sensation.

Spoiler for Joey with Linda Ramone:


Ialah Linda Daniele aka Linda Ramone, yang pernah jadi pacar Joey selama 3 setengah tahun, dan entah bagaimana, Johnny stole her from Joey. Sejak itu Joey berhenti berbicara dengan Johnny. Linda malah akhirnya dipersunting Johnny pada 1984.

Quote:


Hubungan Linda dan the Ramones berawal saat ia berusia 16 tahun dan bertemu Ramones di CBGBsekitar tahun 1976. Selang berapa tahun kemudian, Linda bertemu Joey di Los Angeles dan merencanakan pertemuan saat Thanksgiving, disitulah awal kisah cinta mereka. Dalam sebuah wawancara Linda mengakui bahwa Joey always her first love. Namun saat Johnny mulai menyukainya, Linda harus memilih, either menerima atau menolak dan justru menghancurkan band. Ia beranggapan bahwa mereka selalu menaruh band didepan urusan lainnya. That's why Linda memilih Johnny.


Setelah resmi berpacaran, Linda pun ikut tur bersama Ramones dan akhirnya berkenalan dengan Johnny. Inilah titik awal cinta segitiga antara mereka. Setelah setahun, Linda dan Johnny merasa memiliki kesamaan, tidak minum atau menggunakan narkoba. Sedangkan saat itu Johnny muak dengan hubungannya karena sang pacar pecandu alkohol. Linda suka memasak dan berpesta. Tak lama sejak itu, Johnny jadi sering join makan setiap malam dengan Joey dan Linda. Johnny dan Linda pun akhirnya jadi teman dekat.


Selang beberapa tahun setelahnya, Joey dan Linda memutuskan untuk bertunangan, namun terjadi pertengkaran saat sang Ibu menyuruh mereka untuk membeli cincin yang lebih murah daripada yang diinginkan Linda. Sejak itu pertengkaran antara mereka dan ibu Joey makin sering dan memanas. Saat hubungan tersebut sudah mulai goyah, Johnny mengutarakan perasaan cintanya pada Linda.

Akhirnya Linda dan Joey putus, saling diam sampai tahun 1993 hingga akhirnya Joey menelfon Linda. Linda mengatakan jika Joey langsung dapat penggantinya saat mereka putus. Sejak itu mereka selalu berkabar hingga akhir hayat Joey tanpa sepengetahuan Johnny.

Quote:


Joey dan Johnny memang selalu berselisih paham. Johnny dikabarkan memang sudah tidak menyukai Joey sejak awal, dari perbedaan politik dan kepribadian mereka. Joey adalah seorang liberal hippie, sedangkan Johnny adalah orang konservatif yang membenci hippie.

Quote:


Salah satu perseteruan mereka adalah saat pergantian posisi Joey dari drummer menjadi vokalis yang ditentang oleh Johnny karena menurutnya fisik Joey tidak lebih menarik dibanding dia, walaupun pada akhirnya Johnny pun setuju dengan perubahan itu. Kisah ini makin bikin Joey nyesek saat Johnny menolak saat diajak Marc Steven Bell aka Marky Ramonemenjenguk Joey yang kala itu tengah berjuang melawan lyphoma di rumah sakit.

Pada 1995, Joey di diagnosa mengidap lymphoma. Ia merahasiakan kondisinya tersebut hingga 19 Maret 2001. Joey meninggal pukul 2.40 pagi, pada 15 April 2001 di New York Presbyterian Hospital, diusianya ke 49 tahun, diiringi lantunan In a Little While by U2, setelah pertarungannya melawan lymphoma selama 6 tahun. Selama 22 tahun karirnya bersama the Ramones, Joey memang rapuh dan sering sakit-sakitan. Joey dikuburkan di Hillside Cemetery, Lyndhurst, New Jersey.


2 tahun setelahnya pada 30 November 2003, sebuah blok di East 2nd Street di New York City resmi berganti nama jadi Joey Ramone Place sebagai sebuah penghormatan bagi Joey. Blok tersebut adalah tempat tinggal dan tumbuhnya Joey dan Dee Dee, yang juga dekat dengan CBGB Club, dimana Ramones memulai karir.

Pada 15 April 2021, pada 20 tahun kematian Joey, Netflix mengumumkan bahwa Pete Davidson akan memerankan Joey di film biopic berjudul I Slept with Joey Ramone, yang berasal dari buku memoir dengan judul sama yang ditulis sang adik, Mickey Leigh.

Spoiler for SEKIAN:

bonchez
badbironk
threadworm
threadworm dan 51 lainnya memberi reputasi
50
6.9K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan