ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Apa Kabar Tulisan Tangan?


Saya punya pertanyaan yang sebenarnya nggak terlalu penting untuk Anda semua, kira-kira kapan terakhir kali Anda menulis lebih dari 100 kata diatas kertas?

Selagi Anda mengingat-ingat saya akan memberitahu Anda sebuah fakta yang tak terbantahkan yang mana mungkin saja Anda sudah tahu namun tidak terlalu peduli. Itu adalah fakta bahwa tulisan tangan semakin tersingkirkan oleh jaman dan digantikan dengan mesin ketik alias komputer dan layar sentuh. Anak sekolah jaman sekarang yang dulunya rajin membeli buku tulis dan pulpen kini lebih asik bermain laptop dan mengerjakan tugas dengan copas sumber internet, menempelnya di microsoft word dan mencetaknya dengan printer. Itulah kenyataannya.



Dalam dunia kerja keberadaan kertas dan pena pun semakin tergantikan. Daftar transaksi belanja yang dulunya dicatat dengan hati-hati kini dicatat secara otomatis menggunakan kartu kredit dan disimpan di microsoft excel. Bahkan saat ini pun saya menulis artikel ini menggunakan laptop. Kan nggak mungkin saya mengupload tulisan tangan ke kaskus.

Tulisan tangan, bersama puluhan hal lain, tersingkirkan oleh kedatangan komputer dan internet. Surat-surat sudah digantikan dengan email, dokumen-dokumen sudah digantikan dengan pdf dan kontes tulisan tangan terindah sudah digantikan dengan lomba desain grafis. Kita pun harus mengakui bahwa mengetik di laptop atau ponsel jauh lebih mudah dibanding menulis artikel, mengirimnya ke koran dan menunggu berhari-hari agar artikel tersebut diterbitkan.



Singkatnya, komputer sudah mengambil alih posisi tulisan tangan dan mau tidak mau kita harus menerima itu. Jika dulu Anda bekerja sangat keras untuk memperbaiki tulisan tangan Anda maka Anda kini harus kembali bekerja keras untuk mengetik dengan cepat. Kelak di masa depan anak-anak generasi baru tidak akan mengetahui benda apa yang disebut sebagai pulpen dan hanya akan tahu tombol keyboard mana yang menghasilkan suara indah. Seperti itulah kenyataan, seperti itulah perkembangan jaman, kita tak bisa merubah fakta tersebut.

Jadi, sudah ingat kapan terakhir kali Anda menulis lebih dari 100 kata diatas kertas?
Diubah oleh ih.sul 23-11-2021 03:16
waratutor
cheria021
mashbrow
mashbrow dan 18 lainnya memberi reputasi
19
4.5K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan