Si.jonii
TS
Si.jonii
Waduh Gaswat Nih! 5 Makhluk Yang Akan Menguasai Bumi Jika Umat Manusia Musnah
Manusia adalah satu-satunya spesies atau makhluk dengan kecerdasan tertinggi yang hidup dan berjalan di muka bumi, manusia di muka bumi berperan sebagai spesies penguasa. Keberadaan manusia sebagai penguasa dimuka bumi juga telah meninggalkan jejak-jejak peradaban dan kebudayaan yang besar yang tidak dimiliki oleh makhluk makhluk lainnya seperti contohnya hewan, para ilmuwan mengungkapkan beberapa teori yang bisa menjadi penyebab terjadinya kepunahan umat manusia mulai dari bencana alam, wabah penyakit, hingga perang nuklir, dan jika hal itu terjadi yaitu umat manusia punah maka posisi puncak manusia pun akan segera diambil oleh para spesies yang lain, terus apa yang terjadi di bumi ini seandainya umat manusia punah? bukan cuma peradaban saja yang akan hilang namun juga sistem rantai makanan pun akan berubah, diantara sekian banyaknya spesies hewan ada beberapa diantaranya spesies yang menonjol yang diprediksikan akan mengambil alih posisi manusia jika seandainya seluruh umat manusia di bumi ini punah yang mungkin kalian gak pernah bayangin sebelumnya, dan berikut 5 spesies yang diyakini akan menguasai bumi saat manusia telah musnah.

1. Semut
Quote:
sumber
Jika ada spesies yang mampu bertahan hidup suatu apokalips atau kiamat terjadi, semut adalah jawabannya, binatang yang satu ini sudah ada sejak 110 sampai dengan 130 juta tahun yang lalu. Hal ini berarti semut berhasil selamat sewaktu bencana yang membuat dinosaurus punah, semut memiliki tingkat sosial yang tinggi seperti halnya manusia mereka memiliki sistem kelas yang kompleks, ruang logistik dan tentara yang menjaga sarang. Secara individu semut memang sangat lemah tetapi kekuatan mereka terletak pada kesatuan mereka, semut memiliki sistem koloni yang begitu terorganisir bahkan sudah menjadi inspirasi bagi sistem pertahanan militer di berbagai negara, semut sangat tangguh di berbagai cuaca bahkan mampu bertahan tanpa makanan dalam waktu yang lama, bila semut dari seluruh negara dan bahkan benua bersatu kamu tidak akan membayangkan apa yang akan terjadi, mereka berbagi sinyal kimia yang sama yang berarti memungkinkan mereka untuk berkomunikasi satu sama lain sebagai sekutu.


2. Burung pemakan bangkai
Quote:
sumber
Bukan tanpa alasan, burung yang satu ini dikategorikan hewan yang akan selamat saat semua makhluk sekarat. Saat hewan-hewan mati, membusuk dan membuat jijik hewan-hewan lain burung pemakan bangkai dengan santainya akan mematok daging busuk tersebut, menurut ahli mikrobiologi perut burung pemakan bangkai mampu menghancurkan hampir semua hal, kenapa bisa? sebab di dalam perut mereka hidup 2 bakteri paling ganas yaitu bakteri clostridium yang menghasilkan racun dan bakteri fusobacteria yang menghancurkan daging apapun, dengan kata lain perut burung pemakan bangkai sebenarnya 10 kali lebih beracun dan mematikan dari apa yang mereka makan, gak heran isi perut mereka bisa dijadikan sebagai senjata kimia. Selain itu penelitian pada tahun 2014 sekelompok ilmuwan melakukan penelitian radiasi nuklir pada beberapa spesies yaitu burung, laba-laba dan serangga, rata-rata hewan yang mampu bertahan hidup pasti akan mengalami kerusakan DNA tapi ajaibnya beberapa spesies burung bisa melewati radiasi tersebut tanpa mengalami luka apapun termasuk kerusakan DNA, bulu yang melekat di tubuh burung pun bukan cuma mampu melindungi mereka dari cuaca panas ataupun dingin tapi juga mampu melindungi radiasi nuklir hingga di tingkat tertentu.


3. Tardigrada atau beruang air
Quote:
sumber
Tardigrada dikenal juga sebagai beruang air atau babi lumut mungkin ukurannya hanya 1,5 mm tapi mereka merupakan makhluk yang sangat tangguh, spesies Ini pertama kali muncul 500 juta tahun yang lalu dan bertahan hingga di zaman modern ini, hewan Ini luar biasanya mampu bertahan pada suhu yang sangat ekstrem mulai dari minus 164 derajat Celcius hingga 149 derajat Celcius, ukurannya yang sangat kecil dan membuatnya hampir tidak terlihat ini membuat binatang ini seringkali berhasil lolos dari intaian sang pemangsa dengan hanya bersembunyi dibalik batuan laut ataupun terumbu karang. Meskipun kecil dan mungil tapi jangan remehkan kekuatan tardigrada karena binatang ini mampu mengoyak alga atau hewan kecil lainnya dengan gigi tajamnya, giginya yang tajam selayaknya gergaji yang menjadi senjata utama hewan ini, habitat binatang ini sebenarnya di air namun jika cuaca berubah dengan ekstrem dia terpaksa harus berubah bentuk dengan mengganti cairan di seluruh tubuhnya dengan gula trehalose dan beruang air ini berhasil selamat dengan hidup di lingkungan kering tanpa air. Gak cuma sampai di situ aja ilmuwan ternyata juga udah mengetahui kekuatan si kecil tardigrada sudah sejak lama, si pink imut-imut kecil ini jadi salah satu hewan astronaut yang diutus ke luar angkasa dalam penerbangan uji coba menggunakan kapsul foton M3 di tahun 2007. Meskipun spesies hewan lain yang turut dikirim tidak berhasil pulang dengan selamat dan bernyawa, tardigrada menjadi satu-satunya yang berhasil kembali ke bumi dan bertahan dari sinar kosmis dan radiasi ultraviolet yang begitu mematikan, begitu supernya kekuatan dari tardigrada peneliti menduga bahwa binatang ini kemungkinan akan menjadi organisme terakhir di muka bumi.


4. Tikus
Quote:
sumber
Hewan pengerat dari jenis mamalia ini yang bernama tikus mungkin merupakan hewan yang bertahan bila saja kepunahan terjadi, kenapa bisa bertahan dikarenakan mereka tangguh, mudah beradaptasi dan bisa makan apapun. Jan Zalasiewicz seorang Paleobiologis mengatakan kalau tikus akan mengambil kendali bumi saat hewan mamalia lainnya punah, hal ini pun dibetulkan para paleontolog yang percaya jika dunia menghadapi peristiwa kepunahan besar-besaran, ukuran tikus akan berubah menjadi besar dan juga menguasai bumi.


5. Cumi-cumi dan Gurita
Quote:
sumber
Mungkin kalian akan agak sedikit aneh dan mengejutkan saat mengetahui kalau hewan ini cukup potensial untuk menguasai bumi di masa depan dan faktanya spesies cephalopoda seperti cumi-cumi dan gurita melonjak tajam sejak tahun 1950 an, Kenapa bisa? karena hal ini disebabkan oleh angka pengambilan ikan yang begitu fantastis dibarengi dengan tercemarnya lautan oleh limbah limbah kantong plastik dan hal ini cukup menguntungkan bagi spesies cephalopoda ini, karena bentuk fisik cumi dan gurita yang menyerupai plastik membuat mereka lebih mudah beradaptasi dan melindungi diri dari para pemangsa. Walaupun hal ini masih sering menjadi perdebatan di kalangan ahli biologi gurita sangat cerdas dan kemungkinan merupakan hewan paling cerdas di antara semua hewan invertebrata atau bahkan diantara seluruh hewan yang ada di laut, mereka juga mampu memakan apa saja sehingga mampu melalui berbagai kondisi dengan aman.

Perlu diingat ulasan di atas hanyalah prediksi atau kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dan belum tentu benar, seandainya umat manusia benar-benar sudah punah dari muka bumi, tapi kalau dilihat dari kemampuan dan kehebatan yang dimiliki oleh hewan-hewan tersebut prediksi-prediksi tersebut cukup masuk akal. Bagaimana menurut gansis sekalian? Komen dibawah ya, semoga bermanfaat dan sampai jumpaa..

-Referensi sekaligus sumber gambar-
Diubah oleh Si.jonii 18-11-2021 22:54
cor7yonalproyanginiusername
yanginiusername dan 17 lainnya memberi reputasi
16
5.3K
50
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan