ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Spion Tanduk, Tren Spion Besar Pada Bus!
Ciao Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar tren spion tanduk, yang merupakan tren sebuah bus dengan spion berukuran jumbo yang berbentuk seperti sebuah tanduk.


Spion merupakan sebuah perangkat wajib dalam suatu kendaraan. Spion sangat berfungsi untuk melihat ke belakang sebagai perangkat pencegah kecelakaan, yang hukumnya wajib.

Kendaraan banyak sekali jenisnya. Spion juga bentuknya banyak pula, tergantung jenis kendaraan, dalam satu jenis kendaraan saja bisa ada ratusan bahkan ribuan model spion yang digunakan.


Nah, salah satunya adalah bus, yang saat ini kebanyakan ngetren dengan penggunaan spion tanduk dengan ukuran besar dan bentuk seperti tanduk, sehingga bus menjadi lebih gagah.

Entah kapan tren ini dimulai, namun ane kira pasti tidak akan jauh-jauh dari tahun 2014 dan 2015, zaman-zaman Jetbus 2+, bus-bus double glass dan SR-1 Facelift mata sipit mulai eksis dan berkeliaran.


Spion model ini ukurannya jauh lebih besar dibanding spion bus zaman dahulu. Selain bermanfaat untuk mempergagah penampilan, spion tanduk juga berfungsi untuk membuat pandangan menjadi lebih luas dan supir bisa melihat dengan lebih leluasa serta lebih mudah untuk digunakan.

Terlebih ketika sebuah bus menggunakan body dengan kaca model double glass yang penempatan spionnya sejajar dengan sekat, supir tidak perlu terlalu mendangak untuk melihat spion, serta pandangan ke belakang akan semakin mudah.


Memang, spion tanduk lebih mudah rusak karena ukurannya saja sudah lebih besar sehingga bus dengan spion tanduk ukuran jumbo lebih sulit dikemudikan, disamping juga harga komponen yang jelasnya lebih mahal pula. Namun manfaatnya lebih besar daripada resikonya.

Spion tanduk seringkali dipasang dengan lampu sein samping (apa ya namanya, lupa). Sebab memang ukurannya sudah besar, jadi pasang lampu sein samping yang berukuran besar pun sangat memungkinkan.


Benda bernama spion, yang mempunyai model tanduk begini sudah banyak menjadi standar bawaan sebuah karoseri. Misalnya Laksana, yang khas dengan bentuk lebih membulat, atau Adiputro, identik dengan bentuk mengotak serta memiliki lampu sein, atau ada juga Tentrem yang memiliki spion tanduk dengan ciri khas bentuk membulat dan mirip seperti bawaan SR2.

Nah, jadi itulah isi thread ane yang membahas tentang spion tanduk. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: Opini Pribadi
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
Okutet
Okutet memberi reputasi
1
1.9K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan