CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Klaim Wayang Kulit Berasal dari Malaysia, Adidas Singapura Minta Maaf
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/619373b94fb2ae6ece6a5426/klaim-wayang-kulit-berasal-dari-malaysia-adidas-singapura-minta-maaf

Klaim Wayang Kulit Berasal dari Malaysia, Adidas Singapura Minta Maaf


Klaim Wayang Kulit Berasal dari Malaysia, Adidas Singapura Minta Maaf 

Jagat maya sempat dihebohkan dengan brand pakaian ternama, Adidas. Belum lama ini, pihak dari Adidas Singapura menyebut wayang kulit berasa dari negara Malaysia.

Hal ini terungkap dari akun Instagra Adidas Singapura beberapa waktu lalu. Pihaknya mengatakan, wayang kulit yang menjadi inspirasi koleksi sepatu terbaru mereka merupakan cagar budaya dari Malaysia.

“Merayakan warisan budaya Malaysia melalui mata @JAEMYC,dalam city pack UltraBOOST DNA selanjutnya,” tulis akun Adidas Singapura sebelum diedit.

Alhasil, netizen Indonesia pun buka suara dan menyerang akun IG tersebut. Setelah diingatkan, pihak Adidas Singapura pun menyampaikan permohonan maafnya.

Klaim Wayang Kulit Berasal dari Malaysia, Adidas Singapura Minta Maaf
Adidas Singapura minta maaf karena menyebut wayang kulit dari Malaysia


“Kami dengan tulus meminta maaf atas pelanggaran yang tidak disengaja yang mungkin telah dilakukan, dan sekarang telah mengubah unggahan kami,” tulis Adidas Singapura di akun Instagramnya, dikutip Selasa 16 November 2021.

Adidas Singapura menambahkan bahwa baik pihaknya maupun artis yang berkolaborasi membuat sepatu itu, tidak bermaksud mengklaim kebudayaan Indonesia.

“Untuk menghindari keraguan, baik merek maupun artis tidak bermaksud untuk mengeklaim bentuk seni budaya dari Indonesia,” kata Adidas Singapura.

Lebih lanjut, Adidas mengakui kalau Wayang Kulit yang menjadi inspirasi desain sepatu UltraBoost edisi khusus yang baru dirilis, berasal dari kebudayaan asli Indonesia.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 21 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Plot twist; admin adidas org malaysia emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
macem2 sama netijen indo ... emoticon-Ngakak
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Quote:


Proses akulturasi tidak menyebabkan hilangnya unsur-unsur kebudayaan dari dua atau lebih kelompok masyarakat tadi. Kebudayaan asli masih bisa dilihat ciri-cirinya, serta dapat dibedakan dan dianalisis jika dibandingkan dengan kebudayaan dari luar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
actrosslt dan 10 lainnya memberi reputasi
pinter dapet promo gratis dari netizen terpinter di alam semesta emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
boikotemoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kayak nyari viewer youtube, lihatnya kayak promosi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Brgini nih klo s3 marketing bikin iklan emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
asal usul wayang bukannya dari tiongkok ya? emoticon-cystg
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
nyahahahaha...pancing terus....tau dah heboh nya netijen +62 kek gimana emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
Kasih aja deh. Anak muda dimari aja kagak peduli tuh, maunya yg korea-koreaan. Giliran diklaim baru ngamuk. Maunya apa sih? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nazua dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Malaysia jg punya wayang kulit kok, mirip wayang Bali bentukannya
Netijeng Indon ngamukan bikin malu emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Wkwkwkwk, kenapa kalau di klaim budaya Malaysia..? Di Indonesia sendiri yg begitu2an biasanya di bilang syirik lah, bid'ah lah, haram lah, Ndak sesuai Islam lah.

Ane yg tinggal di Jawa aja sekarang jarang sekali lihat pementasan wayang kulit,kalaupun ada dalang dan sinden serta pemusiknya udah tua tua, tapi kalau di Malaysia justru di lestarikan ya nggak apa apa ketimbang punah.

Budaya kita kan sekarang tolak ukurnya budaya timur tengah abad pertengahan sama budaya Korea dan jepang

profile-picture
profile-picture
profile-picture
pekokpekok dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rachmadkhoirul
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
itu netijen yg protes udah brp kali nonton pertunjukan wayang kulit emang nya ?
ane yakin banyak yg blm pernah jg emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
wayang jawa itu akulturasi wayang cina (tahun 157SM), dibawa pedagang2 cina ke jawa. masuk ke jawa sendiri tahun 800an. knowledge is everything.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
patra.yosh dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Orang sini jg gak ada yg tertarik liat wayang
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan yorsusyorsadek memberi reputasi
itulah marketing, viralkan dulu
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
cara ngiklan yg lumayan ekstrem tapi efektif
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
No lebih tepatnya... pertunjukan boneka boleh di klaim china... itu seperti ente bahas mie.. di jepang ada ramen di indo ada mie ayam

apakah lantas bisa diklaim dr cina? atau bakso deh... cm bulatan daging yg di beberapa negara ada juga apakah lantas bakso bukan dr indo emoticon-Big Grin

atau batik... seni lukis di atas kain... tentu di negara lain jg ada... mematenkan sebuah budaya gak semudah itu cm melihat asal muasal tanpa memperhatikan nilai2 sekudender dan bahkan tersier emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pekokpekok dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hide0606xx
Coba klaim makanan taco dari Australia, liat ada yang ribet ga?
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di