millenieAvatar border
TS
millenie
Dakwah-dakwah Sesat di Facebook


Halo masyarakat minim literasi,

Jumpa lagi dengan ane di forum kaskus ini, Nah di kesempatan ane mau bahas tentang dakwah-dakwah sesat yang sering banget muncul di facebook. Bukan nya gimana-gimana tentang dakwah tapi ya jangan pake banget unsur hoax donk dan sumber nya pun bener-bener gak jelas. Kasian yang nyari pahala lewat like, share, amin jadi gak dapat apapun kecuali kena prank.

Tapi sebelum membahas lebih jauh lagi, disini ane gak membahas golongan-golongan atau keyakinan-keykinan tertentu. Ane hanya membahas dakwa yang sesat alias hoax yang di tulis oleh orang-orang yang gak bertanggung jawab memicu intolerasi.

Dan contoh dakwah yang sangat membuat ane ngakak tapi juga miris yaitu yang di tulis oleh seorang perempuan bercadar, ane gak tau di itu ibu-ibu atau mbk-mbk yang jelas PP nya itu tertutup oleh cadar dengan nama ummi mutiara dakwah. Dan bio data profil nya udah terlihat banget bahwa dia seorang sobat gurun. Profil2 yang sering kali muncul di setiap akun lambe turah, bigo live pokok nya akun2 yang tidak credible Untuk menjudge orang.

Salah satu positingan dakwa nya yang paling ngeri yaitu dia menulis seperti ini:




Dimana dia bener-bener menulis berita hoax tentang persetuan antar Negara agar semakin memanas, ditambah lagi ada ribuan orang bego yang percaya dan mensebar luaskan dimana-mana. Bisa di bilang netizen banyak yang kena prank alias belum bisa mencerna apa yang sebenernya dan bukan.

Spoiler for spoiler:


Dan lo tahu gak foto yang di pasang oleh ummi mutiara dakwa tersebut teryata seorang model dan actor asal amerika. Dari mana dia berubah jadi warga palestina dan sejaka kapan nama nya jadi sami abu dyah.





Jadi yang sebener nya Bocah laki-laki tampan berbaju biru itu, ternyata bukan orang Palestina. Melainkan seorang aktor Amerika bernama Ian Nelson kelahiran tahun 95, potret tersebut ketika ia yang masih muda. Dan merupakan model, penari sekaligus aktor amerika ini memiliki darah Yahudi. Ia memulai karir film nya dengan berperan sebagai kontestan asal distrik 3 dalam film laris The Hunger Games. Saat ini ia telah bermain dalam film the Freak Show dan Summernight dll.

Post ummi di atas (jika tidak bermaksud membodohi) dan tanggapan netizen di atas menunjukkan rendahnya literasi yang terjadi di Indonesia. Meski memiliki smartphone, tapi bener-bener bukan orang yang smart. Mereka asal mempercayai bahwa sosok laki-laki di dalam foto adalah anak Palestina yang dibantai Israel.

Gak jauh beda sama orang yang sekolah tinggi-tinggi eh tahu nya percaya sama konspirasi, apa lagi yang suka nonton sinetron jelas-jelas Cuma drama yang di bikin oleh pak stradara, sampai-sampai ada berita ngehate spesch tokoh antogonis. Yaelah…

Penulis: millenie

Sumber:  link

drkhntr3ss
screamo37
bukan.bomat
bukan.bomat dan 80 lainnya memberi reputasi
79
16.1K
323
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan