the.commandosAvatar border
TS
the.commandos
Dana Kunjungan DPRD DKI Rp 49 M, Lebih Besar Rp 28 M dari Renovasi Sekolah Se-Jakarta


JAKARTA, KOMPAS.com - Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus menyoroti perbandingan anggaran kunjungan ke daerah pemilihan (dapil) anggota DPRD DKI Jakarta senilai Rp 49 miliar.

Pasalnya, anggaran tersebut lebih besar Rp 28 miliar dibandingkan anggaran renovasi sekolah di DKI Jakarta yang hanya dipos sebesar Rp 21 miliar dalam rancangan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) DKI 2022.

"Kalau melihat perbandingan itu memang sudah timpang dan semakin menguatkan alasan betapa tidak pentingnya mendukung keinginan DPRD untuk dapatkan dana kunjungan ke dapil," ujar Lucius saat dihubungi melalui telepon, Rabu (17/11/2021).

Baca juga: Anggaran Kunjungan Dapil DPRD DKI Rp 49 Miliar Dinilai Tumpang Tindih dengan Reses

Dia bertutur, di samping angka yang terlalu besar, urgensi kunjungan ke daerah pemilihan tidak diperlukan untuk anggota DPRD DKI.

Pasalnya para wakil rakyat tersebut sudah berada di tengah-tengah masyarakat pemilihnya, berbeda dengan anggota DPR-RI yang harus pulang kampung untuk menemui para pemilihnya.

"Anggota DPRD ini berada di tengah dapil, mestinya dari sisi pengeluaran yang harus disiapkan DPRD sangat kecil," kata Lucius.

Yang perlu bagi DPRD itu hanya kemauan untuk mengunjungi dapilnya, bukan soal tidak ada anggaran. Jadi mengada-ada saja saya kira anggaran untuk kunjungan ke Dapil itu," tutur dia.

Sebagai informasi, DPRD DKI Jakarta menganggarkan Rp 49 miliar untuk kegiatan kunjungan dapil 106 anggota Dewan dalam rencana kerja tahunan (RKT) 2022.

Kepala Bagian Keuangan Sekretariat Dewan Augustinus mengatakan, anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan kunjungan dapil.

Anggaran tersebut akan digunakan oleh 106 anggota Dewan. Sehingga setiap anggota Dewan akan mendapatkan dana kunjungan sebesar Rp 38,4 juta untuk satu hari kunjungan setiap bulan.

"Kurang lebih Rp 35-40 juta sebulannya. Jadi sebulan 4 miliar untuk 106 anggota dewan," tutur Augustinus.

https://megapolitan.kompas.com/read/...28-miliar-dari

Jangan sampe rubuh sekolah nya
xneakerz
areszzjay
m0de83g0
m0de83g0 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.2K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan