Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

prata34Avatar border
TS
prata34
Apa itu Sistem Capitalisme?
Apa itu Sistem Capitalisme?
Sumber gambar : Dreamstime.com

Halo aganwan dan Aganwati. Di era Sosmed ini banyak sekali bertebaran kata Capitalisme dimanapun entah itu Fb, Kaskus, ataupun Sosmed lainnya. Sebenarnya apa sih Capitalisme? Yuks disimak.

Kapitalisme diambil dari kata "CAPITAL" yang berarti "BESAR" dan "Me" yang berati "DIRI SENDIRI" yang berarti bisa disimpulkan bahwa Sistem Kapitalisme yaitu Sistem yang dikuasai oleh perseorangan (diri sendiri) yang diharapkan Seseorang dengan modal besar bisa menggerakan roda ekonomi dengan minimnya campur tangan pemerintah. Contoh negara yang menganut Sistem Ekonomi Kapitalisme yaitu Amerika. Prinsip Kapitalis yaitu menekan modal sedikit - sedikitnya dan mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin. Nah Kapitalis ada dampak buruk dan baiknya diantaranya :

Dampak positif :
1. Banyaknya Inovasi baru dikarenakan sengitnya persaingan bisnis. Pemerintah tidak terlalu mengatur / mengurusi masalah Pekerja, tetapi lebih kepada kelancaran Usaha dan pajak.
2. Menyerap tenaga kerja
3. Menambah pemasukan negara karena banyak bisnis baru yang tumbuh.

Nah kira - kira itu dampak positifnya, sekarang dampak negatifnya antara lain :
1. Kekuasaan hanya dimiliki beberapa kelompok sehingga ketimpangan sosial semakin besar, jurang antara si kaya dan si miskin semakin jauh.
2. Kebijakan tergantung si Pemilik Modal terbesar. Apabila pemilik modal terlalu "Rakus", maka tidak segan bagaimanapun caranya mendapatkan Laba sebesar - besarnya, termasuk menurunkan biaya produksi antara lain Upah pekerja dibawah standar kelayakan.
3. Munculnya rasa ingin menguasai / memonopoli pasar karena sifat dasar manusia yaitu tidak pernah puas.
4. Munculnya rasa ketidakadilan dikarenakan ketimpangan sosial yang terlampau tinggi.
5. Rusaknya lingkungan karena secara tidak langsung, proses semakin bebas pasar, maka semakin banyaknya bisnis yang muncul yang menimbulkan Limbah yang merusak lingkungan.

Yah kira - kira intinya begitu gan.
Netizen : "Lah terus Indonesia menganut sistem apa gan?"
Menurut Ane Indonesia menganut sistem "Follow the Flow and Watch." Artinya apa? Artinya Indonesia mengikuti perkembangan zaman dan diambil yang baik - baik saja. Misal di sistem Kapitalisme ada yang baik, ya diambil. Sistem Sosialisme ada yang baik ya diambil. Pokoknya gak ditelan mentah- mentah.

Ane sangat beryukur gan hidup di Indonesia. Sesusah - susahnya hidup di Indonesia, masih susah hidup di Meksiko yang setiap hari ada perang antar Kartel Narkoba. Sesusah - susahnya hidup di Indonesia, masih sudah hidup di Timur Tengah dimana banyak negara berperang berebut wilayah. Sesusah - susahnya hidup di Indonesia, masih susah hidup di Amerika dimana senjata di Legalkan dan mudah untuk mendapatkannya.

Kita sebagai Warga Indonesia harus bangga dan bersatu, jangan mau diadu domba. Jangan dengarkan berita Hoak yang memecah belah bangsa. Bersatu kita teguh bercerai kita Runtuh. Wadidaw.

Okelah kita sudahi saja Thread ini gan, semoga bisa diambil pengajaran Thanks.

Sumber : Ofini Pribadi
0
972
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan