Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mbiaAvatar border
TS
mbia
Kisah Pilu Nasabah Bumiputera, Ajukan Klaim Diusir Sana-sini
Jakarta - Risa, salah satu nasabah AJB Bumiputera 1912 menceritakan perjuangannya menuntut hak klaim yang hingga kini belum cair. Padahal uang itu sangat ia butuhkan untuk membayar pendidikan anak-anaknya.

Risa menceritakan, awal mula dia jadi nasabah Bumiputera ketika suaminya masih menjadi TKI. Setelah sekitar tahun ke 9, dia mengajukan pemberhentian pembayaran premi karena suaminya sudah tidak lagi bekerja sebagai TKI.

"Ya kan nggak bisa bayar juga makanya saya ajukan berhenti bayar," tuturnya kepada detikcom di sela-sela aksi damai Nasabah Bumiputera di depan Kantor Pusat OJK, Jakarta, Rabu (10/11/2021).

Klaim Risa seharusnya cair pada 2018 dengan nilai Rp 70 juta. Uang itu rencananya mau dia gunakan untuk membiayai anaknya kuliah.

Tapi sudah 3 tahun ini klaim saya tidak cair-cair," tambahnya.

Ibu dengan 5 orang anak ini mengaku sudah berbagai cara dia lakukan. Awalnya dia pergi ke Kanwil Bumiputera di Bandung dari rumahnya di Garut. Namun saat itu pihak kanwil mengimbau Risa untuk mengajukan tuntutan pencairan klaim ke kantor pusat Bumiputera.

Risa melanjutkan saat itu OJK sudah membentuk pengelola statuter. Saat itu dia dijanjikan pencairan pada Desember 2019. Namun hingga tanggal jatuh tempo dananya juga tak kunjung cair.

Dari situ dia nekat datang ke Jajarta untuk mendatangi kantor pusat Bumiputera. Namun dia diusir sana-sini dan disuruh balik ke Kanwil Bandung.


Bahkan ia juga sempat diusir. Bagaimana ceritanya? Lihat di halaman selanjutnya.

"Saat pencairan saya datang kenapa nggak cair kan sudah dijanjiin. Tapi saya malah diusir di kantor pusat, disuruh ke Woltermongonsidi. Terus diusir juga, sampai secara halus saya dipesenin ojek online suruh pergi. Suruh balik ke kanwil di Bandung. Padahal di Bandung bilang cairnya di pusat," kenangnya.

Untungnya anaknya Risa bisa masuk kuliah dengan jalur PMDK di ITB. Namun dia tetap berharap hak klaimnya bisa cair, karena dia masih memiliki 4 anak lainnya yang membutuhkan biaya sekolah.

"Masuk ITB jalur PMDK tapi kan tetap bayar semesteran. Ini sudah masuk semester 4. Anak saya juga ada yang masuk SMP," ucapnya.

https://finance.detik.com/moneter/d-...-sana-sini/amp

Habis manis sepet dibuang
koi7
aloha.duarr
jiresh
jiresh dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.5K
54
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan