Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
8 Kebohongan Besar Tentang Dinosaurus, Cek Faktanya Bareng-Bareng Yuk!
Quote:
sumber

Dinosaurus menjadi hewan yang telah menguasai bumi selama ratusan juta tahun dengan berbagai ukuran dan bentuk, makhluk yang telah punah itu dapat kita temukan melalui peninggalan fosil. Fosil tulang belulang itu dipelajari oleh ilmuwan sebagai cara untuk mengetahui berbagai informasi tentang hewan tersebut, dipopulerkan melalui berbagai media seperti film, televisi dan buku, dinosaurus telah mengalami kesalahpahaman dalam fakta yang mereka miliki, berikut adalah 8 kesalahpahaman umum tentang dinosaurus menurut Si.jonii..

1. Arti Kata Dinosaurus Adalah “Terrible Lizard” atau “Kadal Buruk”
Definisi asli dari kata tersebut adalah kadal hebat yang tidak kenal takut, seperti yang dikemukakan oleh Richard Owen pada 1842 kata dennos memiliki arti tidak kenal takut atau semakin lama tidak kenal takut kemudian disederhanakan dengan kata buruk.

2. Semua Kadal Raksasa dari Zaman Prasejarah adalah Dinosaurus
Faktanya dinosaurus hanya merepresentasikan 10% dari 40 kelompok reptil dari zaman Mesozoikum. Terodactyl, Ular laut, kadal raksasa, Pelicosaurus menjadi beberapa makhluk yang tidak dapat diklasifikasikan sebagai dinosaurus.

3. Seluruh Spesies Dinosaurus Hidup dan Mati Pada Waktu Bersamaan
Faktanya spesies dinosaurus terbagi dalam tiga periode waktu yaitu Trias, Jura dan Kapur, jadi dinosaurus seperti Tyrannosaurus tidak akan pernah bertemu dengan apatosaurus karena jarak yang waktu yang memisahkan mereka sekitar 65 juta tahun.

4. Asteroid Bukanlah Alasan Utama Mengapa Mereka Punah
Ilmuwan mengklaim bahwa keanekaragaman mulai hilang pada akhir zaman kapur, teori lain juga menyebutkan bahwa mereka punah karena banyak faktor seperti perubahan iklim, ukuran badan, penyakit, wabah kelaparan, terbaliknya tanah magnetis bumi dan supernova di angkasa terdekat.

5. Mamalia Hadir setelah Dinosaurus
Faktanya, mamalia hadir dan hidup bersama pada akhir periode Trias. Selain itu muncul teori bahwa mamalia memakan telur-telur dinosaurus sehingga dapat menjadi salah satu opsi mengapa mereka punah akan tetapi tidak ada fakta yang bisa mendukung pernyataan tersebut.

6. Arkeolog Menggali dan Meneliti Dinosaurus
Arkeolog bukan menjadi bidang berkecimpung dengan dinosaurus, pada dasarnya mereka hanya berhubungan dengan peninggalan manusia dahulu dengan jangka waktu tiga hingga empat juta tahun, lalu bidang apa yang mempelajari dan menggalinya? tentu saja paleontolog, sebuah ilmu yang menggabungkan geologi dan biologi. Paleontolog berhubungan langsung dengan fosil yang tertinggal di bumi sekitar 3,5 miliar tahun yang lalu, jauh lebih banyak daripada arkeolog.

7. Dinosaurus Yang Digambarkan Dibuku dan Televisi Belum Tentu Benar
Buku-buku populer termasuk fiksi, film dan acara televisi tidak perlu memberikan gambaran akurat pada dinosaurus karena seringkali mereka menunjukkan kesalahan beserta informasi yang belum diperbarui. Oleh karena itu tidak ada yang tau pasti bagaimana bentuk asli dari dinosaurus itu sendiri.

8. Dinosaurus Melambangkan Kegagalan dan Kepunahan
Faktanya dinosaurus menjadi contoh terbaik dari adaptasi makhluk hidup, mereka menguasai bumi lebih lama dari hewan-hewan lainnya yang pernah hidup dibumi dengan estimasi 150 juta tahun. Selain itu burung menjadi keturunan mereka yang menyebar di seluruh dunia pada zaman modern ini, ya dinosaurus bersaudara lebih dekat dengan burung bukan kadal.

Quote:
sumber

Nah itulah fakta mengenai kesalahpahaman tentang dinosaurus, bagaimana pendapat kalian? Komen dibawah ya. Semoga thread ini bermanfaat dan sampai jumpaa..

Referensi : 12 & 3
Diubah oleh Si.jonii 10-11-2021 23:57
enazio08
screamo37
gErOnImO2008
gErOnImO2008 dan 14 lainnya memberi reputasi
13
9.3K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan