iskrimAvatar border
TS
iskrim
Apakabar Lagu Pop Indonesia Berbahasa Daerah, Siapa yang Kangen Dengan Artis Ini?


[ HT# 839 ]

Dulu, era 90 dimana lagu pop progresif dan lagu cengeng menjadi dominasi pilihan masyarakat yang haus akan hiburan musik. Pop progresif hingga jazz digemari masyarakat kelas menengah atas dan pop cengeng, dangdut paling digemari masyarakat menengah kebawah.

Dari ratusan lagu dan artis yang wira-wiri di layar kaca dan radio saat itu tentu ada yang nasibnya lebih beruntung karena memiliki penggemar yang lebih luas hingga ke pelosok daerah, terutama tanah kelahiran artis itu sendiri, tapi meski begitu ada artis lain yang juga menyanyikan lagu daerah lain dan terbilang sukses hingga mengeluarkan album berikutnya.



Sebut saja macam band legend Koes Plus lebih dulu memulai sebelum artis era 90an ini hadir dengan lagu berbahasa daerah, tembang pop Jawa. Lagu-lagunya pun sederhana, menceritakan kehidupan sehari-hari petani, bagaimana berjuang hidup dengan suka cita, hingga urusan percintaan gadis desa yang menggoda. Dan... mereka sukses.

Begitu memasuki era 90-an pasar yang lebih luas bagi bisnis musik Indonesia kian melesat pesat diterima masyarakat karena dizaman itu radio kaset bukan lagi barang mewah dan hanya ada tv nasional juga radio saja hiburan 'digital' analog saat itu yang paling populer di kehidupan masyarakat.



Melihat ceruk yang dalam dan pasar yang luas maka produsen musik beserta artis andalannya mengeluarkan lagu-lagu pop berbahasakan daerah, sebut saja misalkan Itje Tresnawati dengan lagu pop Sundanya, Nur Afni Octavia dengan pop Jawanya, Hetty Koes Endang dengan pop Sundanya dan masih banyak artis lain mengikuti jejak mereka.

Ide brilian menyanyikan lagu baru bertemakan lirik pop daerah ini rupanya tidaklah sia-sia, sempat mencuat lagu-lagunya mencetak dan menjadi hits bukan hanya di daerah asalnya tapi sampai kepelosok luar pulau, seperti dulu ada lagu berjudul Gethuk yang dibawakan oleh Nur Afni Octavia sangat populer (meskipun beberapa artis kadang membawakan lagu dengan cengkok yang sedikit dipaksakan) tapi tetap enak di dengar. Lagu berbahasa daerah pun sempat masuk list tangga lagu populer berbahasa Indonesia di radio-radio. Ya, lagu pop bahasa daerah mampu menunjukkan tajinya.

Pilihan lagu berbahasa Jawa, Sunda, Minang adalah tepat karena terutama horang Jawa banyak tersebar dihampir kepulauan Indonesia. Secara bisnis target semakin luas, target tercapai karena orang yang merantau merasa terwakili lewat artis idolanya, dan keuntungan bagi produsen musik pasti sudah didepan mata.



Tapi kini, artis-artis nasional seperti lupa atau tidak sadar kalau pasar ini begitu luas dan bisa digarap kembali. Secara life time lagu berbahasa daerah itu (menurut saya) "ever green" dan menjadi alternatif bahasa lagu untuk dinyanyikan.

Yoyoiii, semoga artis zaman now yang telah populer ikut serta atau mengikuti jejak kesuksesan para seniornya. Jangan sampai seperti pepatah yang kira-kira mengatakan semut diseberang kelihatan, gajah didekatnya malah tak terlihat. Selain memelihara dan mencintai bahasa daerahnya ini adalah pasar yang besar untuk dilanjutkan... jangan disia-siakan.

Kita lihat nanti siapakah yang akan memulainya lebih dahulu. Sekarang kalau saya tanya menurut kamu siapa artis yang cocok dan enak didengar membawakan lagu baru dengan lirik bahasa daerahnya? Bikin list dong dikolom komentar. Terimakasih, tamat.






Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel 



Diubah oleh iskrim 09-11-2021 10:44
harakiri02
aldo12
EriksaRizkiM
EriksaRizkiM dan 15 lainnya memberi reputasi
16
3.9K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan