Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Ternyata di ASEAN hanya Indonesia dan Vietnam yang Komitmen Hentikan Deforestasi
Ternyata di ASEAN hanya Indonesia dan Vietnam yang Komitmen Hentikan Deforestasi pada 2030
Rabu, 3 November 2021 | 13:36 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES
Ternyata di ASEAN hanya Indonesia dan Vietnam yang Komitmen Hentikan DeforestasiIlustrasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). (Foto: Beritasatu Photo)
Glasgow, Beritasatu.com - Lebih dari 100 negara telah menandatangani janji untuk menghentikan dan membalikkan hilangnya hutan dan degradasi lahan (deforestasi) pada tahun 2030 sebagai alat untuk memerangi perubahan iklim dan membatasi kenaikan suhu global. Namun, terlepas dari penandatangan beberapa penjaga hutan terbesar di dunia, termasuk Brasil, Indonesia dan Republik Demokratik Kongo, sebagian besar negara di Asia Tenggara tidak membuat komitmen.
Bahkan di antara negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), hanya Indonesia dan Vietnam yang telah berkomitmen.
Deklarasi para pemimpin dunia di Glasgow tentang Penggunaan Hutan dan Lahan, yang dikeluarkan pada KTT Iklim COP-26 pada Selasa (2/11/2021), berjanji untuk melestarikan hutan dengan lebih baik, mempercepat restorasi mereka dan mempromosikan praktik berkelanjutan yang tidak mendorong degradasi lahan. Mereka juga berjanji untuk memberdayakan masyarakat adat dan masyarakat lokal serta secara signifikan meningkatkan keuangan untuk pertanian berkelanjutan dan pengelolaan hutan.
Berdasarkan deklarasi tersebut, dana publik sebesar US$ 12 miliar akan dimobilisasi selama lima tahun ke depan di negara-negara berkembang, selain pendanaan tambahan yang akan disediakan oleh sektor swasta.
Hutan sangat penting dalam upaya memperlambat timbulnya perubahan iklim. World Resources Institute memperkirakan, hutan menyerap hampir sepertiga dari semua emisi karbon. Tetapi efektivitasnya dikompromikan oleh aktivitas manusia, termasuk deforestasi yang sedang berlangsung.
Asia Tenggara adalah rumah bagi hampir 15 persen hutan tropis dunia, namun juga memiliki salah satu tingkat deforestasi tercepat.

Sementara area hutan yang luas telah hilang, yang tersisa adalah simpanan karbon penting yang menurut para ilmuwan perlu dilindungi.
Nonette Royo, pengacara hak asasi manusia dan lingkungan dan direktur eksekutif Fasilitas Tenurial, yang bekerja dengan masyarakat lokal dalam pengelolaan hutan lestari, mengaku kecewa negara-negara Asia Tenggara dengan tanggung jawab penting untuk melestarikan hutan tidak menandatangani deklarasi tersebut.
“Itu benar-benar mengecewakan. Bagi saya, itu ada dalam daftar keinginan kami agar negara-negara itu maju, ”katanya kepada CNA di sela-sela COP-26.
“Tapi itu tidak meniadakan gerakan di negara-negara. Di semua negara itu, masih ada orang yang memetakan, mendokumentasikan dan menunggu ketika ada kesempatan untuk mendaftarkan hak-hak itu ke dalam sistem, ”katanya.

https://www.beritasatu.com/dunia/849...tasi-pada-2030
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
1K
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan