Bgssusanto88Avatar border
TS
Bgssusanto88
Cara mengurus kelinci dari bayi (cindil)
Malam kaskuser semua.
Mau tahu bagaimana mengurus kelinci dari bayi (cindil) sampai menjadi indukan?

Untuk itu maka harus rajin - rajin memantau pertumbuhan dan keadaan bayi kelinci.



Biasanya kelinci akan melahirkan setelah hamil 28 hari - 32 hari.
Jika induk kelinci sudah melahirkan maka tahap pertama :
1. Segera untuk memastikan berapa jumlah anaknya.
2. Segera cek apakah semuanya dalam keadaan hidup atau ada yang mati. Jika ada yang mati maka segera pisahkan atau ambil bayi kelinci yang mati dan kuburkan di dalam tanah. Jangan biarkan bayi kelinci yang mati berada di dalam kotak sarang.
3. Berikan induk kelinci makanan yang disukainya dan juga vitamin, supaya kembali bugar.
4. Setelah 12 jam - 24 jam setelah lahir, lihatlah perubahan pada perut bayi kelinci. Jika perutnya terlihat gemuk itu tandanya bayi kelinci telah di susui. Jika masih kurang yakin dengan hanya melihat bisa juga dengan cara memegang perut bayi kelinci, jika terasa hangat itu tandanya di susui, kalau terasa dingin itu artinya tidak disusui, jadi harus disusukan dengan cara memegang induknya dan tempatkan bayi kelinci di bawah perut induk, bayi kelinci akan mencari putingnya sendiri. Lakukan secara rutin 1 - 2 minggu.



Bayi kelinci lahir dengan keadaan mata tertutup hingga 10 - 14 hari baru akan terbuka matanya sekaligus belajar berjalan.



Pada usia 3 minggu sampai 1bulan banyi kelinci akan mulai belajar memakan rumput. Jadi berikanlah rumput yang lunak ( tidak berserat tinggi ).



Pada usia 1,5 bulan anak kelinci sudah bisa untuk di sapih. Pisahkan anak kelinci dari induknya, agar induknya bisa di kimpoikan kembali.



Pada usia 3,5 bulan kelinci sudah mulai birahi, namun belum bisa di kimpoikan. Jadi pisahkan kelinci, 1 kandang per ekor. Jika sudah genap 6 bulan itu artinya kelinci sudah dewasa dan telah siap untuk di jadikan indukan.

Nah, itulah tahapan - tahapan tentang kelinci dari mulai bayi ( cindil ) sampai siap di jadikan indukan. Mudah - mudahan bisa membantu bagi agan yang berminat untuk memulai berternak kelinci emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh Bgssusanto88 14-04-2020 00:12
Gimi96
NadarNadz
nona212
nona212 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
2.3K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan