iskrimAvatar border
TS
iskrim
Ternyata Ini Jam Terbaik Untuk Olah Raga Lari (Baca, Biar Gak Sia-sia Usahamu), Gan!


[ HT# 828 ]

Hidup sehat dan menjadi manusia sehat jasmani dan rohani adalah dambaan setiap manusia. Dengan melakukan olahraga yang rutin kondisi badan akan selalu fit dan dijauhkan dari segala penyakit. Aamiin.

Seperti halnya olah raga lain, olah raga lari pagi adalah cara yang paling mudah dan murah bisa dilakukan oleh siapapun di manapun. Udara lebih sejuk, waktu terpakai lebih maksimal dan suasana ikut mendukung membuat olahraga jadi menyenangkan.

Suatu ketika sore hari pulang dari rutinitas, dijalan raya saya beberapakali melihat orang olah raga lari dilakukan sore hari, bahkan dijam menuju malam. Saya sempet mengernyitkan dahi dan berkata dalam hati "Lari, kok sore, emang paginya kemana?".

Awalnya saya melihat ini suatu keanehan, dan tertanam dalam otak saya, "Olah raga sore apa bagusnya, terlebih lari dilakukan dipinggir jalan raya yang ramai kendaraan".



Namun baru pagi ini saya menemukan jawaban yang tidak saya duga dimana kesimpulannya adalah olah raga terutama lari bagusnya justeru dilakukan waktu sore hari atau menjelang malam. Hah, kok gitu?

Rupanya pemikiran saya selama ini salah, bertahun-tahun saya menganggap olah raga lari terbaik dilakukan pagi hari, bukan sore hari. Yay, fikiran saya langsung berubah ketika sebuah riset mengatakan olah raga lari di sore hari adalah waktu terbaik, tapi bukan dilakukan di lingkungan yang ramai kendaraan, apalagi arah rutenya bareng orang pulang kerja yang naik kendaraan. Bukannya sehat tapi malah menghisap polusi.

Hasil dari penelitian tentang Ritme Sikardian dikatakan bahwa untuk mendapatkan hasil paling efektif sebaiknya dilakukan sore hari karena suhu tubuh sedang ideal mencapai puncaknya antara jam 16.00-17.00Wib.

Dimana kenaikan suhu inti terjadi di jam-jam tersebut, serta metabolisme tubuh telah berfungsi penuh akan membantu tubuh membakar kalori sepanjang malam lebih cepat.

Dan reaksi otot yang baik dapat membuat tubuh lebih lebih siap terhadap risiko cedera. Penelitian lain menyatakan bahwa paru-paru akan bekerja lebih baik di jam-jam tersebut. Artinya, penyerapan oksigen oleh paru-paru menjadi lebih maksimal. Efeknya dengan keadaan di sekitar.



Keuntungan lain, sebuah studi yang dilakukan oleh University of California menemukan bahwa berolahraga termasuk lari di waktu sore dan menjelang malam membuat kita lebih cepat tidur. Ini disebabkan oleh menurunnya tekanan darah akibat dari otot yang berkontraksi selama berlari.

Dan, lari yang dilakukan pada waktu menjelang malam juga bisa mendorong tubuh untuk mengeluarkan hormon endorphin yang dapat membantu memperbaiki suasana hati dan membuat tubuh kita jadi lebih rileks.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah lari pagi tidak memiliki manfaat? Lari pada waktu pagi hari tentu baik juga untuk dilakukan terlebih di jam tersebut udara lebih bersih, lari pagi juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Namun suhu inti tubuh saat itu sedang di titik terendah maka membutuhkan waktu pemanasan yang sedikit lebih lama.



Hm, jadi kesimpulannya olah raga lari bisa dilakukan pagi dan sore nantu untuk mendapatkan momen yang tepat maka dianjurkan lari disore hari. Hanya saja pilihlah lokasi yang jauh dari polusi karena paru-paru saat itu sedang terbuka lebar, setelah itu kita bisa mandi air hangat, minum susu cokelat hangat, lalu tidur malam. Mantaplaah!



emoticon-Ultah emoticon-Traveller emoticon-Ultah

"DARIPADA LARI DARI KENYATAAN HIDUP,
LEBIH BAIK LARI SORE HARI BIAR SEMENTARA LUPA WAKTU URUSAN HIDUP."
-iskrim-





Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini, ref : https://hellosehat.com/kebugaran/kar...olahraga-lari/ | img : gugel 



Diubah oleh iskrim 01-11-2021 00:19
mimimaw
babelapak
oyestekno.com
oyestekno.com dan 28 lainnya memberi reputasi
27
8.7K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan