abdulqadirzAvatar border
TS
abdulqadirz
Gak Cuma Handphone Cowok yang Ada Mode Rahasianya, Otak Kita Juga Ada Lho!


Tau nggak sih otakmu cuma terpakai 10 persennya loh. Hehe itu gak benar ya gansis. Manusia hampir memakai 100% otaknya setiap saat. Lalu apa yang menahan ente. Kenapa kita gak bisa belajar bahasa asing lebih cepat? Mengalikan banyak angka di luar kepala atau memahami fisika kuantum? Hmm mungkin karena semua batasan yang kita buat sendiri.

Apa ente pernah bilang pada diri sendiri kalo aku kurang serius buat mecahin soal matematika itu atau aku nggak cukup pintar biar bisa masuk ke universitas itu. Kalau ucapanmu begini berarti ente sudah memprogram diri ente agar gagal. Padahal setiap manusia bisa kok melakukan hal luar biasa kalau memang punya kemauan. Seperti pada tahun 1954, Roger bannister menjadi pelari pertama sejauh 1,6 KM dalam waktu kurang dari 4 menit.

Quote:


Sedangkan selama berabad-abad sebelumnya hal ini dianggap mustahil. Konon jantung kita bisa meledak kalau kita lari secepat itu, tapi bannister berhasil melakukannya dalam waktu super mepet yaitu 3 menit 59 detik. Lalu 2 bulan kemudian atlet lain juga mengikuti jejaknya dengan satu setengah detik lebih cepat. Rekor terbaru dicapai dalam waktu 3 menit 43 detik 17 detik lebih cepat dari waktu yang kita perkirakan.

Banyak sekali yang ada di kepalamu. Sehingga ente tidak tahu kemampuan yang sebenarnya. Otak kita mirip komputer super loh gansis. Organ ini akan melakukan apapun yang diminta pasti akan memberi perintah. Usahakan yang menginspirasi ya gan hehe. Itulah yang dilakukan para atlet dan ahli bedah otak setiap harinya.

Apa ente pernah merasa sangat tertarik pada sesuatu sampai sampai lupa waktu? Sampai-sampai gak ngecek ponsel, gak merasa harus makan, tidur atau bernapas. Berjam-jam telah berlalu tapi ente sangat asyik dan benar-benar fokus dengan kegiatan ente. Ane juga mengalaminya saat sedang berlatih musik. kondisi ini memang tidak sering terjadi tapi mungkin ente juga pernah mengalaminya setidaknya sekali seumur hidup dan rasanya sungguh luar biasa.

Quote:


Bayangkan ente bisa hidup seperti ini setiap saat, dengan istirahat untuk makan, tidur dan lainnya. Manusia tetap perlu memenuhi kebutuhan bertahan hidupnya. Tapi coba bayangkan kalau ente bisa selalu dalam kondisi fokus setiap kali belajar, bekerja atau menjalani hobi. Ente pasti jadi orang yang paling produktif. Bisa saja sudah tamat SMA di usia 14 tahun dan jadi CEO sebelum 20 tahun. Bisa-bisa ente juga sudah mengarang banyak novel.

Itu bukan sains fiksi loh, hanya pikiranmu memang punya kekuatan untuk bisa super produktif dan kreatif, dan rupanya ente bisa mengaktifkannya di otak kita tanpa bantuan orang lain. Yang menemukan bukti ini memang orang yang penuh rasa ingin tahu. Kenapa sebagian orang seperti seniman terus menciptakan mahakarya meski tidak mendatangkan uang atau ketenaran? Karya seni mereka tetap menentramkan jiwa dan mereka tidak mau mencari profesi lain yang lebih menghasilkan uang.

Contohnya psikolog tadi mulai mewawancarai orang-orang dan akhirnya seorang komposer berkata saat membuat lagu. Mereka berada dalam kondisi mental yang membuatnya tidak menginginkan hal lain di dunia ini. Dengan melakukan hal yang disukainya dia bisa merasa sangat kuat, sehingga tidak menginginkan penghargaan duit, sorakan atau apapun itu.

Rasanya itu benar-benar tenggelam dalam kegiatan yang ente lakukan begitu fokus melakukannya, sehingga tidak merasa terusik oleh apapun. Kita 100% bersemangat dan alasan dibalik semua ini sebenarnya sangat sederhana kok.

Quote:


Jadi otak manusia bisa mempersepsikan 110 bit informasi setiap detik. Mendengarkan orang lain bicara saja memerlukan hingga 60 bit. Karena itulah sangat sulit mendengarkan dua orang membicarakan dua hal kontras di waktu yang sama. Manusia cuma bisa mendengarkan ucapannya sambil melakukan hal-hal mudah seperti mendengarkan musik, mengecek ponsel, membalas WA, memainkan rambut atau bahkan sekedar memikirkan cuaca. Saat kita mencapai flow aktivitas, yang kita lakukan mencapai titik perhatian sebesar 110 bit. Jadi tidak ada sisa bit untuk melakukan aktivitas lain.

Kesimpulannya, semuanya tergantung pada 2 hal ini yaitu seberapa besar kita merasa tertantang, serta tingkat keahlian kita akan berada dalam berbagai kondisi. Tergantung level kedua faktor ini. Langkah-langkah yang perlu kita lakukan agar bisa memasuki flowstate yaitu pilih waktu yang tepat, pertimbangkan waktu-waktu paling produktif. Mungkin pagi-pagi sekali, tengah hari atau lewat tengah malam.

Pastikan sangat ber energi dan positif kalau tidak perhatianmu akan selalu teralihkan. Jauh-jauh dari ponsel, matikan TV dan tutup pintunya. kalau fokusmu buyar saat melihat foto mantan yang dikirim temanmu, istirahat sekitar 25 menit untuk benar-benar melupakannya lalu kembali berkonsentrasi lagi pada pekerjaanmu. Dengan usaha tersebut diharapkan otak kembali aktif untuk berkreativitas kembali.

Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane dilingkungan sosial media aja ya gan. kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca. Jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Referensi: Opini pribadi & klik
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2021
varokahh
rotten7070
Okutet
Okutet dan 21 lainnya memberi reputasi
22
3.5K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan