CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Motor-Mobil Tak Lulus Uji Emisi di Jakarta Akan Ditilang Mulai 13 November
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/617891e793b40b0e64442401/motor-mobil-tak-lulus-uji-emisi-di-jakarta-akan-ditilang-mulai-13-november

Motor-Mobil Tak Lulus Uji Emisi di Jakarta Akan Ditilang Mulai 13 November

Motor-Mobil Tak Lulus Uji Emisi di Jakarta Akan Ditilang Mulai 13 November

Pemprov DKI Jakarta mulai hari ini memberlakukan sanksi bagi kendaraan bermotor yang tak lulus uji emisi. Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan hal ini menjadi langkah untuk memperbaiki kualitas udara di Ibu Kota.
"Mudah-mudahan upaya menciptakan udara bersih di Jakarta ini didukung oleh semua pihak," kata Asep dalam keterangannya, Selasa (26/10/2021).

Pemberlakuan sanksi tilang itu sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020 tentang uji emisi gas buang kendaraan bermotor. Adapun sanksi mengacu pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yaitu motor didenda maksimal Rp 250 ribu dan mobil maksimal Rp 500 ribu.

Sanksi tilang ini akan berlaku mulai 13 November. Sosialisasi sudah dimulai sejak 12 Oktober sampai 12 November mendatang.


Sanksi juga dijatuhkan kepada pemilik kendaraan bermotor yang tidak melakukan uji emisi gas buang dan tidak memenuhi ambang batas emisi.

"Sudah saatnya hukum tersebut kita tegakkan demi kepentingan bersama mewujudkan udara bersih Ibu Kota," tegasnya.

Asep menuturkan penerapan sanksi tilang ini semestinya berjalan sejak Pergub 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor berlaku efektif pada awal 2021. Selanjutnya, kepolisian akan menerapkan sanksi tilang secara bertahap.

"Namun dikarenakan pandemi COVID-19, penegakan hukum terhadap kendaraan bermotor yang tidak lulus uji emisi sempat ditunda," imbuhnya.

Pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor menjadi salah satu penyebab meningkatnya kemacetan dan pencemaran udara di Jakarta. Peningkatan jumlah dan jenis kendaraan bermotor menyebabkan meningkatnya jumlah emisi yang dikeluarkan berupa karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), nitrogen oksida (NO), dan debu.

Berdasarkan penghitungan inventarisasi emisi polusi udara yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta bekerja sama dengan Vital Strategies, sumber polusi terbesar di Ibu Kota berasal dari sektor transportasi untuk polutan PM2.5, NOx, dan CO. Sedangkan kontributor kedua adalah industri pengolahan, terutama untuk polutan SO2.

Kajian yang dilakukan pada 2020 ini bertujuan mengukur kontributor emisi terbesar di Jakarta sebagai landasan pembuatan kebijakan berkaitan dengan polusi udara di Jakarta. Hal ini berkaitan dengan semakin meningkatnya kegiatan perekonomian di DKI Jakarta sehingga berpotensi meningkatkan polusi udara. Kajian yang menggunakan data tahun 2018 ini secara keseluruhan mencakup sektor transportasi, industri pengolahan, industri energi, residensial, dan konstruksi.

Temuan utama dari kajian tersebut adalah sektor transportasi yang merupakan sumber utama polusi udara, terutama untuk polutan NOx (72,40%), CO (96,36%), PM10 (57,99%), dan PM2.5 (67,03%). Sementara itu, sektor industri pengolahan menjadi sumber polusi terbesar untuk polutan SO2 (61,96%) dan merupakan kontributor terbesar kedua untuk NOx (11,49%), PM10 (33,9%), dan PMs2.5 (26,81%).

Temuan tersebut konsisten dengan beberapa kajian yang diadakan sebelumnya oleh Prof. Dr. Ir. Puji Lestari dari Institut Teknologi Bandung (ITB) di tahun 2019 yang mengungkapkan bahwa sektor transportasi menjadi kontributor terbesar untuk polutan CO (93%), NOx (57%), dan PM2.5 (46%). Di kajian tersebut juga diungkapkan bahwa industri pengolahan menjadi kontributor utama untuk polutan SO2 (43%) dan kontributor terbesar kedua untuk transportasi (43%).

sumber

Siap-siap yang melanggar di denda
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Semua kendaraan wajib di uji emisi berarti?
emoticon-Bingung
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Bakal Ada pengadaan alat uji emisi berarti? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ruuuruuu
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
oh gampang

tinggal viralkan "jangan pilih anies "

" anies nyusahin rakyat"
profile-picture
profile-picture
baikapuk dan winehsuka memberi reputasi
Emang bacotnya Abud udah lulus uji emisi? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
majiddamn dan 4 lainnya memberi reputasi
motor mobil harus berstiker, ga ada stiker....TILANG

motor mobil uji emisi, ga lulus.......................TILANG

bayar pajek 1 taun, banyak ruas gage,
diibaratkan penggunaan hanya setengah
taun bearti, salah lewat...................................TILANG

lagi2 nasib masyarakat makin di pojokan dengan kemewahan perlindungan kaum nya sendiri

Viral video ancam lewat dm............................Mutasi (tidak di copot)
Viral ngasal cek hp(privasi).............................Mutasi
yg skr lg rame, ribut antar kelaurga, saling
tuntut ama anak,
BANTING ORANG
PUNGLI

semuanya masi hidup nyaman, dan tidak ada hukuman yg setimpal dengan yg rakyat rasakan tekanannya,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hirak0 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Mobil listrik kena denda ga?
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Uji emisi murah sebenarnya, cuma 100-150 ribu doang, cuma hasilnya kalau ga memenuhi Emisi, solusi dari Pemprov apa? Masa orang suruh ganti motor/mobil ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
tempat uji emisi nya ga di detailin, kebiasaan banget klo buat aturan ga ada detail nya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Baguslah si abud bikin kebijakan gini, semakin mempercepat keruntuhannya
emoticon-Sundul Up
Bus ama truk bnyak yg nyangkut dipinggiran jakarta dong, asapnya pada pekat tu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 2 lainnya memberi reputasi
Beri contoh lebih dulu lah
Uji emisi semua angkutan umum penumpang seperti transjakarta, jaklingko, angkot, bus
Yg ga lolos ga boleh beroperasi
Bisa gak?
profile-picture
profile-picture
ayah.junaedi dan indrastrid memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pasti nanti kebanyakan mobil china yg kena emoticon-I Love Indonesia
Ada lahan bancakan baru emoticon-Cool

Motor-Mobil Tak Lulus Uji Emisi di Jakarta Akan Ditilang Mulai 13 November
gebleg lah..

ane kira uji emisi itu khusus untuk angkutan umum.. lha kendaraan pribadi kan dr pabrik udh disesuaikan.. brarti harus beli kendaraan baru lagi gtu, yg udh sesuai sm regulasi yg baru?? emoticon-Cape d...

Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Dites pake congor kadrun? Kl tepar berarti ga lolos uji emisiemoticon-Ngakak
Mesin pembangkit listrik juga tuh harus di check juga emisi nya
Nasib motor 2 tak dan matic ngebul gimana nih?
Bus dulu tertibin deh. Itu Mayasari masih bnyk yg lolos uji KIR padahal asap pekat emoticon-Marah
profile-picture
indrastrid memberi reputasi
Itu Gubernur kalian mending suruh afk aja daripada ngeTroll
halah nego 200 ribu juga langsung lulus emisi. enak bener nih dishub. jutaan mobil motor di jakarta. ladang bisnis menggiurkan.
profile-picture
indrastrid memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
DEFINISI LULUS UJI EMISI ITU SENDIRI MASIH ENGGAK JELAS!!!
parah banget... terus mobil mobil plat item yang dari tahun 1980an kek kijang doyok masih bisa lulus atau tidak?
terus apakah mobil 2010 yang belum mengeluarkan asap lulus atau tidak?
sekarang ini aja kendaraan umum angkot ada gw masih liat yang ngeluarin asep hitam mereka boleh beroprasi atau tidak??
motor apalagi bung... gw masih liat motor ngeluarin asep hitam dan putih itu jumlahnya PULUHAN di jalan raya jakarta? terus mereka gimana?
ASLI TIDAK JELAS DAN ABSURB DKI INI
profile-picture
B.Dog.God memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di