metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Ombudsman Sebut Makanan Napi Bau dan Berkutu


Jakarta: Ombudsman RI menyebut makanan yang disantap narapidana tidak memenuhi standar. Selain bau, beras yang mereka makan sudah berkutu. Hal itu ditemukan Ombudsman saat melakukan sidak di sejumlah lapas di 34 provinsi.

 

Anggota Ombudsman RI Ninik Rahayu mengatakan, ada sejumlah parameter yang digunakan dalam menilai kalayakan makanan para napi. Di antaranya, ketersediaan makanan untuk tiga kali makan per hari, pemberian sayur setiap hari, pemberian daging sapi tiga kali dalam 10 hari.

 

'Dari hasil monitoring dan evaluasi, saya menemukan nasinya bau, berasnya berkutu, dan cara memasaknya kurang tepat, sehingga kurang memenuhi asupan gizi,' kata Ninik di Gedung ORI, Jakarta Pusat, Senin, 24 September 2018.


Baca: Kemenkumham Bakal Wajibkan Napi Transaksi Pakai Uang Elektronik Khusus


Ninik mengungkapkan, kondisi tersebut ditemui hampir di sebagian besar Lapas kelas IIA Tuminting Manado, Lapas Kelas IIB Polowali dan Lapas kelas Kelas IIA Ambon.

 

'Secara anggaran per orang Rp14.500 per hari, ada juga yang Rp16 ribu untuk tiga kali makan, ini yang memicu kurangnya hak makan warga binaan ,' tambahnya.

 

Direktur Jenderal Permasyarakatan (Drijen Pas) Sri Puguh Budi Utami mengatakan, kondisi tersebut terjadi karena ada pihak ketiga yang menawarkan harga bahan makanan murah, namun kualitas barang tidak memenuhi standar.

 

Sri akan menjadikan temuan tersebut sebagai catatan untuk ditindaklanjuti oleh jajarannya. 'Kami akan berkirim surat kepada seluruh jajaran, karena 2018 sudah mau berkahir menuju 2019,' ujar Sri

Sumber : http://news.metrotvnews.com/peristiw...au-dan-berkutu

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Kemenkumham Bakal Wajibkan Napi Transaksi Pakai Uang Elektronik Khusus

- Napi Terampil Konstruksi Bangunan akan Diberi Remisi

- Napi Nusakambangan Diberi Pelatihan Konstruksi

anasabila
tien212700
tien212700 dan anasabila memberi reputasi
2
280
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan