Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Skor Kerawanan Pemilu 2019 Masuk Kategori Sedang


Jakarta: Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2019 masuk kategori sedang. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyampaikan itu dalam pemaparan IKP 2019.


'Skor IKP nasional berada dalam kategori sedang dengan rata-rata skor nasional 43,89-53,80,' kata Ketua Bawaslu Abhan di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa, 25 September 2018. 


Abhan mengatakan jika dirinci berdasarkan aspek penilaian, potensi kerawanan dalam konteks sosial politik secara nasional mendapatkan skor 44,89. Sedangkan dalam konteks penyelenggaraan pemilu yang bebas dan adil mendapatkan nilai 53,80. 


Dari segi kerawanan dalam konteks kontestasi, secara nasional mendapatkan skor 50,65. Sedangkan kerawanan dalam konteks partisipasi mendapatkan skor 46,18. 


Baca:  Tingkat Kerawanan Pemilu di Papua Barat Tertinggi


Selain itu, Abhan mengatakan dari 512 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, ada dua kabupaten/kota yang dikategorikan memiliki kerawanan tinggi. 


'Keduanya yakni kabupaten Lombok Timur dengan skor IKP 70,02 dan Kabupaten Teluk Bituni dengan skor IKP 66,47,' ujar Abhan. 


Abhan berharap IKP 2019 yang diluncurkan Bawaslu bisa dimanfaatkan semua pemangku kepentingan pada Pemilu Serentak 2019 guna menekan terjadinya konflik selama tahapan pemilu. 


'Hasil IKP 2019 bermanfaar untuk memperkuat pemetaan dan deteksi dini terhadap berbagai potensi pelanggaran dan kerawanan menjelang Pemilu 2019. Indeks ini akan memudahkan Bawaslu dalam menyusun strategi pengawasan Pemilu' ucap dia.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/...ategori-sedang

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Bawaslu belum Terima Laporan Pelanggaran di Deklarasi Kampanye Damai

- KPU Resmi Tutup Penyerahan Laporan Dana Kampanye Pemilu 2019

- KPU Apresiasi Ketaatan Peserta Pemilu dalam Menyerahkan LADK

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
287
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan