Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Kartu Nikah Bukan Pengganti Buku Nikah


Manado: Kementerian Agama Sulawesi Utara menegaskan fungsi kartu nikah bukan untuk menggantikan buku nikah yang sudah ada. Kartu nikah merupakan tambahan legalitas buku kutipan akta nikah yang sudah dicetak.


'Buku nikahnya tetap dicetak. Nah kartu ini tambahan legalitas pernikahan agar praktis bisa dibawa ke mana-mana,' kata Kepala Seksi Kepenghuluan dan Pemberdayaan KUA Kemenag Sulut Rusdi Musangit di Manado, Selasa, 13 November 2018.


Dia meminta agar masyarakat tak salah paham terkait penerapan ini sehingga tidak menimbulkan masalah. 'Jadi buku nikah itu tetap dicetak bersama dengan tambahannya kartu nikah yang sekarang ini sementara dipersiapkan ini,' ujarnya.


Baca: Menteri Agama Pastikan Buku Nikah tak Dihilangkan


Menurut Rusdi, pihaknya sementara menyiapkan server untuk pencatatan pernikahan secara daring ini. Sebab, Kemenag Sulut belum mempunyai server atau aplikasi pencatatan online.


'Jadi servernya masih di pusat langsung. Namun beberapa daerah seperti  minahasa, Minahasa Utara dan Bolaang Mongondow sudah mulai menerapkan sistem pencatatan online,' terangnya.


Di sisi lain, ujar Rusdi, masalah yang saat ini dihadapi adalah ketidaktersediaan alat cetak kartu nikah. Sebab, di Sulut belum ada satu pun KUA yang memiliki alat tersebut.


'Namun, 2019 nanti insya Allah di Manado sudah bisa. Karena untuk anggaran dari Kemenag pusat baru Manado yang mendapatkan, untuk 10 KUA,' bebernya.


Selain alat, menurutnya, ada juga masalah jaringan internet dan kuota server. 'Jaringan ini memang sering ditemui di beberapa lokasi yang memang sulit jaringannya, sehingga memperlambat pencatatan. Dan kuota server. Kita belum tahu kuota server kita berapa besar yang akan diberikan,' bebernya.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/daerah/V...nti-buku-nikah

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Pernikahan Bahagia Turunkan Risiko Obesitas saat Paruh Baya

- Inovasi Digital Bisnis Jasa Pernikahan

- Pernikahan Anak Berdampak Buruk terhadap Kualitas Keluarga

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
252
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan