- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Fakta Instagram Reels, Apa Kelebihannya Dibanding TikTok?


TS
lynna123
Fakta Instagram Reels, Apa Kelebihannya Dibanding TikTok?
Dominasi TikTok yang saat ini digandrungi, terus berusaha digoyang oleh aplikasi sejenis. Terbaru, Instagram meluncurkan fitur baru bernama Reels untuk menyaingi sebagai aplikasi berbagi video singkat tersebut.
Instagram Reels sendiri telah diluncurkan di Indonesia. Teman-teman yang kamu ikuti mungkin sudah menggunakannya. Lantas, apakah Reels itu dan apa kelebihannya dibanding TikTok?
1. Apa itu Reels?
Singkatnya, Instagram Reels merupakan cara baru untuk menciptakan konten video yang lebih menarik dan menyenangkan di Instagram Stories. Seperti halnya TikTok, melalui Reels, pengguna dapat merekam dan mengedit video singkat berdurasi 15 detik untuk kemudian dibagikan di Stories, Explore Feed maupun tab Reels baru di profil pengguna.
Selain bisa melihat Reels dari akun yang sudah diikuti, pengguna juga dapat melihat Reels dari akun yang sedang trending di Instagram. Isi halaman Explore tiap pengguna akan berbeda, tergantung siapa yang diikuti, jenis konten seperti apa yang dilihat dan di mana lokasi pengguna berada.
2. Perbedaan Dengan Tiktok
Salah satu perbedaan paling signifikan di antara Reels dan TikTok adalah fakta bahwa Reels hanya membatasi penggunanya untuk membuat video berdurasi maksimal 15 detik. Di sisi lain, TikTok telah memperpanjang durasi maksimum menjadi 60 detik pada awal tahun ini.
Kepala produk Instagram – Vishal Shah, mengatakan bahwa Reels akan berbeda dengan TikTok dalam memberikan pengguna platform augmented reality yang lebih built-out, di samping menawarkan cara baru untuk membuat video-singkat secara langsung dari dalam Instagram, tempat yang telah mereka cintai dan tahu bagaimana menggunakannya.
3. Alasan Instagram Meluncurkan Reels
Bisa dibilang, Reels hadir sebagai respons langsung terhadap meningkatkan popularitas TikTok dalam 12 bulan terakhir. Adweek menyebut bahwa TikTok menjadi “aplikasi yang paling banyak diunduh dalam satu kuartal” pada Q1 2020.
Selain itu, demografi TikTok juga berubah dengan cepat, di mana Millennial yang merupakan target terbaik untuk pengiklan, kini memiliki pangsa yang lebih besar dibanding sebelumnya. Karenanya, tak heran jika Instagram kemudian tertarik untuk mengikuti TikTok, terutama di negara di mana TikTok belum begitu booming seperti Brazil.
4. Cara Bikin Video Reels
Reels merupakan mode baru pada menu kamera Instagram Stories, yang terletak di bagian bawah di samping “Story.” Jika sudah bisa mengaksesnya, pengguna akan menemukan tiga menu di bagian samping kanan yaitu “Audio” untuk menambahkan lagu, “Speed” untuk mengatur kecepatan video, “Effects” untuk mengaplikasikan efek atau filter AR dan “Timer” untuk mengatur berapa panjang durasi video Reels.
Pada dasarnya, cara menggunakan Reels tidak jauh berbeda dengan cara menggunakan Stories biasa. Jika masih bingung, simak video di bawah untuk lebih lengkapnya.
Instagram Reels sendiri telah diluncurkan di Indonesia. Teman-teman yang kamu ikuti mungkin sudah menggunakannya. Lantas, apakah Reels itu dan apa kelebihannya dibanding TikTok?
1. Apa itu Reels?
Singkatnya, Instagram Reels merupakan cara baru untuk menciptakan konten video yang lebih menarik dan menyenangkan di Instagram Stories. Seperti halnya TikTok, melalui Reels, pengguna dapat merekam dan mengedit video singkat berdurasi 15 detik untuk kemudian dibagikan di Stories, Explore Feed maupun tab Reels baru di profil pengguna.
Selain bisa melihat Reels dari akun yang sudah diikuti, pengguna juga dapat melihat Reels dari akun yang sedang trending di Instagram. Isi halaman Explore tiap pengguna akan berbeda, tergantung siapa yang diikuti, jenis konten seperti apa yang dilihat dan di mana lokasi pengguna berada.
2. Perbedaan Dengan Tiktok
Salah satu perbedaan paling signifikan di antara Reels dan TikTok adalah fakta bahwa Reels hanya membatasi penggunanya untuk membuat video berdurasi maksimal 15 detik. Di sisi lain, TikTok telah memperpanjang durasi maksimum menjadi 60 detik pada awal tahun ini.
Kepala produk Instagram – Vishal Shah, mengatakan bahwa Reels akan berbeda dengan TikTok dalam memberikan pengguna platform augmented reality yang lebih built-out, di samping menawarkan cara baru untuk membuat video-singkat secara langsung dari dalam Instagram, tempat yang telah mereka cintai dan tahu bagaimana menggunakannya.
3. Alasan Instagram Meluncurkan Reels
Bisa dibilang, Reels hadir sebagai respons langsung terhadap meningkatkan popularitas TikTok dalam 12 bulan terakhir. Adweek menyebut bahwa TikTok menjadi “aplikasi yang paling banyak diunduh dalam satu kuartal” pada Q1 2020.
Selain itu, demografi TikTok juga berubah dengan cepat, di mana Millennial yang merupakan target terbaik untuk pengiklan, kini memiliki pangsa yang lebih besar dibanding sebelumnya. Karenanya, tak heran jika Instagram kemudian tertarik untuk mengikuti TikTok, terutama di negara di mana TikTok belum begitu booming seperti Brazil.
4. Cara Bikin Video Reels
Reels merupakan mode baru pada menu kamera Instagram Stories, yang terletak di bagian bawah di samping “Story.” Jika sudah bisa mengaksesnya, pengguna akan menemukan tiga menu di bagian samping kanan yaitu “Audio” untuk menambahkan lagu, “Speed” untuk mengatur kecepatan video, “Effects” untuk mengaplikasikan efek atau filter AR dan “Timer” untuk mengatur berapa panjang durasi video Reels.
Pada dasarnya, cara menggunakan Reels tidak jauh berbeda dengan cara menggunakan Stories biasa. Jika masih bingung, simak video di bawah untuk lebih lengkapnya.
0
586
2


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan