Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adiputra101010Avatar border
TS
adiputra101010
Pengertian VPN, Cara Kerja Beserta Kelebihannya
Apa Itu VPN?
 

VPN adalah kepanjangan dari Virtual Private Network, merupakan koneksi yang memberikan akses ke sebuah website yang dapat membantu terhubung ke jaringan public maupun jaringan lokal. Jadi, dilihat dari segi jaringannya, salah satu masalah yang kerap terjadi pada jaringan internet publik adalah tidak ada dukungan keamanan yang baik.

  

Jenis-Jenis VPN

1. Access VPN

Access VPN atau Virtual Private Dial-Up Network (VPDN) adalah koneksi user-to LAN yang digunakan sebuah perusahaan untuk para pekerjaanya yang membutuhkan koneksi ke jaringan mereka dari berbagai lokasi remote. Remote Access VPN memungkinkan pekerja untuk mengakses data-data dan segala sumber daya dimanapun mereka berada.

 

2. Extranet VPN

Extranet VPN merupakan jenis VPN yang digunakan untuk menghubungkan antara kantor dengan pihak luar seperti pelanggan, suplier, rekan bisnis, atau suatu komunitas ke dalam jaringan internal dengan menggunakan koneksi Dedicated. Dengan adanya Extranet VPN perusahaan-perusahaan yang terlibat dapat berkomunikasi serta bertukar informasi secara cepat, mudah, tapi dalam sistem keamanan yang terjamin.

3. Intranet VPN

Intranet VPN atau site to site VPN merupakan VPN yang digunakan untuk menghubungkan antara kantor pusat suatu perusahaan dengan kantor cabang atau kantor pembantu melalui shared network menggunakan koneksi yang permanen (dedicated). Tujuan penggunaan intranet VPN agar administrative control berada sepenuhnya di bawah satu kendali.

 

Manfaat Dari Penggunaan VPN

Pengertian VPN, Cara Kerja Beserta Kelebihannya




1. Remote Access

Maksudnya dengan memakai VPN kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet atau public.  Itu sebabnya VPN dapat meningkatkan produktivitas dalam perusahaan.

2. Sistem Keamanan Yang Bagus

Dengan memakai koneksi VPN kita dapat browsing, searching dengan aman saat mengakses dunia maya atau jaringan internet publik misalnya seperti hotspot dan internet yang ada di cafe-cafe. VPN juga punya manfaat bagi para pekerja di bidang IT. Dengan VPN, mereka bisa mengakses jaringan komputer kantor dari mana saja melalui jaringan internet. Selain itu, VPN menjaga kerahasiaan dan keamanan data dari serangan peretas (hacker).


3. Biaya Lebih Hemat

Bisa menghemat biaya set up dari jaringan, VPN sering dijadikan alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya yang lebih rendah. Koneksi itu dimungkinkan karena tak perlu lagi membangun jaringan sendiri. Karena transmisi data yang digunakan pada VPN melibatkan media jaringan internet dan jaringan publik yang sebelumnya telah ada tanpa perlu membentuk jaringan sendiri. VPN sering dijadikan alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya yang lebih rendah. Koneksi itu dimungkinkan karena tak perlu lagi membangun jaringan sendiri.

  






0
408
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan