Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

luqmanchakim006Avatar border
TS
luqmanchakim006
15++ Cara Ampuh untuk Merakit PC dengan 100% BENAR

Cara Merakit PC Membangun komputer Anda sendiri seperti merakit potongan Lego. Jika Anda adalah penggemar melakukannya sendiri, maka Anda seharusnya dapat dengan mudah mengikuti panduan singkat kami untuk pembuatan dan pengoperasiannya. Periksa inventaris Anda dan pastikan Anda memiliki segalanya, karena kami akan segera memulai. Perhatikan bahwa instruksi untuk merakit PC tidak ditulis dengan batu. Sebagai gantinya, inilah langkah-langkah yang kami rekomendasikan.

Langkah 1
Buka kunci tuas CPU pada motherboard dan putar ke atas untuk melepaskan potongan plastik yang menutupi pin. Untuk memasang CPU, pastikan takik pada chip (satu sisi CPU PCB hijau akan memiliki tanda hubung kecil) cocok dengan takik di alas, dan jatuhkan. Hati-hati, tentu saja. Cara lain untuk memastikannya dipasang dengan benar adalah dengan memastikan bahwa segitiga emas kecil di chip sama dengan segitiga di motherboard. Beberapa papan mungkin tidak memiliki segitiga itu (seperti yang kita gunakan). Sebaliknya, cari sudut pada soket yang tidak seluruhnya merupakan sudut.
Langkah 2
Memasang kipas CPU Anda dapat dilakukan sebelum atau sesudah penempatan pelat dasar dalam kasus (jika sesuai adalah potongan besar di bagian belakang CPU). Dalam hal ini, kami menginstal terlebih dahulu. Setiap kipas CPU berbeda, jadi pastikan untuk memeriksa manual Anda untuk langkah-langkah yang sesuai. Sebagian besar akan memiliki pelat belakang yang berada di belakang motherboard. Jangan lupa. Umumnya, pemasangan pendingin CPU membutuhkan empat sekrup di sekitar soket. Pastikan untuk mengencangkannya, tetapi jangan terlalu banyak.
Beberapa lemari es memiliki CPU / thermal interface material (TIM) yang sebelumnya menggunakan pasta termal. Ini diinstal seperti biasa. Sedangkan bagi yang tidak datang dengan tabung kecil itu. Ada banyak metode untuk menerapkan TIM; Namun, setetes kacang polong di tengah CPU tidak akan menjadi masalah. A dipasang di pendingin CPU, tekan sekrup dan kemudian satu diagonal dan seterusnya untuk semua sudut untuk meratakan TIM.

Langkah 3
Sejauh ini pemasangan komponen termudah, RAM membutuhkan tiga klik dan dua single untuk membuka klip ke sisi slot dan satu untuk memasukkan modul RAM. Pastikan pin sejajar dan mendengar bunyi klik sebagai gantinya. Beberapa motherboard (seperti yang kami gunakan) memiliki tab yang hanya terbuka di satu sisi. Jika Anda memiliki empat batang RAM, instal seperti biasa; Namun, jika Anda hanya memiliki dua, pastikan untuk memeriksa manual motherboard untuk melihat slot apa yang Anda perlukan untuk konfigurasi saluran ganda. (Misalnya slot 1 dan 3 atau 2 dan 4.)
Jika Anda membeli RAM yang beroperasi pada frekuensi di atas 2133MHz (sistem DDR4), lihat manual motherboard Anda untuk mengetahui apakah Anda perlu mengaktifkan profil XMP, memungkinkan RAM untuk beroperasi pada kecepatan terukurnya. Jika tidak, nilai default sistem adalah 2133MHz.
LANGKAH 4
Saat kita mempersiapkan untuk menempatkan pelat di dalam kotak, jangan lupa memasang pelindung I / O. Menempatkannya dan mendorongnya ke tempatnya. Mudah.
LANGKAH 5
Sebelum menempatkan pelat di dalam kotak, pastikan motherboard sudah terpasang pemisah, jika belum terpasang. Jika tidak, lihat kit aksesori yang disertakan dengan casing. Harus ada tiga di bagian atas, tengah dan bawah dengan total sembilan. Beberapa kasing mengalami jalan buntu dan berada di tengah untuk memudahkan lokasi dan mengunci pelat pada tempatnya. Pastikan sejajar dengan pelindung E / S dan kencangkan delapan atau sembilan lubang yang tersisa.
Langkah opsional untuk generasi yang lebih bersih: Sebelum memasang motherboard, jalankan kabel daya dari CPU dan kabel lain seperti konektor audio pada panel depan definisi tinggi melalui kasus pertama Anda akan memiliki waktu lebih mudah dengan manajemen kabel. Kebanyakan case akan membuat lubang kecil di pojok kiri atas untuk power dari CPU.
LANGKAH 6
Untuk drive penyimpanan, temukan bay yang tepat dalam casing Anda. Dalam build ini, kami hanya memiliki satu SSD 2,5 ", tepat di bagian belakang casing di slot khususnya sendiri. Ada unit boks tambahan untuk unit 3,5" yang terletak di bagian bawah dekat catu daya, kami tidak perlu, jadi kami sudah pensiun. Jika Anda memiliki PCIe SSD M.2 atau memasang motherboard tersebut secara langsung. secara keseluruhan, unit disekrup di unit rumah atau tempat disk yang dapat dilepas. jangan lupa untuk menjalankan kabel SATA drive ke header motherboard SATA.
Baca juga: Cara Merakit Laptop
Langkah 7 (Opsional)
Karena kami memiliki pendingin cairan all-in-one (AIO), perlu memasang radiator dan pengikutnya. Karena ketinggian heat sink di RAM unit kami, kami memutuskan untuk memasang radiator di bagian depan sasis, bukan di atas, seperti yang diinginkan. Meskipun mungkin merepotkan untuk memeriksa kompatibilitas ukuran semua bagiannya, dengan melakukan hal tersebut, cegah masalah yang tidak terduga.
Langkah 7 (lanjutan)
Kami melepas panel depan untuk mengakses kipas. Dengan menukar dua pengikut sekrup yang lebih lama disertakan dengan lemari es, kita bisa mencapai radiator. Dengan dua kipas tambahan, kami memutuskan untuk memasangnya di bagian belakang dan atas kotak udara pembuangan panas. Sayangnya, radiator yang dipasang di depan menghalangi beberapa iluminasi RGB yang dimaksudkan untuk menyinari boks.
langkah 8
Kartu grafis adalah komponen yang besar dan berat. Cari slot PCIe yang paling panjang dan paling atas pada motherboard. Di sebelah kiri, ada sekrup jika blok menutupi slot ekspansi di tempatnya. Hapus dua di antaranya untuk GPU slot ganda. Pastikan untuk melepaskan penutup plastik pada kartu grafis antarmuka PCIe sebelum memasangnya. Kartu sejajar dan tekan ke dalam slot. Pasang kembali kedua sekrup yang baru saja dilepas untuk mengamankan kartu pada tempatnya. Jika Anda memiliki beberapa kartu ekspansi GPU atau PCIe, pasang dengan cara yang sama.
langkah 9
Dalam hal ini, kami melepas penutup catu daya untuk akses yang lebih baik. Beberapa casing mungkin tidak memiliki penutup, itu bagus. Dengan catu daya modular, kami hanya dapat menggunakan kabel yang Anda butuhkan untuk menghindari kekacauan. Menghubungkan kabel dan sekrup drive dalam kasus ini melalui belakang (harus empat sekrup), dan kemudian pasang kembali penutup.
Baca juga: Cara Merakit Power Sound Sistem
Langkah 9 (lanjutan)
Dalam konstruksi ini, kami menggunakan alas pelat umpan kabel 1 x 24-pin, Kabel Daya CPU 1 x 8-pin, kabel daya VGA 1 x 8-pin, dan kabel daya 1 x SATA. Jika Anda memiliki komponen tambahan dan kipas ekstra, pastikan memasang kabel 4-pin / Molex power juga. Lebih banyak komponen setara dengan lebih banyak kabel. Terkadang mungkin tidak dapat menjangkau komponen tertentu karena panjang kabel daya, seperti konektor SATA. Anda harus menjalankan kabel terpisah untuk menghadapinya.
langkah 10
Menghubungkan segalanya. Setiap komponen yang dipasang pada daya membutuhkan dengan satu atau lain cara. RAM, misalnya, tidak membutuhkan konektor daya. Di sini ditunjukkan motherboard kabel 24-pin.
Langkah 10 (lanjutan)
Lanjutkan pasang hal-hal. Ini adalah kabel daya CPU 8-pin.
Langkah 10 (lanjutan)
Kartu video juga membutuhkan energi. Gunakan apa pun yang diperlukan, seperti kabel daya 8-pin, yang ditampilkan di sini. Beberapa kartu grafis memerlukan dua konektor daya, seperti 8 dan 6 pin.
langkah 11
Saat Anda menghubungkan sesuatu, pastikan Anda telah menghubungkan kabel yang diperlukan ke unit penyimpanan SATA, jika Anda belum melakukannya. Selain itu, tidak ada kipas tambahan yang menghubungkan motherboard dengan koneksi kipas, atau melalui adaptor daya Molex 3/4-pin. Terakhir, Anda harus menghubungkan semua konektor di panel depan, seperti USB, audio HD, dan sakelar daya yang terletak di bagian bawah motherboard. Lihat manual motherboard Anda untuk posisi yang benar dari setiap konektor.
Sebagai langkah terakhir dalam membangun PC Anda, merapikan kabel. Para veteran sudah memiliki rencana; Namun, pembangun baru harus menghadapinya sampai akhir. Jangan takut untuk mencabut dan menyambungkan kembali jika perlu. Akan terjadi perutean dan penempatan yang optimal secara perlahan seiring berjalannya waktu. Lebih sedikit kekacauan menawarkan aliran udara yang lebih baik di dalam kotak, menghasilkan suhu yang lebih rendah. Jika Anda membutuhkan bantuan ekstra, coba gunakan flensa plastik untuk benar-benar mengunci kabel agar terlihat bersih. Ya, kami bisa melakukan pekerjaan yang lebih baik.
langkah 12
Sekarang Anda sudah selesai, sambungkan periferal dan aktifkan sakelar daya di bagian belakang catu daya. Jika Anda telah melakukan semuanya dengan benar, lampu akan menyala dan kipas akan berputar. Pastikan untuk menghubungkan ke layar sehingga Anda benar-benar dapat melihat apakah itu berfungsi. Dari sini, penginstalan sistem operasi melalui CD atau USB, dan sisanya terserah Anda.
Untuk analisis komponen yang lebih menyeluruh, lihat artikel pendamping Kubas-Meyer Alec, Apa yang Anda Butuhkan untuk platform Gaming yang Baik. Jika Anda membuat komputer sendiri, kirim foto konfigurasi Anda!

Sumber Artikel: Restuemak.com

0
105
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan