rifanishereeAvatar border
TS
rifanisheree
Jejak Keluarga Indira Gandhi


Indira Priyadarshini Nehru atau yang biasa dikenal dengan sebutan Indira Gandhi adalah seorang Perdana Menteri India wanita pertama. Indira menjabat sebagai Perdana Menteri sejak 19 Januari 1966 hingga 24 Maret 1977 yang menjadikannya orang terlama kedua menjabat setelah ayahnya, yaitu Jawaharlul Nehru.


Selama perjalanan kariernya menjabat sebagai Perdana Menteri India, Indira adalah wanita yang penuh banyak kontroversial dan gejolak dalam partai politik dan negaranya. Pada akhirnya, dia tewas terbunuh pada tahun 1984 oleh dua pengawalnya yang memeluk ajaran Sikhisme.

  
Setelah meninggalnya Indira Gandhi, penerus takhta pun digantikan oleh putra sulungnya yang bernama Rajiv Gandhi. Hanya dia penerus satu-satunya takhta dari Indira Gandhi, karena adiknya Sanjay Gadhi terbunuh akibat kecelakaan pesawat pada tahun 1980. Namun pada awalnya Rajiv Gandhi bersikap apolitis, tetapi setelah kematian adiknya dan atas permintaan ibunya, Rajiv Gadhi pun tetap enggan memasuki dunia politik. Pada tahun 1984 hingga 1989, Rajiv Gandhi mengemban amanah sebagai kepala pemerintahan keenam di India.


Dalam kepemimpinannya Rajiv Gandhi dihadapakn dengan pertempuran berdarah yang menewaskan 1.000 aliran Sikhisme. Pertempuran tersebut berawal dari meninggalnya Indira Gandhi dibunuh oleh dua pengawalnya yang memeluk ajaran Sikhisme.

 
Rajiv Gandhi menikahi perempuan berkebangsaan Italia yang bernama Edvige Antonia Albina Maino, maka Rajiv pun mengubah namanya menjadi Robertus. Namun, karena India menganut sistem patriarki, Edvige pun berganti nama menjadi Sonia Gandhi. Akhir dari kepemimpinan Perdana Menteri dan menjadi Presiden Kongres Rajiv Gandhi juga bernasib sama dengan mendiang ibunya, yaitu terbunuh oleh seorang pelaku bom bunuh diri dari Liberation Tigers of Tamil Eelam (LTTE), karena pernah menyebabkan konflik terbuka pada tahun 1987 di Sri Lanka.


Pada tahun 1998, istri dari Rajiv Gandhi yang bernama Sonia Gandhi menggantikan posisi sebagai Presiden Kongres (INC) dan menjadikan Manmohan Singh sebagai Perdana Menteri ke-13 India ditahun 2004 sampai 2014. Sonia Gandhi memegang peranan penting dalam United Progressive Alliance dan menjadikannya Manmohan Singh sebagai orang pertama dari ajaran Sikh, sebagai Perdana Menteri India.


Karena mengalami masalah kesehatan, maka pada Desember 2017, Sonia mengundurkan diri sebagai Presiden Kongres dan digantikan oleh putranya yang bernama Rahul Gandhi. Rahul Gandhi menjabat menjadi Presiden Kongres pada tanggal 16 Desember 2017 hingga 3 Juli 2019. Setelah kesehatan ibunya berangsur pulih, maka pada bulan Agustus 2019, Sonia Gandhi menjabat kembali menjadi Presiden Kongres (INC).


Spoiler for Refrensi:



Richy211
Richy211 memberi reputasi
1
1.7K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan