Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
DPR yakin Baiq Nuril mendapat amnesti

Ketua DPR Bambang Soesatyo (kiri) menerima surat jaminan penangguhan eksekusi terhadap terpidana kasus pelanggaran Undang-Undang Transaksi dan Informasi Elektronik (UU ITE), Baiq Nuril Maknun (tengah) dari anggota DPR Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (10/7/2019).
Dukungan bagi Baiq Nuril, terpidana kasus pelanggaran UU Informasi dan Transaksi (ITE) terus mengalir. Rabu (10/9/2019), DPR RI yakin Presiden Joko Widodo sudah mendengar kasus ini dan diharapkan memberi amnesti kepada Nuril.

Suara DPR disampaikan oleh Ketua Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan anggota Komisi III DPR Nasir Djamil usai bertemu dengan Nuril yang didampingi oleh politisi PDI Perjuangan Rieke Dyah Pitaloka di gedung parlemen, Senayan, Jakarta.

Nuril sambil menangis menyampaikan aspirasinya kepada DPR yang disebutnya sebagai wakil rakyat. Nuril pun yakin bahwa perjuangannya untuk bebas dari hukuman bakal berhasil karena dirinya adalah korban pelecehan seksual.

Dalam kasusnya, Nuril justru diputus bersalah oleh Mahkamah Agung (MA) dalam Peninjauan Kembali (PK). Nuril dinilai menyebarkan rekaman percakapan mesum dengan atasannya, Muslimm di SMA Negeri di Nusa Tenggara Barat.

MA berpendapat Nuril sudah menyebarkan konten asusila yang diatur dalam UU ITE. MA pun memperkuat keputusan di tingkat kasasi dengan hukuman enam bulan penjara dan denda Rp500 juta.
RingkasanAnggota Komisi III DPR RI Muhammad Nasir Jamil optimistis Presiden Joko Widodo akan mengabulkan permohonan amnesti kepada Nuril dengan pertimbangan keadilan dan penegakan supremasi hukum.DPR menilai Baiq Nuril adalah korban pelecehan seksual yang justru dipidanakan dalam kasus konten asusila. Padahal konten itu jadi bukti adanya pelecehan.Bamsoet menilai Nuril memang tidak sepatutnya menjadi terpidana kasus ITE. Politisi Golkar ini juga yakin presiden sudah mendengar kasus ini.Arsul Sani dari Komisi III DPR RI yang membawahi urusan hukum akan memberi dukungan kepada Nuril saat presiden meminta pertimbangan dari komisi hukum.Kewajiban presiden untuk meminta pertimbangan kepada DPR berdasarkan pasal 14 ayat 2 UUD Negara Republik Indonesia 1945.Nuril pun sudah mengajukan berkas penangguhan eksekusi hukuman oleh Kejaksaan Agung. Rieke dan sejumlah kalangan mengajukan diri menjadi penjamin.Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly tengah mengumpulkan masukan dari para pakar hukum. Menurut Yasonna, sebagian pakar berpendapat tak ada preseden amnesti bagi Nuril karena selama ini diberikan untuk kasus politik.Sebaran Media
Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 12 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 11 pemberitaan. selanjutnya republika.co.id dengan 10 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per mediaSebaran Linimasa
Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 16:00 WIB dengan total 18 pemberitaan.

Jumlah berita per jamSebaran Facebook
Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh republika.co.id dengan 1778 interaksi, diikuti peringkat kedua goriau.com dengan 46 interaksi. Selanjutnya detik.com dengan 44 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di FacebookSumberBaiq Nuril: Saya Sebenarnya Tak Ingin Muncul di Publik. Tapi... - tempo.co?Baiq Nuril: Saya Yakin Perjuangan Ini akan Berakhir dengan Baik - jawapos.comEksekusi Baiq Nuril Ditangguhkan, Rieke Diah Pitaloka Jadi Penjamin - fajar.co.idYakin Keadilan Pasti Datang, Air Mata Baiq Nuril Menetes di DPR - poskotanews.comTangis Baiq Nuril Pecah di Ruang Sidang DPR - tribunnews.comPutri Baiq Nuril Lolos Jadi Paskibra di NTB - detik.comTangis Baiq Nuril dan Cerita soal Amnesti Depan Anggota Dewan - liputan6.comAhli Hukum Menkumham Nilai Baiq Nuril Tak Pantas Terima Amnesti - suara.com[URL="http://akuraS E N S O Rnews/id-683588-read-kasus-baiq-nuril-ketua-dpr-saya-percaya-presiden-sudah-dengar-apa-yang-berkembang"]Kasus Baiq Nuril, Ketua DPR: Saya Percaya Presiden Sudah Dengar Apa yang Berkembang[/URL] - akurat.coCatatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ndapat-amnesti

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- BNPB sebut 5.774 desa di daerah rawan tsunami

- Indonesia 'tempat sampah' limbah kertas dan plastik dari Amerika

- Diskon pajak jadi stimulus bagi investor

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
481
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan