Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Indonesia harus siap saat kebanjiran kendaraan listrik

Sejumlah mobil taxi listrik mengikuti konvoi saat melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (20/9/2019) Presiden Joko Widodo tengah mengincar peluang Indonesia masuk ke industri baterai mobil listrik. Ia ingin turunan nikel berkadar rendah bisa dijadikan baterai lithium dalam dua-tiga tahun ke depan. Hal ini disampaikannya pada ajang Kompas100 CEO Forum 2019, di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Pada kesempatan lain, Mochtar Riady memprediksi keberadaan kendaraan listrik akan membanjiri Indonesia dalam tiga tahun ke depan. Ia pun mengingatkan, teknologi baterai juga bisa beralih ke grafit. Bos Lippo Group itu bicara pada ajang Indonesia Digital Conference di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Kamis (28/11).

Sementara pada ajang Electric Vehicles Indonesia Forum and Exhibiton, Jakarta, yang berlangsung kemarin, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro menargetkan Indonesia mampu memproduksi dua juta motor listrik pada 2025.

Ringkasan
  • Presiden Joko Widodo menginginkan Indonesia menjadi pusat industri mobil listrik karena dapat memproduksi baterai litium untuk kendaraan tersebut.
  • Menurut Presiden, target tersebut didukung dengan kekayaan sumber daya alam (SDA) Indonesia seperti nikel yang dapat menjadi bahan baku baterai litium.
  • Presiden Jokowi sudah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang kendaraan listrik untuk transportasi pada Agustus lalu.
  • Perpres tersebut membahas soal tingkat komponen dalam negeri untuk kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.
  • Selain itu ada insentif untuk program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan hingga infrastruktur pengisian tenaga listrik.
  • Indonesia saat ini sudah memiliki motor listrik GESITS yang dikembangkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
  • Bos Lippo Group, Mochtar Riady memprediksi keberadaan kendaraan listrik akan membanjiri Indonesia dalam tiga tahun ke depan.
  • Baterai berbahan grafit, kata dia, satu kali cas hanya butuh waktu 10 menit hingga penuh, dan dapat digunakan jalan sampai 1.000 km.
  • Menristek/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro, menargetkan Indonesia mampu memproduksi dua juta motor listrik pada 2025.

  • Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, meminta perusahaan kimia asal Jerman, BASF, mendukung pengolahan nikel untuk penyediaan komponen baterai mobil listrik.
Sebaran MediaJumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 6 pemberitaan, diikuti peringkat kedua merdeka.com dan liputan6.com dengan 2 pemberitaan.


Jumlah berita per mediaSebaran LinimasaSebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 14:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 14:00 WIB dengan total 4 pemberitaan.


Jumlah berita per jamSebaran FacebookJumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 9 interaksi, diikuti peringkat kedua ayobandung.com dengan 9 interaksi. Selanjutnya liputan6.com dengan 4 interaksi pada peringkat ketiga.


Jumlah berita media di FacebookSumberCatatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.

Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...daraan-listrik

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kualitas udara terbaik dan terburuk di Indonesia (Kamis, 28/11/2019)

- Pelemahan 38 emiten sebabkan LQ45 loyo - Kamis (28/11/2019)

- Pelemahan 25 emiten sebabkan JII loyo - Kamis (28/11/2019)

dellesology
tata604
anasabila
anasabila dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.1K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan