Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

phoenix4ngelsAvatar border
TS
phoenix4ngels
Dr. Li Wenliang
Dr. Li Wenliang

Li Wenliang adalah dokter mata Tiongkok yang bekerja sebagai dokter di Rumah Sakit Pusat Wuhan. Li memperingatkan rekan-rekannya pada Desember 2019 tentang kemungkinan wabah penyakit yang menyerupai sindrom pernapasan akut (SARS), yang kemudian dikenal sebagai COVID-19.

Dia menjadi pelapor ketika peringatannya kemudian dibagikan secara publik. Pada 3 Januari 2020, polisi Wuhan memanggil dan menegurnya karena “membuat komentar palsu di Internet”. Li kembali bekerja, kemudian tertular virus dari pasien yang terinfeksi (yang semula dirawat karena glaukoma) dan meninggal akibat penyakit tersebut pada 7 Februari 2020, pada usia 33 tahun. Penyelidikan resmi Tiongkok berikutnya membebaskannya dan Partai Komunis Tiongkok secara resmi menawarkan “permintaan maaf serius” kepada keluarganya dan mencabut tegurannya.

Pada 8 Januari, Li mengontrak virus korona ketika dia melakukan kontak dengan pasien yang terinfeksi di rumah sakitnya. Pasien menderita glaukoma sudut tertutup akut dan mengalami demam pada hari berikutnya. Li kemudian mulai curiga bahwa pasien tersebut mungkin memiliki infeksi coronavirus. Li menderita demam dan batuk pada 10 Januari, yang segera menjadi parah. Dokter Yu Chengbo, seorang ahli medis Zhejiang yang dikirim ke Wuhan, mengatakan kepada media bahwa meskipun sebagian besar pasien muda tidak cenderung mengalami kondisi parah, pasien glaukoma yang Li lihat pada 8 Januari adalah seorang penjaga toko di Pasar Makanan Laut Huanan dengan viral load tinggi, yang bisa memperburuk infeksi Li.

Pada 12 Januari, Li dirawat di rumah sakit intensif di Distrik Rumah Sakit Houhu, Rumah Sakit Pusat Wuhan, di mana dia dikarantina, dirawat, dan dites virusnya beberapa kali hingga dia dinyatakan positif terinfeksi pada 30 Januari. Dia didiagnosis dengan infeksi virus pada 1 Februari.

Ketika Li mulai menunjukkan gejala penyakit koronavirus, dia memesan kamar hotel untuk menghindari kemungkinan menulari keluarganya, sebelum dirawat di rumah sakit pada 12 Januari. Meskipun tindakan pencegahan ini, orang tuanya terinfeksi dengan SARS-CoV-2, tetapi kemudian sembuh.

Li dan istrinya, Fu Xuejie, memiliki satu putra. Istrinya sedang mengandung anak kedua mereka pada saat kematiannya.

Source;
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Li_Wenliang
Diubah oleh phoenix4ngels 12-04-2020 14:49
dellesology
dellesology memberi reputasi
1
372
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan