Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

khambing34Avatar border
TS
khambing34
5 Fakta Sejarah Perkembangan Batik di Indonesia
MINEWS, JAKARTA – Setiap tanggal 2 Oktober, di Indonesia diperingati Hari Batik Nasional. Batik adalah warisan budaya yang masih terus terjaga hingga saat ini, dan mengalami banyak perkembangan, terutama cara produksi dan motifnya.BATIK.INDONESIA

Ya, sudah sepatutnya kita bangga, karena batik juga telah dikenal secara internasional. Bahkan, banyak turis atau orang-orang dari luar negeri yang datang ke Indonesia, lalu pulang membawa batik sebagai oleh-oleh berharga.

5 Fakta Sejarah Perkembangan Batik di Indonesia

Tapi, tahukah kalian bagaimana sejarah perkembangan batik di Indonesia? Berikut, 5 fakta tentang sejarah batik, wajib kalian simak.

1. Era Majapahit dan Perkembangan Islam

Batik selalu dikaitkan dengan kerajaan Majapahit. Konon, kesenian batik telah ada sejak era Majapahit berkuasa, lalu diteruskan secara turun-temurun hingga kerajaan tersebut runtuh, dan Indonesia memasuki fase kerajaan-kerajaan Islam, seperti Mataram dan Demak.



2. Berasal dari Luar Negeri

Banyak yang meyakini, batik sebenarnya telah dikenal sejak 1.000 tahun lalu. Kemungkinan besar, batik pertama kali diciptakan di Mesir dan Sumeria. Kemudian, kesenian itu berkembang ke Afrika Barat, lalu ke negara-negara Asia seperti India, Malaysia, Iran, hingga Indonesia.



3. Perkembangan Motif

Rupanya, motif batik terus mengalami evolusi dari waktu ke waktu. Dulu, zaman kerajaan, batik disebut hanya bermotif tumbuhan atau hewan saja. Namun, seiring perkembangan zaman, bermunculanlah motif abstrak, dan bentuk-bentuk lainnya.



4. Bahan, Cara Produksi dan Jenis

Awalnya, cara memproduksi batik hanyalah dengan melukis motifnya di media kulit. Lalu, media itu berkembang menjadi kain putih atau yang berwarna terang, dengan alasan lebih tahan lama dan lebih luas pemanfaatannya.

Bahan-bahan pewarna yang dipakai untuk membatik adalah tanaman-tanaman asli Indonesia, seperti mengkudu, soga dan nila.

Pada awal abad ke-20, batik yang dihasilkan masih sebatas batik tulis. Barulah setelah Perang Dunia I, batik cap dikenal.



5. Penetapan Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional setiap 2 Oktober adalah hari peringatan ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada 2 Oktober 2009 lalu oleh UNESCO. Hari itu, batik diakui dunia sebagai peninggalan bersejarah dan warisan dunia.


CUKUP BANGA JADI ANAK INDONESIA PUNYA PAKAIAN KHAS DENGAN POLA DAN LUKISAN YANG MAESTRO YAITU BATIK
emoticon-Nyepi
Diubah oleh khambing34 02-10-2019 03:23
0
442
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan