Kaskus

Automotive

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Ini Loh Sosok Sebelum Lahirnya Kawasaki ER-6 Series Dan Juga Z650, Cocok Dicustom

Kawasaki ER-5



Ini Loh Sosok Sebelum Lahirnya Kawasaki ER-6 Series Dan Juga Z650, Cocok Dicustom

Pecinta otomotif sejati pasti tau tentang keberadaan motor besutan Kawasaki yaitu ER6N maupun ER6F sebelum posisinya digantikan dengan Z650 yang digadang-gadang cocok sebagai moge harian. Ternyata jauh sebelum adanya ER6 series rupanya ia memiliki saudara yang lebih kecil yaitu ER5. Mungkin terdengar asing bagi kita penikmat otomotif roda dua di Indonesia, bahwa kenyataannya Indonesia tidak kebagian mencicipi seekor Kawasaki 500cc yang mungil ini, karena motor ini kebanyakan dipasarkan di daratan Eropa dan ditempat asalnya Jepang.

Ini Loh Sosok Sebelum Lahirnya Kawasaki ER-6 Series Dan Juga Z650, Cocok Dicustom

Diproduksi pada tahun 1997 hingga terakhir discontinue tahun 2006, motor ini terlahir menggunakan basis dari Kawasaki GPZ500, dan hingga suatu saat Kawasaki ingin menciptakan kendaraan roda dua yang compact, bertenaga, mudah dalam perawatan dan cocok dibawa diperkotaan alhasil lahirlah sosok naked bike ER5 ini. Namun Kawasaki tidak sendiri dalam bersaing di kelas 500cc, rupanya rival terberatnya setia mendampingi dalam persaingan kelas 500cc ini, seperti Suzuki dengan GS500 dan Honda dengan CB500, memang ketiganya memiliki tahun produksi yang berbeda-beda, namun tetap sama saja jika ujungnya mereka tetap bersaing dikelas yang sama. Berbicara soal desain, memang tidak ada yang spesial dari motor ini, layaknya motor naked tahun 90an pada umumnya yang masih sangat sederhana dan minim balutan-balutan futuristik, namun dari keseluruhan bodi motor ini terlihat padat dan berisi yang nampak seperti muscle bike. Untuk menunjang efisiensi konsumsi pada bahan bakar, Kawasaki telah menyematkan teknologi fuel injection pada ER5 ini. Dan disisi lain dalam menunjang kenyamanan, suspensi yang dibekali masih menggunakan suspensi model teleskopik 37mm untuk bagian depan dan dual rear shock adjustable preload pada bagian belakang yang dapat disetting 5 langkah sesuai kebutuhan saat berkendara. Yang disayangkan pada motor ini adalah pengereman yang diberikan masih kurang mumpuni untuk kelas 500cc, karena hanya berbekal single disc 280mm 2 piston kaliper untuk depan dan pengereman drum atau model tromol 160mm pada bagian belakang yang masing-masing melekat pada velg berukuran ring 17 depan belakang. Karena Kawasaki menciptakan sebuah ER5 ini sebagai motor golongan menengah yang diperuntukkan sebagai pemula maka untuk spesifikasi yang dihadirkan memang tidak begitu high tech. Sekarang beralih dalam sektor dapur pacunya mari kita lihat spesifikasi lebih dalam seperti dilansir motorcyclenews.com(23/11/2006).

Ini Loh Sosok Sebelum Lahirnya Kawasaki ER-6 Series Dan Juga Z650, Cocok Dicustom

Kapasitas Mesin : 498cc DOHC 8 Valve
Pendingin : Cairan
Konfigurasi : 2 Silinder Pararel
Tenaga : 48bhp @8500rpm
Torsi : 33ft-lb atau 45,2Nm @7000rpm
Transmisi : 6 Percepatan
Top Speed : 110mph atau 177kmh
Kapasitas Tangki : 17 Liter
Berat : 179 Kilogram
0
636
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan