dirawan09Avatar border
TS
dirawan09
Pembajakan, Murah dan Lumrah namun bikin Resah

166

Selamat Datang di Thread ane
Bajakan, pasti sudah tidak asing lagi buat agan sista sekalian yang sudah sering hilir mudik di dunia maya. khususnya dalam pembuatan film, software, dan gaming, hal ini sering ditemukan. dari zaman dahulu pembajakan karya-karya orang hebat tersebut sudah ramai dilakukan, namun kurang diperhatikan khususnya di Indonesia. Akan tetapi setelah ada berbagai platform seperti YT, Twitter, IG dan lain sebagainya, orang-orang menjadi lebih tahu tentang apa yang kita kenal sebagai hak cipta.

Pembajakan

Secara frontal, pembajakan pada suatu karya sudah dapat dikatakan sebagai mencuri. Lah kok bisa? iya karena kita mengambil yang bukan hak kita tanpa izin makanya kan ada hak cipta. akan tetapi di Indonesia sendiri pemahaman soal mencuri dan pembajakan tak selaras. Yang namanya mencuri yah pasti seperti korupsi, atau sekedar mencuri uang, atau mencuri barang yang ada bentuknya bukan barang yang abstrak Contoh: maling sendal, maling uang, maling kipas. pokoknya barang itu bisa digenggam dengan tangan lah. tapi kalau benda itu seperti karya film yang bisa di copypaste, beda cerita lagi, itu yah cuma sekedar copypaste aja, bukan mencuri.

Merugikan

Pembajakan memang merugikan, akan tetapi bagi orang-orang awam khususnya ngerasa kerugian itu gak kelihatan, atau malah kelihatannya masih untung-untung aja tuh yang dibajak. Mungkin ini salah satu alasan pembajakan masih riuh dan kayaknya akan selalu riuh, karena karya yang dibajak walaupun ngakunya merugi milyaran rupiah tapi di beberapa situs berita malah mengatakan masih ada untungnya dan untungnya banyak.

Gratisan

Mengapa milih bajakan? karena yah gratis dan gak perlu keluar uang banyak. yap itulah penikmat bajakan. karena males keluar uang untuk yang dirasa sepele gitu selain juga karena lebih mudah diakses.

Bakal Tetap Ada

Tentu gansis udah pernah baca atau denger beberapa public figur yang protes soal pembajakan yang terjadi seperti: Ernest yang geram soal film di tiktok, Om Indro dengan Warkopi KW, atau Joko Anwar yang protes dengan penonton film bajakan. dan ini hanyalah seglintir dari banyaknya pembajakan yang terjadi dan akan selalu terjadi. hanya saja bedanya apa kah akan ketahuan atau tidak. Inget dulu game ps2 banyak yang bajakan, windows bajakan, lagu tinggal download dari waptrick, nonton anime/movie pun masih ada situsnya sekarang kayak Ganool.

Penutup
Jadi gimana, di satu sisi pembajak sangat merugikan para pembuat karya, namun di sisi lain juga menguntungkan bagi para penikmat bajakan, eh. beri pendapat gansis yah.
emoticon-Sundul

emineminna
EriksaRizkiM
BrickLesnar
BrickLesnar dan 18 lainnya memberi reputasi
17
4K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan