Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

redaksibenua370Avatar border
TS
redaksibenua370
Diduga Ilegal, 1,2 Ton Gula Asal Tawau Malaysia Diamankan Polairud Polda Kaltara
Diduga Ilegal, 1,2 Ton Gula Asal Tawau Malaysia Diamankan Polairud Polda Kaltara
TERTANGKAP : Sebanyak 1,2 ton gula asal Tawau berhasil diamankan Ditpolairud Polda Kaltara, (Foto : Kristianto/BENUANTA)


benuanta.co.id, TARAKAN – Direktorat Polairud Polda Kaltara berhasil mengamankan 1,2 ton gula diduga ilegal asal Tawau, Malaysia di Perairan Sebatik, Kabupaten Nunukan pada Ahad, 10 Oktober 2021.

Pengamanan gula pasir merk Prai sebanyak 25 karung tersebut, dilakukan saat anggota unit Gakkum Ditpolairud Polda Kaltara melakukan penyelidikan di Perairan Tanjung Aru, Kecamatan Sebatik Kabupaten Nunukan pukul 06.30 WITA.

Kepada benuanta.co.id, Kasubdit Gakum Ditpolairud Polda Kaltara, Kompol Zulkarnaen menyampaikan pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap kapal tanpa nama tersebut dengan penumpang sebanyak 2  orang.

"Kami mendapat informasi bahwa Daftar Pencarian Orang (DPO) kita terkait masalah daging dan sosis, sedang mengoperasikan kapal dan akhirnya kami berhasil lakukan pencegatan. Dalam pemeriksaan, kami juga menemukan gula 1,2 ton asal Tawau," terang Kompol Zulkarnaen di Mako Polairud Polda Kaltara, pada Selasa, 12 Oktober 2021.

Keterangannya, dari hasil pemeriksaan bahwa kapal tanpa nama itu berlayar dari Sebatik Kabupaten Nunukan menuju Tengku Dacing, Kecamatan Tana Lia, Kabupaten Tana Tidung.
 
Selanjutnya pelaku beserta barang bukti diamankan di Mako Ditpolairud Polda Kaltara untuk pemeriksaan lebih lanjut Disampaikannya, DPO selama 2 bulan tersebut berinisial MH alias botak akan disangkakan dengan perkara lama sebagai DPO dan pasal 142 Jo 91 ayat 1 UU Nomor 18 Tahun 2021 dengan ancaman pidana maksimal 6 tahun.

"Kami akan lakukan pengembangan selanjutnya mengenai kasus ini. Seharusnya kegiatan-kegiatan yang mendatangkan barang dari luar harus sesuai dengan ketentuan," tambahnya.

"Seperti gula, itu kan sudah ada dari Bulog. Dalam ketentuan pun barang yang datang dari luar harus melalui Bea Cukai dan Karantina," tutupnya. (*)


Reporter : Kristianto Triwibowo

https://benuanta.co.id/index.php/202...3603/14/58/48/

0
437
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan