qoni77Avatar border
TS
qoni77
Hanya Segelintir Orang yang Mau Melakukannya, Padahal Seru Banget!


Pagi Gansist! Masih semangat buat berburu hari ini?


Ngomong-ngomong soal berburu, ada nih aktivitas yang jarang banget dilakukan oleh orang-orang pada zaman sekarang. Apakah itu?


Nice! Jawabannya adalah berburu belalang.


Belalang adalah serangga yang bahkan bangkainya halal lho Gansist. Dalam kitab suci tsamawi misalnya, "Telah Aku halalkan bagimu 2 bangkai. Yaitu belalang dan ikan."



Nah kalau dah halal kan rasanya aman gitu. Apalagi rasa daging belalang ini gurih dan enak lho. Apa Gansist sudah pernah memakannya? Atau malah baru tahu kalau belalang itu boleh dimakan?



Belalang itu terdapat beberapa jenis. Namun yang kerap dikonsumsi adalah belalang kayu. Hal ini karena mudah menangkapnya saja ya Gansist. Belalang memang mengandung protein yang sangat tinggi, selain itu hewan yang berapas dengan trakea ini juga kaya mineral dan vitamin, sehingga mengkonsumsi belalang sangat direkomendasikan untuk menunjang gizi seseorang.





Apa gunanya menangkap belalang?

1. Belalang bisa diolah menjadi snack atau makanan ringan

2. Belalang bisa juga diolah menjadi sate

3. Belalang bahkan bisa dijadikan obat herbal untuk untuk alternatif menyembuhkan berbagai macam penyakit lho Gansist.



Belalang sendiri memiliki tiga bagian utama yaitu ; kepala, dada atau thorax, dan perut atau abdomen. Contohnya seperti yang terdapat pada belalang kayu yang memiliki ; 6 kaki yang bersendi, dua pasang sayap, dan sepasang antena. Pada belalang ukuran kaki depan dan belakang berbeda. Hal ini di mana pada kaki bagian belakang yang berukuran lebih panjang digunakan oleh belalang untuk melompat dengan jauh dan tinggi. Sedangkan kaki bagian depan yang cenderung pendek digunakan untuk berjalan.






Biasanya saat mengolah belalang beberapa orang memotong kakinya ya Gansist, namun berapa yang lain tidak sama sekali. Bahkan menggorengnya hingga bertekstur sangat kering atau keripik hingga dimakan rasanya kres-kresss.




Dalam berburu atau menangkap belalang perlu diperhatikan bahwa belalang memiliki pendengaran yang sangat tajam, meskipun belalang konon tidak memiliki telinga.



Lalu belalang mendengar memakai apa?

Alat pendengaran belalang terletak pada bagian perutnya yang bernama typnpanum, tepatnya dekat pada bagian sayap. Selanjutnya di dalam typnpanum terdapat prosesor yang memiliki saraf untuk memantau getaran dari udara.

Nah para pemburu belalang biasanya punya cara khusus untuk menangkap mereka! Ada yang memasang pulut atau getah, ada yang berburu dengan sangat lihai sambil mengatur napas atau bahkan menahan napas, ada juga yang menggunakan alat khusus. Wah, seru sekali, kan?



Biasanya belalang betina dewasa memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan belalang lelaki dewasa lhp Gansist. Kemudian apa Gansist tertarik untuk turut berburu belalang?








Ditulis oleh @qoni77
Sumber referensi lain
Sumber gambar 1, 2, 3
catros
makola
garpupatah
garpupatah dan 27 lainnya memberi reputasi
28
7.3K
114
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan