iwasreallydumbAvatar border
TS
iwasreallydumb
Apa yang harus ane lakuin? 26 yo male problem
Halo agan-agan, maaf ane pakai akun newbie. Akun asli kaskus ane pakai nama asli soalnya.

Ane mau cerita gan, ane seorang cowok umur 26th. Saat ini bekerja dengan salary 4jt per bulan. Ane punya problem gan, jadi orang tua ane cerai dan ane paling tua dengan 3 adik dan 1 orang ibu yang harus dinafkahi.
Dengan salary segitu, ane bisa aja nafkahi mereka, tapi ibu ane punya hutang kurang lebih 150jt (bank dan rentenir). Karena kejadian perhutangan ini sudah terjadi ane hanya fokus ke cara menyelesaikannya saja.

Ane punya tabungan syukur tapi nggak banyak, ane bisa aja bayarin hutang yang ibu ane pinjam tapi nanti ane tidak punya tabungan darurat karena ane bisa saja kehilangan pekerjaan (yang semoga saja tidak).

Setiap bulan gaji ane sisihkan 50% untuk ibu ane karena nggak tega, ane bisa aja 80%/100% ane sisihkan, tapi tempat kerja ane lumayan jauh dan ane butuh ongkos, makan dan pingin nabung juga intinya.

Kira-kira, lebih baik ane bayarin hutang si rentenir itu dengan tabungan ane dengan harapan bisa mengurangi beban selain ke bank, atau ane simpan tabungan ane untuk kebutuhan ane nanti (ane juga pingin beli hp, beliin hp ibu juga karena sama-sama jadul dan rusak (sony xperia compact x & redmi 4x), atau untuk investasi lain seperti laptop, ane kerja pake laptop 1jtan (lenovo x131e intel celeron)).

Bagusnya gimana ya gan, bingung ane gan dengan umur segini ane juga kadang iri sama orang lain yang punya kehidupan normal, meskipun banyak yang lebih menderita dari ane, tapi hutang ini mencekik sekali, ane nggak bebas dan tidak ada sesuatu baru yang bisa ane dapetin dari hasil kerja ane.

Ane kerja wfh 3 bulan ini sehingga ane bisa nabung dengan amount yang nggak biasanya, tapi akhir-akhir ini perusahaan menyarankan wfo dan pastinya keluar ongkos. Ane kerja di bidang IT, nggak terlalu brilian tapi ane mengerti pemrograman.

Sekian gan, maaf ikut curhat bingung ane gan. Thanks Gan.
juzie.wowwowwow
rakatanaka707
delfatesting260
delfatesting260 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.6K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan