CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Lokasi Balapan Formula E Jakarta Jadi Misteri, Ini Kata Wagub Ariza
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61567843b7459733014478b3/lokasi-balapan-formula-e-jakarta-jadi-misteri-ini-kata-wagub-ariza

Lokasi Balapan Formula E Jakarta Jadi Misteri, Ini Kata Wagub Ariza

Lokasi Balapan Formula E Jakarta Jadi Misteri, Ini Kata Wagub Ariza

Jumat, 1 Oktober 2021 | 07:22 WIB
Oleh :Raden Jihad Akbar, Syaefullah
Lokasi Balapan Formula E Jakarta Jadi Misteri, Ini Kata Wagub Ariza
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ariza Patria

VIVA – Lokasi balapan mobil listrik Formula E pada tahun mendatang masih belum disebutkan secara persis. Tapi, memang informasi sebelumnya bakal di gelar di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta. 

"Tunggu saja waktunya biar Jakpro yang umumkan nanti diumumkan. Pokoknya Jakpro yang umumkan ya persisnya," kata Ahmad Riza Patria di kantornya, dikutip Jumat, 1 Oktober 2021. 
Ia menegaskan, bahwa pelaksanaan balapan mobil Formula E tetap digelar dan tidak akan dibatalkan. Maka dari itu, Ariza meminta kepada masyarakat agar mendoakan kegiatan itu tetap berjalan dengan baik.

"Sejauh ini tidak ada masalah sejauh ini tidak ada kendala. Insya Allah sesuai bulan Juli 2022 kita doakan supaya tidak ada masalah berarti," katanya. 

Dalam kesempatan itu, Wagub  Ariza juga mengatakan, untuk pembayaran komitmen fee itu nantinya tidak mengandalkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi DKI Jakarta melainkan dari pihak swasta. 

Nanti, tugasnya dari PT Jakarta Propertindo sebagai penyelenggara yang akan mencarikan solusi anggaran ke depannya ke pihak sponsor atau swasta. 

"Nanti tugas Jakpro untuk mencari sponsor dukungan tambahan pasti bisa ya," katanya. 

Hingga kini, polemik kegiatan Formula E masih menjadi pembicara sebab ada dua fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi DKI yang mengajukan hak interpelasi Formula E. Mereka, Fraksi PDIP dan Fraksi PSI. 

Namun, 7 fraksi lainnya menolak mengajukan hak interpelasi itu. Bahkan, ketika sidang paripurna Formula E kemarin tidak ada yang hadir satu orang pun.

Sumber:
https://www.viva.co.id/berita/metro/...ta-wagub-ariza

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Masih misteri....

Bola diumpan lambung ke jakpro...

Tar dari jakpro mau diumpan Lambung kemana lagi ?

Lokasi Balapan Formula E Jakarta Jadi Misteri, Ini Kata Wagub Ariza

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 37sanchi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Gelaran balap Formula E di Ibu kota terus menuai kontroversi, makin asyik, lawan dan kawan saling bermanuver.

Pada Rabu, 29 September 2021, atau sehari setelah drama rapat paripurna soal interpelasi Formula E gagal digelar oleh DPRD DKI lantaran tak memenuhi kuorum, anak buah Anies, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik DKI menyebar dokumen yang diberi judul: “Katanya vs Faktanya”, dan diunggah di Situs resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ( ppid.jakarta.go.id )

Total, ada 12 poin pernyataan soal ajang balap Formula E yang dijawab Pemprov DKI.

Akan tetapi, dalam dokumen yang telah diunggah di situs resmi Pemprov DKI Jakarta, 'Faktanya' tidak ada pejabat DKI yang tanda tangan, tidak ada cap SKPD, dan tidak ada juga nama pejabat yang bertanggungjawab.

'Faktanya' sejauh ini, soal sponsor, juga belum disebut siapa saja hingga saat ini. 'Faktanya' sampai dengan saat ini, soal lokasi Formula E juga belum jelas dimana tempatnya. 'Faktanya' studi kelayakan terbaru juga belum ada. 'Faktanya' tiga pabrikan otomotif (Mercedes-Benz, BMW, Audi) tarik diri dari ajang balap mobil listrik, artinya ya sudah ngak menarik.

Anggota DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak menilai, Formula E dibiayai lewat sponsor hanya angan². Dia mengingatkan Pemprov DKI soal UU.

"Biaya 'akan' dibayarkan oleh sponsor bukanlah fakta, tapi angan-angan. Perhitungan akan dilangsungkan hanya 2022-2024 bila atas negosiasi atau MoU baru menyalahi PP 12 2019, dan harus atas persetujuan DPRD. Semua persetujuan internasional harus melalui DPRD sebagaimana ditulis dalam UU 23 2014. Sepertinya ini semua harus dituntut secara hukum agar tahu dan sadar akan hierarki perundang-undangan dimana kepala daerah wajib tahu hierarki perundang-undangan sesuai UU 30 2014. Ini sungguh kesengajaan yang ditunjukkan," kata Gilbert.

Penjelasan dari pihak Pemprov DKI, lewat Diskominfotik sejauh ini masih sebatas imajiner, belum terjadi.

Apakah, Diskominfotik memiliki kompetensi untuk memberi penjelasan soal Formula E ?

Kenapa yang memberi penjelasan bukan pihak Dispora DKI atau JakPro, yang ditunjuk Anies sebagai penyelenggara Formula E Jakarta ?

Kalau memang, Gubernur Anies, ingin memberikan penjelasan secara rinci, secara komprehensif, mau katanya kek, mau faktanya kek, itu sudah ada ruang yang tersedia, di rapat paripurna, sampaikan aja secara terhormat di sidang yang terhormat, jawab aja hak interpelasi yang kemarin digulirkan. Dari situ (paripurna) bisa saling konfirmasi secara detail.

Tapi, dengan adanya rilis oleh Diskominfotik, menandakan bahwa ada kegamangan juga di kalbu Anies.

Seperti perbandingan Bumi dan Langit. Anies pede memberi penjelasan secara gamblang di KPK soal kasus Munjul, tapi giliran Formula E kok seolah dihindari interpelasi, seolah-olah menghindar. Sampai hari ini Anies belum bicara soal Formula E, kita nggak tahu ada apa, malah Ariza yang berani menjawab pertanyaan media dan netizen.

Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio menyebutkan, balap mobil listrik belum terbukti mendatangkan banyak wisatawan seperti balapan lain yang lebih dulu ada: Formula 1 dan MotoGP. Wishnutama menegaskan, pemerintah harus bisa menghitung potensi wisatawan asing yang datang. “Kami perlu mendapat masukan soal Formula E ini,” ujar Wishnutama.

Tak banyak yang tahu bahwa balap mobil listrik Formula E, disokong nama² penting di lingkaran dalam mantan wakil presiden Jusuf Kalla.

Selain Sadikin Aksa, yang merupakan putra Aksa Mahmud, kakak ipar Kalla, ada beberapa pembantu dekat Kalla di tim Anies saat ini. Dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017, keluarga Kalla dan Aksa Mahmud adalah motor pendukung utama Anies Baswedan.

Sejak awal Januari lalu, Husain Abdullah, juru bicara Jusuf Kalla semasa di kantor wakil presiden, didapuk sebagai penasihat panitia Formula E di bidang komunikasi. “Kalau tidak ada krisis, saya tidak akan laku,” kata Husain kepada Tempo di kantor PT Jakarta Propertindo di kawasan Thamrin City pada Kamis, 20 Februari lalu.

Husain mengaku dia diajak masuk tim ini oleh Francis Wanandi, yang kini berperan sebagai Managing Director Formula E di Indonesia. Francis adalah keponakan Sofjan Wanandi, konglomerat yang juga mantan anggota staf khusus Jusuf Kalla di kantor wakil presiden.

Francis punya sedikit rekam jejak dalam penyelenggaraan hajatan internasional. Dia pernah menjadi Ketua Deputi II Bidang Administrasi Pertandingan Indonesian Asian Games Organizing Committee (Inasgoc), penyelenggara Asian Games 2018 di Jakarta.

Francis tak bersedia menjelaskan ihwal keterlibatannya dalam acara Formula E. Dia meminta Tempo bertanya kepada Sadikin Aksa dan FEO. “Silakan tanya ke mereka,” ujar Francis.

Selain itu, penyelenggaraan Formula E di Monas melibatkan Wijayanto Samirin, anggota staf khusus bidang ekonomi dan keuangan Kalla saat menjabat wakil presiden. Wijayanto juga pernah menjadi deputi rektor ketika Anies Baswedan menjabat Rektor Universitas Paramadina.

Ditanyai soal ini, Wijayanto mengakui dia terlibat karena pengalamannya membantu penyelenggaraan Asian Games 2018. “Organising committee yang meminta,” ujarnya.

Eks Direktur Utama PT Jakpro Dwi Wahyu tak menampik info tentang banyaknya orang di lingkaran Jusuf Kalla yang terlibat di Formula E. Namun dia meminta pernyataannya tak dikutip. “Kalau potensinya diperlukan, tidak ada salahnya,” katanya ringan.

Adapun Husain Abdullah memastikan Jusuf Kalla tahu tentang keterlibatan timnya dalam penyelenggaraan Formula E. Menurut Husain, Anies juga berkonsultasi dengan Kalla. "Pesan Pak Kalla kepada Anies adalah ‘kerja yang baik, apa pun pasti ada kritik’," ujar Husain menirukan pernyataan bosnya. "Pasti ada yang setuju ada yang kontra, biasalah.”

Anies mengakui kerap berkomunikasi dengan Kalla meskipun topiknya bukan soal Formula E. “Terakhir, kami berbicara per telepon soal Museum Rasulullah,” kata Anies.

Sejak awal, rencana menggelar Formula E di Jakarta sudah menuai kontroversi. Sebagian politikus Ibu Kota khawatir ajang balap mobil listrik ini hanya akan menjadi panggung politik Anies Baswedan. Salah satunya anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dari Partai Solidaritas Indonesia, Anthony Winza Prabowo. Dia beralasan penyelenggaraan Formula E tidak termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Jakarta.

Anies tak ambil pusing dengan tudingan itu. Menurut dia, anggaran untuk penyelenggaraan Formula E sebesar Rp 1,6 triliun hanya sekitar 2 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Jakarta 2020, yang mencapai Rp 87,95 triliun. Soal tak masuk rencana kerja daerah, Anies membandingkannya dengan pelaksanaan Asian Games 2018, yang juga tak masuk program nasional.

Apakah, penyelenggaraan balapan Formula E bakal mulus sampai garis finis Juni 2022 mendatang ?
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan pilotugal2an541 memberi reputasi
Lokasi Balapan Formula E Jakarta Jadi Misteri, Ini Kata Wagub Ariza


yang punya gagasan gak pernah ngomong , cuma bisa omdo. emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:



Ngarang bebas Luar biasa,

ini bukan nya pemrov Dki Jakarta sedang melakukan penipuan, pembohongan dan pembodohan publik?

Dokument ini juga sudah di bagikan ke media media

Itu Dokument negara dari pemrov Dki Jakarta
, Apa sesungguhnya surat kaleng dari Pemrov Dki jakarta!

Seperti itu kah tata cara penyampain dokument negara / Lembar Dokument Negara(dalam hal ini pemrov dki jakarta) ke publik!

Ohya kelupaan Riza partia wagub dki jakarta ada maju melakukan pembelaan terhadap 12 point pernyataan Formula Eek tersebut mana yah tanda tangan wagub di 12 point pernyataan formula Eek tersebut, anies saja tidak ada tanda tangan nya!


FORMULA Eek

Eek normal manusia warna nya apa? ...

emoticon-Tai emoticon-Tai emoticon-Tai

Kalian sudah tahu sendiri!


Oya Mana Mahasiswa Sampah

Mana tuh BlogPelajarPolitik, Lokataru, ICW

Pada tidak ada suaranya!

emoticon-Tai emoticon-Tai emoticon-Tai


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh daimond25
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kayak beli mistery box di shopee nih, untung2an ya akhi, tapi pohon2 di monas udah keburu ditebang dengan alasan dihamili laskar 212 saat di USG ya akhi emoticon-EEK!

Lokasi Balapan Formula E Jakarta Jadi Misteri, Ini Kata Wagub ArizaLokasi Balapan Formula E Jakarta Jadi Misteri, Ini Kata Wagub Ariza

Lokasi Balapan Formula E Jakarta Jadi Misteri, Ini Kata Wagub Ariza
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 9 lainnya memberi reputasi
suruh berdoa lagi Gan,
dulu waktu banjir jg suruh berdoa, alhamdulilah, sebulan kemudian surut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lokasi Balapan Formula E Jakarta Jadi Misteri, Ini Kata Wagub Ariza
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
lap formula e ada di majalah misteri

coba cek kalo gak percaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
dirut jakpro apa gak pusing ya? 😊
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
mantap,semakin tidak sabar menontonnya
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Kasian sekali ini wagub jadi bemper terus kebagian pertanyaan yang sulit-sulit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
bangun circuit nya 3 bulan selesai . kan di jalanan
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan karlktarn memberi reputasi
Bikin sirkuit di jalanan akan buat macet yang parah karena harus buat struktur jalan yang sesuai dengan standar formula.

Udah di stadion si anus aja balapannya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 54m5u4d183 memberi reputasi
Bunderan hi sampai bunderan senayan saja 50 lap
yang seperti ini bisa dipidana ga si?

pembohongan sampai uang negara juga udah ilang
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 54m5u4d183 memberi reputasi
Masih misteri ternyata 🙄 terus Monas maren napa ditebangin dah, belum lagi tu ada aspal temporer dipakai.
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
bener² harus diperiksa itu jakpro, diaudit, diselidiki aliran dana dan sumbernya dari mana, sponsorship dari mana
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Kalo f1 mah uda diboikot pembalap luh, orang butuh latihan, pake simulator dulu
Ini ecek2 sih, jd ga pada protes, banyak yg balapanya malah 2 x selang sehari.

Balapan one make race, mesin sama sasis sama, jauh banget sama f1 dan motogp
profile-picture
profile-picture
bo.mat dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Balapan mistis
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
bo.mat dan gabener.edan memberi reputasi
Kualitas pemprov dki gitu loh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
54m5u4d183 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di