Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valkyr1Avatar border
TS
valkyr1
PKS Diskakmat, #SaveJanda: Bantu Anak Yatim Pakai Beasiswa, Bukan Poligami Janda!
PKS Diskakmat, #SaveJanda: Bantu Anak Yatim Pakai Beasiswa, Bukan Poligami Janda!

Suara.com - Komunitas #SaveJanda mengecam Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terkait imbauan untuk kade yang mampu melakukan poligami dengan janda. Imbauan itu diketahui dimuat dalam  program solidaritas tiga pihak. 

Komunitas #SaveJanda menganggap imbauan poligami dari PKS telah merendahkan perempuan.

"Program yang secara spesifik mendorong para kader partai tersebut untuk melakukan poligami dengan janda, kami nilai sangat merendahkan perempuan yang berstatus janda," kata Mutiara Proehoeman selaku Founder Komunitas #SaveJanda dalam keterangan tertulis, Kamis (30/9/2021).

Sebagai partai politik, kata Mutiara seharusnya PKS lebih peka terhadap beban berlapis yang dialami perempuan Indonesia berstatua janda akibat stigma negatif terhadap PKS.

Menurut Mutiara, narasi-narasi misoginis seperti imbauan kader untuk berpoligami dengan janda hanya memperburuk stigma tersebut.

Mutiara mengingatkan semua pihak untuk berhenti memposisikan perempuan sebagai objek. Dijelaskan oleh Mutiara bahwa pernikahan bukan merupakan hadiah, apalagi pertolongan bagi perempuan. 

Pernikahan adalah kesepakatan bersama dua insan sebagai subjek, yang didasari oleh kesadaran, cinta dan kasih sayang antara keduanya. 

"Dalih menolong janda dan anak yatim dengan poligami ini kami nilai sebagai sebuah narasi kemunduran yang mengkhianati perjuangan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan," kata Mutiara.

“Kami menyadari bahwa kemiskinan masih menjadi problem bagi banyak perempuan di Indonesia, terlebih janda. Tapi tentu saja solusi bagi kemiskinan dan kesulitan ekonomi perempuan bukanlah poligami," sambungnya.


Ia mengatakan solusi bagi kemiskinan yang dialami oleh perempuan janda adalah program-program pemberdayaan, bantuan modal usaha, pelatihan-pelatihan serta akses terhadap lapangan pekerjaan.

Sementara untuk anak yatim seharusnya dibantu dengan beasiswa atau program orang tua asuh.

"Bukan mempoligami ibunya,” kata Mutiara.


Sehingga dalih PKS mengimbau kader yang mampu poligami dengan janda untuk membantu anak yatim tidak bisa dibenarkan.

https://www.suara.com/news/2021/09/3...poligami-janda

PKS memang juara.. emoticon-Malu (S)

Spoiler for PKS:



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
aloha.duarr
dewars12yo
gagal.jadi.nabi
gagal.jadi.nabi dan 20 lainnya memberi reputasi
21
2.8K
73
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan