KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6152fc22267fbc7da45782ba/komisi-bahtsul-masail-nu-fatwakan-daging-berbasis-sel-haram-dikonsumsi

Komisi Bahtsul Masail NU Fatwakan Daging Berbasis Sel Haram Dikonsumsi

Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 3
Quote:



Truss kafan NU dan MUI ikutan hadits .. menghalalkan bangkai IKAN

emoticon-Recommended Seller

profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Yg menarik daging dr sel itu, bukan pendapat mui yg ga ada gunanya
Ntar bisa bikin ternderloin semua dan jd murah
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Over populasi.
Pun tanaman pangan makin menurun kapasitas produksi akibat perubahan suhu global.

Menurut FAO demikian

emoticon-Cool

profile-picture
nomorelies memberi reputasi
emoticon-Leh Uga
Tempe, tahu, dan oncom juga haram karena terbuat dari kedelai impor hasil mutasi genetik....
emoticon-Betty
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Quote:


Quote:


Quote:


kalo gitu kita ke puncak aja, ada daging halalan toyiban dan bebas sweeping fpi

ingat ... jangan melampaui batas

@wiskey31
@The.Lord.of.Uni
@cepute
@antek.rakyat
@tenglengwotik
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan scorpiolama memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
di adu sama somad kang haram
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Trus proses bayi tabung itu haram kah?
Anaknya jadi anak haram juga?
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Intinya fatwa ini mau bilang "benda ini dulu tidak ada, jadi kami haramkan saja."

_____________

Bukan itu intinya. Tapi asal sel yg dikembangkan itu dari hewan hidup, yang asal hukumnya haram. Muslim dilarang makan bagian tubuh hewan yang masih hidup, karna berpotensi menyakiti hewan, misalnya kambing diambil kakinya sebelah buat dimasak, dan dibiarkan hidup dengan cacat. Itu yg diajarin guru agama di sekolah dulu.

Lain hal kalau sel daging yg dikembangkan dari hewan sembelihan. Masalah halal haram kasih ke yg paham agama aja. Masalah diikutin atau ga nya, terserah masing2 kepala. Wong muslim yg doyan babi aja banyak.
profile-picture
profile-picture
elefana dan nomorelies memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
proses ini sama sekali nggak menyakiti hewan lho. hewan sama sekali nggak merasakan sakit, dan masih bisa terus hidup normal sampai tua.

daging ini dibudidayakan dari stem cell.

stem cell research kan lagi gencar di USA. harapannya di masa depan ilmuwan bisa menumbuhkan sendiri ginjal, hati, jantung di lab, untuk kemudian di transplantasikan ke pasien yang ginjal, hati, atau jantungnya cacat.
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Diubah oleh kampret.strez
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
lebih ke masalah ekonomi aja sih ini kalo ane liat

seandainya benar2 direalisasikan bakal brp bnyk peterrnak yang dirugikan ? belum lagi produsen pakan ternak dan pedagang2 daging.

produksi daging berbasis sel ini lebih ke skala industri dengan teknologi tinggi dibanding padat karya
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pdhl klo masif bisa ngurangin peternakan sapi cs, gas metan jd turun jg.
profile-picture
profile-picture
double.jump dan nomorelies memberi reputasi
hidup kok dibuat sulit semua haram
profile-picture
profile-picture
lonewolf93 dan nomorelies memberi reputasi
Manusia bisa menentukan sesuatu haram atau tidak.
Aneh bin ajaib
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Ora opo-opo, terus kembangkan aja ...

Belum banyak orang menyadari bahwa semakin banyak manusia (dan penginnya dalam kondisi setara pula), maka bahan makanan akan dibutuhkan semakin banyak. Senyampang dari itu, maka kebutuhan pakan hewan ternak juga akan bertambah, dan tentunya akan berdampak pada peluasan lahan bercocok tanam yang dibutuhkan untuk itu. Dimana akan membuat semakin banyak hutan yang akan digunduli karenanya.
Bukan itu saja, kebutuhan akan pupuk akan meningkat. Dimana perlu diwaspadai adanya keterbatasan jumlah unsur/material tertentu yang dipakai sebagai bahan bakunya.
Sebagai misal adalah phospate.
Quote:

Sumber: http://web.mit.edu/12.000/www/m2016/finalwebsite/solutions/phosphorus.html
===> Sekalian mungkin bisa untuk menjawab pertanyaan mengapa pupuk tertentu harganya semakin mahal.

Mungkin saja bisa membuat dari bahan alami, tetapi tidak dalam jumlah yang dibutuhkan. Dimana karenanya, kita juga bakal memerlukan luasan tanah lagi untuk mendapatkannya.


Belum lagi masalah lain yang menyusul dengan penggundulan hutan itu, dimana pandemi akibat virus tertentu .. termasuk dalam daftar kemungkinan.

Quote:

Sumber: https://theconversation.com/how-the-great-phosphorus-shortage-could-leave-us-all-hungry-54432

Semoga daging imitasi itu bisa menjawab masalah ini.
Mengenai masalah pemasaran, kalau harganya tidak terlampau mahal, pasti akan laku.

...
Kalau ada orang yang kemudian tidak percaya perkara kelangkaan mineral tertentu itu, dan kemudian hutan dipakai sebagai bahan argumen ... Hutan khan mendaur ulang secara otomatis-alamiah-mandiri.
profile-picture
profile-picture
double.jump dan nomorelies memberi reputasi
Diubah oleh bingsunyata
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ini daging yg lgi rame di US ya?
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
nah ini bagus ... fatwa yg bener2 uptodate sesuai perkembangan jaman

menurut ane juga bagus alesannya emang daging itu halal syaratnya dari hewan2 tertentu (berkuku belah, memamah biak, tidak bertaring, dst) dan dipotong serta diolah sesuai syariat Islam
lha kalo dari daging yg tiba2 membesar karena rekayasa sel bagaimana cara motongnya? pembuluh darah primernya dimana? jelas tidak masuk kategori tata cara menghasilkan daging halal
lagian ada 1 lagi hukum halal yg jarang didengar yakni tidak menjijikkan - kalo dari daging yg tiba2 membesar tentu menjijikkan

ane jadi inget manga jepang yg bercerita tentang pembiakan hewan dgn rekayasa genetika utk dikonsumsi dagingnya
hewan baru ini diciptakan utk bisa makan sampah2 manusia & menghasilkan daging yg enak dikonsumsi
dan seperti biasanya cerita manga, hewannya jadi lepas kendali & berbalik memburu manusia utk dimakan
wkwkwkwkk
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kita harus selalu merayakan hari raya kurban emoticon-Mad
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Sebenernya kalo kita lihat sekarang, apa yang kita makan merupakan produk dari rekayasa genetika.
Ayam yang bertelor tanpa di buahi, Sapi yang menghasilkan susu walaupun tidak dimasa menyusui, buah yang tidak ada bijinya, beras hasil rekayasa, dlll...

Bisa dibilang tindakan ini juga sudah menyalahi aturan tuhan,
bisa juga di bilang manusia sudah melangkahi aturan tuhan dan bertindak sebagai tuhan dengan merekayasa mahluk hidup demi kepentingan manusia itu sendiri...

Vaksin dan obat-obatan juga..

Kalo dibilang semua mahluk hidup dan yang ada di dunia di ciptakan tuhan, sadar ga sih udah berapa virus yang di ciptakan tuhan beberapa abad terakhir ?
Mungkin tuhan sudah ingin membuat manusia musnah dari bumi,
manusia emang perusak alam, egois dan mementingkan kaumnya sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
InRealLife dan 3 lainnya memberi reputasi
klo kita makan ikan yg ikannya makan daging babi itu ikan halal apa haram?emoticon-Bingung
Gampang nya gini aja, selama masih ada makanan lain ya makan saja, tetapi kalau sudah hanya itu saja ya mao dikata apa..
Halaman 2 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di