Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vireopos18Avatar border
TS
vireopos18
Bagaimana Cara Digital Marketing Resto atau Cafe?
Anda sudah belajar mengapa digital marketing restoran penting. Kini saatnya untuk membicarakan hal yang sifatnya lebih praktikal. Apalagi kalau bukan cara-cara melakukan digital marketing.
Di bagian ini, kami akan tunjukkan pada Anda sembilan cara digital marketing untuk bisnis kuliner. Supaya Anda mudah mempraktikkannya, kami sengaja mengurutkan kesembilan cara ini dari yang paling penting. 
1.     Foto dan Copywriting
Konon, makanan/minuman pertama dicicip lewat mata. Itu mengapa banyak koki profesional sangat terobsesi pada presentasi makanan/minuman yang ia buat. Semakin cantik tampilan sebuah sajian, semakin sajian itu terasa enak di mulut.
Sebagai pemilik resto/cafe, poin inilah yang bisa Anda pakai sebagai bahan marketing. Foto apik dan estetis akan membuat calon konsumen melirik tempat Anda. Apalagi kalau bisa ditambah deskripsi makanan yang detail dan hidup. Sudah pasti, mereka bergegas menuju resto/cafe untuk mencicipi sajian andalan Anda.
Hanya lewat foto dan copywriting, Anda bisa mengarahkan calon pelanggan ke bisnis yang Anda punya. Toh, mau channel marketing apa saja, kedua elemen promosi ini akan selalu bisa Anda temui. Itu mengapa keduanya wajib Anda kuasai.
2.     Foto untuk Bisnis Kuliner
Selain dari promosi mulut ke mulut, orang tak pernah benar-benar tahu rasa makanan/minuman yang Anda jual. Maka dari itu, untuk meyakinkan calon konsumen di zaman Instagram ini, banyak pebisnis kuliner bergantung pada foto produk.
Di bisnis kuliner, foto produk dibilang baik ketika berhasil menunjukkan kelebihan sajiannya. Entah itu dari tampilan, warna, tekstur, sampai cerita di balik makanan itu sendiri.
3.     Buat Website
Website adalah cara efektif untuk menghadirkan online presence dalam jangka panjang. Tak terkecuali bagi restoran dan cafe. Lewat website, Anda bisa tampilkan menu, ambience, dan cerita soal usaha Anda dengan lebih elegan.
Selain demi online presence, website yang sama bisa Anda gunakan sebagai toko online. Lewat website yang sama Anda bisa menjual produk oleh-oleh atau merchandise. Cara ini tentunya akan memperkuat branding usaha Anda.
Contoh halaman depan website sebuah restoran di Perancis. Toh, tak seperti yang banyak orang pikirkan, membuat website sebetulnya bisa dilakukan dengan mudah. Anda hanya butuh domain dan paket hosting web yang sesuai kebutuhan. yang diinginkan lewat tema dan plugin. Tak lupa pula, Anda perlu memasukkan konten-konten yang relevan seperti menu sajian dan foto tempat. 
Jika Anda tak ingin repot dengan hal teknis seputar pembuatan web, Anda juga bisa menyerahkan perkara ini ke jasa pembuatan website. Anda cukup konsultasikan kebutuhan Anda, membayar sesuai dengan budget, dan tunggu maksimal 14 hari supaya website Anda sepenuhnya jadi.
 
Saran saja. Baiknya, Anda membuat website yang sifatnya statis. Dengan begitu, Anda takkan banyak menghabiskan waktu mengotak-atik web. Cuma, tentu saja, Anda perlu punya daftar menu yang ajek.
Selain jenis website, perlu juga untuk mengaktifkan fitur update otomatis di WordPress Niagahoster. Lewat fitur ini, website Anda bisa melakukan update versi, tema, dan plugin WordPress secara otomatis. Hal ini bisa menghemat waktu Anda dalam mengurus website.
4.     Klaim Profil Google Bisnisku
Google Bisnisku membuat kesempatan Anda duduk di halaman teratas Google semakin besar. 
Google Bisnisku memuat berbagai informasi penting seputar bisnis kuliner Anda. Beberapa informasi perlu Anda sediakan. Akan tetapi, ada juga informasi yang diberikan oleh pengunjung atau dikumpulkan oleh Google.
Berikut ini jenis-jenis info yang ditampilkan dalam bentuk snippet dari Google Bisnisku:
-      Alamat dan petunjuk arah;
-      Jam buka;
-      Kontak dan situs web;
-      Pertanyaan dan jawaban seputar resto/cafe;
-      Review pelanggan;
-      Jam favorit berkunjung.
Untuk mendapatkan tampilan bisnis seperti di atas, caranya mudah saja. Anda tinggal mendaftarkan diri ke Google Bisnisku. Berikut langkah-langkahnya:
-      Masuk ke website Google Bisnisku;
-      Tuliskan informasi umum tentang resto/cafe (nama bisnis, alamat, lokasi, dan kategori bisnis);
-      Tuliskan kontak (nomor telepon dan alamat website);
-      Kirim permintaan verifikasi ke Google. Nantinya Anda akan mendapatkan kode verifikasi melalui surat ke alamat bisnis Anda;
-      Lakukan verifikasi.
 
Setelah verifikasi berhasil dilakukan, baru Anda bisa menambahkan informasi yang lebih lengkap. Tepatnya, Anda bisa menambahkan deskripsi, foto, jam operasional, daftar fasilitas, dan menu.
Tampilan dan petunjuk lengkap pendaftaran Google Bisnisku, bisa Anda dapatkan di sini.
5.     Aktifkan Media Sosial
Di Indonesia, media sosial sudah jadi garda terdepan dalam digital marketing. Tak terkecuali dalam hal bisnis kuliner. Itu mengapa mulai banyak resto dan cafe yang mempekerjakan staff khusus untuk mengurus sosial media.
Itu wajar saja sebetulnya. Apalagi rata-rata orang menghabiskan 142 menit setiap hari untuk mengakses media sosial. Kanal ini pula lah yang buru-buru dicek calon pelanggan ketika kepo sebuah resto/cafe. Jadi, tak ada alasan untuk tidak aktif di sosial media. 
Namun, hal yang tampaknya simpel bisa jadi rumit. Urusan membuat konten → upload → balas komentar, bisa jadi sesuatu yang merepotkan. Apalagi dengan tren yang begitu cepat dan kompetitor yang begitu banyak. Peluang Anda untuk mendapatkan perhatian calon pelanggan jadi semakin kecil. 
Supaya Anda bisa menjalankan marketing sosial media dengan lebih efektif, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat dan lakukan:
-      Pilih channel marketing yang sesuai dengan bisnis Anda. Tak semuanya perlu Anda pakai. Sebab semakin banyak channel yang digunakan, semakin banyak tenaga yang dibutuhkan untuk mengurusnya. Beberapa resto memilih Instagram saja tetapi franchise fast food biasanya juga menggunakan Twitter;
-      Lakukan riset dengan memperhatikan konten-konten populer di media sosial. Anda juga bisa perhatikan strategi marketing yang sudah dilakukan kompetitor;
-      Tulis ide-ide konten yang bisa diterapkan. Bagi ide tersebut ke dalam kategori waktu (jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang) serta tingkat kesulitan eksekusinya;
-      Buat konten dan unggah secara konsisten. Semakin sering Anda mengunggah post di sosial media, semakin tinggi statistik media sosial bisnis Anda;
-      Jadilah aktif di media sosial. Ketika tak sempat membuat konten baru, Anda bisa melemparkan pertanyaan atau berinteraksi dengan sesama pengguna medsos. Seperti yang dilakukan oleh Wendy’s di akun Twitter-nya. Cara ini bisa membuat Anda lebih dekat dengan pelanggan;
-      Buat kompetisi atau social media challenge meningkatkan interaksi sosmed bisnis Anda.
-      Pasang iklan di sosmed untuk memperluas jangkauan audiens. Manfaatkan fitur iklan seperti di Instagram Ads.
Anda juga bisa baca artikel Memaksimalkan Media Sosial untuk Bisnis Online, untuk dapatkan insight kelola media sosial lewat teknik bulls eye.
6.     Iklankan Resto/Cafe lewat Facebook Ads
Kalau memperluas jangkauan audiens merupakan prioritas Anda, jangan lewatkan beriklan di Facebook Ads. Platform iklan dari Facebook ini menawarkan cara berpromosi secara canggih.
Bagaimana maksudnya?
Lewat Facebook, Anda bisa beriklan dengan menargetkan target pasar yang spesifik. Anda bisa menyetel variabel iklan dari usia, jenis kelamin, lokasi, hingga pengguna dengan minat tertentu.
 
Adanya fitur ini membuat upaya promosi Anda berjalan lebih tepat sasaran. Sebab, hanya target audiens resto/cafe Anda yang bisa melihat iklan di Facebook. Anda tak perlu beriklan untuk target audiens yang bahkan tak tertarik dengan segmen bisnis Anda.
Facebook Ads juga dilengkapi dengan fitur remarketing. Ini membuat iklan yang Anda pasang tidak hanya tampil di halaman Facebook, melainkan juga di website-website yang bekerja sama dengan Facebook. 
Remarketing memperpanjang durasi tampilnya iklan. Walaupun kesannya target seperti “menghantui” target dengan iklan, cara ini justru bisa meningkatkan brand awarenessCalon pelanggan bisa dengan mudah mengingat nama resto/cafe. 
7.     Pakai Google Ads
Google Ads ialah opsi ampuh lain untuk menduduki halaman teratas Google. Bahkan lebih atas daripada snippet hasil pencarian tempat di Google. Jadi, bisa dibilang, fitur ini membantu resto/cafe Anda menempati bagian strategis dari halaman pencarian.
Di Indonesia, penggunaan paid search untuk resto atau cafe belum banyak dilakukan. Namun, itu justru jadi alasan tepat untuk menjajal Google Ads. Apalagi kalau Anda memiliki segmen bisnis unik, kompetitor yang kuat, atau baru awal-awal memulai bisnis kuliner.
Tanpa berbasa-basi lagi, inilah cara mendaftar dan memakai Google Ads:
-      Buka halaman Google Ads;
-      Buat akun baru khusus untuk Google Ads. Anda tentu saja bisa menggunakan akun email pribadi untuk keperluan ini. Hanya saja kami tak terlalu merekomendasikannya;
-      Pilih tujuan iklan (telepon bisnis, kunjungi toko, atau akses website);
-      Pilih jangkauan lokasi untuk iklan;
-      Pilih kategori bisnis untuk menentukan target audiens secara tepat;
-      Tulis copy untuk iklan. Google membatasi panjang judul hanya 30 karakter dan isi iklan hanya 80 karakter;
-      Tambahkan foto (opsional);
-      Tentukan budget iklan;
-      Pilih metode pembayaran dan bayar.
Ketika Anda menjadikan Google Ads sebagai salah satu strategi digital marketing, penting pula untuk mempelajari Google Quality Score. Nilai kualitas iklan yang dikeluarkan Google ini akan sangat berpengaruh ke nominal biaya yang Anda keluarkan. Begitu juga dengan tingkat kesuksesan iklan dan konversi pengunjung.
Untuk meningkatkan Google Quality Score, Anda perlu memerhatikan tiga aspek. Pertama, kesesuaian iklan dengan landing page. Kedua, perkiraan click-through-ratio. Lalu, ketiga, kesesuaian keyword untuk paid search.
Apabilah dalam segi promosi sudah baik pasti akan banyak pelanggan yang datang, hal tersebut bisa menjadi boomerang bagi kita apabila kita tidak bisa mengatasinya dari sisi kasir, pelayanan dan kitchen. Oleh sebab itu kita membutuhkan sebuah aplikasi Kasir Online. VIREO POS adalah aplikasi kasir online yang mempunyai fitur yang canggih yang dapat membantu anda dalam memantau usaha dan bisnis anda. Mau tanya - tanya lebih jauh lagi tentang manfaat dan VIREO POS bisa langsung Whatsapp aja ke +62 811887088. Oh iya, kamu juga bisa nikmati kesempatan untuk Coba 𝐆𝐑𝐀𝐓𝐈𝐒 𝐬𝐞𝐥𝐚𝐦𝐚 𝟑𝟎 𝐡𝐚𝐫𝐢 Aplikasi VIREO POS. Langsung download aja di Google Play
 
Sumber: https://www.niagahoster.co.id/blog/digital-marketing-untuk-bisnis-kuliner/


0
1.1K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan