kopibangalayAvatar border
TS
kopibangalay
7 BAHAN MAKANAN YANG BISA MENJADI CAMPURAN KOPI


Banyak cara dalam menikmati kopi. Salah satunya adalah menambahkan berbagai bahan makanan lain yang ‘dipercaya’ menambah nikmat pada setiap tegukannya.

Selain cara penyajian yang berbeda-beda, ternyata kopi bisa dinikmati dengan banyak bahan makanan lain. Jika lazimnya kopi dinikmati dengan gula, krim atau susu, di belahan dunia lain kopi ternyata bisa dinikmati dengan bahan makanan lain yang mungkin tak terpikir oleh peminum kopi Indonesia. Jangan tanya bagaimana rasanya. Orang-orang yang menikmati kopi dengan beragam campuran tentu suka dengan sensasinya. Nah, mau tahu bahan makanan apa saja yang ternyata bisa menjadi campuran kopi? Silakan simak tulisan di bawah ini.

Kayu Manis

Jika selama ini kayu manis hanya sebagai garnish pelengkap di permukaan cappuccino atau café latte kamu, maka cobalah mencampurkan bubuk kayu manis ke dalam kopimu. Kayu manis dipercaya mampu menggantikan fungsi gula dan krim. Selain itu kayu manis juga mengandung kalori lebih sedikit sehingga baik untuk kamu yang sedang diet dan ingin menambah sistem kekebalan tubuh. Sedangkan soal rasa ternyata tak kalah nikmat dari kopi yang dicampur gula, kawan.

Kapulaga

Jika kapulaga biasanya digunakan dalam bahan makanan seperti gulai, ternyata di Timur Tengah bumbu ini dicampurkan ke dalam kopi. Mereka menikmati kopi yang dicampur kapulaga karena percaya bahwa rempah yang satu ini dipercaya mampu menetralisir efek dari kafein. Masukkan sedikit bubuk kapulaga sebelum kamu menggiling kopi. Lalu seduh kopi berkapulaga ini seperti biasa. Menarik ya.

Garam

Beberapa orang gemar memasukkan sedikit garam ke dalam kopi mereka untuk mengurangi rasa pahit terhadap kopi. Jika kopimu sudah tak pahit, tidak disarankan menambah garam ke dalamnya. Selain itu, garam juga dinilai menambah kenikmatan ke dalam kopi dingin. Terdengar kurang familiar memang. Tapi itulah kenyataannya, si asin ini justru bisa menjadi ‘teman baik’ kopi nikmat kamu.

Liquor

Menambahkan minuman alkohol ke dalam kopi bukanlah sesuatu yang baru. Tradisi ini telah berlangsung sejak dulu di Irlandia, Swedia, Rusia dan beberapa negara di Eropa lainnya. Alkohol dipercaya menambah kenikmatan pada rasa kopi. Dan hal ini yang menjadikannya minuman tradisional yang tetap digemari hingga saat ini.

Vanila

Jika kamu penggemar kopi dengan rasa yang manis, jangan melulu bergantung pada krim dan gula. Tambahkan beberapa tetes ekstrak vanila pada kopi kamu dan rasakan sensasi berbeda menikmati kopi. Oh iya, selain ekstrak vanila kamu juga bisa mencoba ekstrak almond yang tak kalah nikmatnya.

Santan

Ingin menikmati cappuccino atau café latte dalam versi non-dairy? Kenapa tak mencoba mencampurkan kopi dengan santan kelapa? Mungkin pada awalnya rasanya agak sedikit janggal. Tapi tak ada salahnya menikmati kopi santan dengan sedikit ekstrak vanila. Di beberapa negara, peminum kopi yang alergi terhadap dairy product menikmati kopi dengan mencampurkan santan ke dalamnya.

Telur

Mencampur telur mentah dengan kopi adalah hal yang tak terbayangkan sebelumnya. Tapi inilah yang dilakukan para peminum kopi yang berada di negara-negara Nordik dan Skandinavia. Mereka menikmati kopi dengan campuran telur mentah yang rasanya (katanya) enak. Well, kamu berani mencoba?
tata604
isu152
isu152 dan tata604 memberi reputasi
2
1.5K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan