CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61449ae5c42c0d4bb53b65da/kenapa-afghanistan-sering-berkonflik-sejak-zaman-kuno

Kenapa Afghanistan Sering Berkonflik Sejak Zaman Kuno?

Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 3
kalau gak gara2 Agama, apa lagi ? emoticon-Hammer
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
menggunakan kata "sering berkonflik" jadi kurang pas. standar sering itu apa? setiap 10 taun? 20 taun? 50 taun? apakah konflik tidak pernah usai, berkelanjutan, atau gimana? meskipun saya cukup sepakat dengan kesimpulan TS tapi argumen yang dibangun tidak menjelaskan kesimpulan. karena jarak antar konflik yang lama, hanya pada masa modern saja instabilitas di afghanistan terlihat makin sering.

gue mau bantu TS sedikit untuk menjelaskan kenapa wilayah afghanistan menjadi rebutan bangsa-bangsa besar masa lalu dan kenapa afghan memiliki posisi krusial sebagai crossroad.
coba liat topografi afghanistan berikut yang bisa kita lihat dari google maps

Spoiler for Peta Afghan:


afghanistan memberikan akses lebih mudah bagi logistik kerajaan masa lalu menuju ke Asia Tengah dan ke India. coba liat garis merah di peta yang gue upload itu. selain lewat situ kalo mau perang itu kerajaan dulu harus lewat gunung-gunung yang tentu lebih sulit bagi prajurit maupun kuda-kuda. bahkan kendaraan sekalipun.
dengan menguasai wilayah afghanistan maka kerajaan masa lalu akan memiliki benteng alami yang sulit ditembus oleh musuh. akses keluar masuk wilayahnya akan lebih mudah dicek karena tidak ada jalan lain yang lebih aman. inilah alasan afghanistan menjadi rebutan kerajaan masa lalu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Dari awal udh banyak konflik ya
alasannya : afganistan itu sebenarnya miskin sda tapi secara geopolitik sangat strategis ssbagai penghubung banyak kebudayaan dan bangsa besar di sekitarnya, makanya kemarin amrik invasi biar bisa mencuri dengar info dari negara saingannya cina rusia dan iran yang semua adalah tetangga afganistan, bahkan cina berkepentingan memasukkan afganistan ke dalam proyek BRI OBOR karena memang dari dulu wilayahnya juga masuk dalam jalur sutra kuno ( ancient silk road )
profile-picture
kronggahan memberi reputasi
Diubah oleh jerrystreamer1
Tulisan yg mantappp...
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
Ladang opium yg menggiurkan
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa mereka bisa diinvasi berkali-kaliemoticon-Bingung
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
Enak dibaca dari atas
Sampe bawah gw tepok jidat
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
Bukan untuk tempat tinggal yang pasti karena daerah pegunungan, tapi letaknya strategis buat jalur dagang......emoticon-Ngacir
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
itu bisa juga dikatakan tanah terkutuk, masyarakatnya menikmati masa bener bener damai terlama pada masa dipimpin raja zahir shah kalo ga salah, 70 taon idup damai, tapi ketika rajanye mangkat perang sesama landlord lagi ga berkesudahan, orang yang berkoar2 tentang pendukungan taliban gw yakin kaga ngerti apa2 tentang negara ini kwkwkw emang masyarakat negara berkembang cuma latahan doank
profile-picture
jazzcoustic memberi reputasi
Mungkin tjahya asia yg bisa menaklukkan mereka
Teknik berlari dibawah tanah unggul di medan seperti apapun
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
Klo ane jd alexander mending invasi uzbekistan... Buat nambahin selir2..
Itu sudah di atur gan vroh. Agendanya adalah peta konflik
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
Wilayah Afganistan Deket India Persia Mesir Yunani doyan perang rebutan wilayah.
Negara yg awet kekaisaran Jepang seumuran kekaisaran Romawi.perang antar sesama orang Jepang.hampir diserbu Mongolia kalah dgn badai laut
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
Diubah oleh meimeiput
Kalo di Indonesia kebanyakan IGO
profile-picture
profile-picture
jiresh dan jerrystreamer1 memberi reputasi
sederhana, daerahnya miskin sumber daya. Air, pangan dll harus berebut. Daerah seperti ini cenderung fanatisme sukunya tinggi. Kenapa tinggi? karena suku adalah insting berkelompok untuk bisa survive merebut/mempertahankan sumber daya yang mereka butuhkan. jadi ribut2 dan konflik udah mengalir dalam dna.

Bandingkan dengan daerah yang cenderung dimanjakan alam karena air, pangan gampang. Masyarakatnya cenderung kompromistis. Kalaopun konflik, lebih tertutup dan banyak intrik.

Apesnya lagi, lokasi Afghanistan ada di tengah2 jalur sutra, diantara peradaban besar dunia, jadi sifat "kesukuan" ini termasuk konfliknya cenderung dimanfaatkan pihak luar untuk kepentingan pihak luar tersebut. Dari jaman Alexander the Great, Mongol, Ottoman sampe Al-qaeda, Amerika, Soviet, semua memanfaatkan konflik suku2 itu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jazzcoustic dan 2 lainnya memberi reputasi
Zaman sekarang gak di manapun, konflik diciptakan utk jualan senjata.
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
Dopost
Diubah oleh bintanghu
Karena mereka mau kaya Jaman pubra. Pakaian bakal di lepas (pada naked semua) terus bahasanya cuman uga2 uh uh uh ah ah kaya monyet. Berantempun nanti juga kaya monyet lempar pisang sama cakar2an doank.

Edit : Ada yg bata ane ciee ada yg ngerasa nie yee... emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
jazzcoustic dan jerrystreamer1 memberi reputasi
Diubah oleh wolfzmus
Mirip korea ya.....

Sama sama konflik pula satu rumpun...
profile-picture
profile-picture
wolfzmus dan jerrystreamer1 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 2 dari 3


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di