TeknoLagiAvatar border
TS
TeknoLagi
Contoh dan Langkah Membuat Surat Ijin Kerja yang Betul

Surat ijin kerja ialah surat buat kamu yang ada halangan kerja, sebagai bahan pemikiran untuk mendapatkan ijin. Surat ini dibikin oleh karyawan yang hendak dikatakan ke atasan atau HRD. Surat ijin kerja seharusnya dibikin sekian hari saat sebelum diberi.
 
Untuk membikin surat ijin kerja yang betul, turuti panduan dan contoh dari CariGaji.com tentang  surat ijin kerja komplet langkah membuat berikut ini, ya!
Susunan surat ijin kerja
 
1. Tanggal Penulisan
 
Hal pertama kali yang harus tercantum dalam surat ijin kerja ialah tanggal penulisannya. Tanggal ini diperuntukkan supaya atasan ketahui dengan jelas kapan kamu mulai ijin tidak untuk masuk kerja.
 
2. Yang menerima
 
Sesudah tanggal, sisi atas surat harus berisi info yang menerima surat ijin kerja itu. Janganlah lupa untuk selipkan kalimat "Ke yth." atau "Ke yang terhormat" saat sebelum nama atasanmu, ya.
 
3. Data Diri
 
Sertakan data diri dengan jelas yang memberikan statusmu di perusahaan. Misalkan memberikan nama, kedudukan, seksi, nomor kepegawaian dan alamat.
 
4. Argumen Tidak Masuk Kerja
 
Seterusnya, tulis alasanmu tidak masuk kerja dengan jelas dan gampang dipahami oleh atasan. Misalkan ada masalah keluarga yang menekan, sakit, cuti menikah, atau beberapa hal yang lain. Bila minta ijin karena sakit, kamu harus menyertakan surat dokter sebagai document simpatisan.
 
5. Lama Ijin
 
Tidak lupa sertakan juga berapakah lama kamu ijin tidak untuk masuk kerja. Info ini harus supaya atasan dapat ketahui secara jelas kapan kamu akan masuk kerja kembali. Bila ada tugas yang tidak dapat diundur, karena itu atasan umumnya akan memberikan tugasmu ke karyawan yang lain.
 
6. Perkataan Terima Kasih
 
Pada bagian akhir surat, janganlah lupa memberikan perkataan terima kasih pada pihak yang berkaitan. Sisi ini penting sebagai wujud kesopanan dan jaga keserasian jalinan pada tempat kerja.
 
1. Surat ijin sakit
 
Bandung, 10 Agustus 2020
 
Ke yang terhormat
 
Pimpinan ……
 
PT. ……
 
Bandung
 
Dengan hormat,
 
yang bertanda tangan berikut ini:
 
Nama Komplet : ……
 
Alamat : ……
 
Kedudukan : ……
 
Seksi : ……
 
Meminta ijin tidak untuk dapat masuk kerja di tanggal 10 Agustus 2020 karena keadaan kesehatan yang buruk. Saya meminta ke Bapak/Ibu untuk sudi memberinya ijin tidak masuk kerja di hari ini.
 
Jika keesokan hari keadaan kesehatan saya belum lebih baik, saya akan menyertakan surat info hasil pengecekan dokter dan akan saya berikan saat mulai masuk kembali lagi ke kantor.
 
Begitu surat permintaan ijin tidak masuk kerja ini saya berikan, atas perhatiannya saya berterima kasih.
 
Hormat saya,
 
(…….)

2. Surat ijin kerja masalah keluarga
 
Yogyakarta, 4 Januari 2018
 
Hal : Permintaan Ijin Tidak Masuk Kerja
 
Yang terhormat,
 
Kepala Sisi Personalia
 
PT.....
 
Jalan...... Yogyakarta
 
Saya yang bertanda tangan berikut ini :
 
Nama Komplet :
 
Alamat :
 
Kedudukan :
 
Sama ini saya memberitahu jika di hari Selasa, 4 Januari 2018 saya tidak dapat masuk untuk bekerja seperti umumnya karena ada kebutuhan keluarga yang paling menekan. Berkenaan dengan hal itu, saya berniat untuk meminta ijin tidak untuk masuk kerja di tanggal itu.
 
Begitu surat ijin saya berikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya berterima kasih.
 
Hormat saya,
 
.......................

3. Surat ijin kerja untuk PNS
 
Wonosari, 3 September 2017
 
Hal : Permintaan Ijin Tidak Masuk Kerja
 
Tambahan : 1 Helai
 
Yang terhormat,
 
Kepala Dinas Kebudayaan Gunung Kidul
 
Di Tempat
 
Saya yang bertanda tangan berikut ini :
 
Nama Komplet :
 
N I P :
 
Pangkat/Gol.Ruangan :
 
Kedudukan :
 
Alamat :
 
Sama ini saya memberitahu jika di hari Senin, 3 September 2017 sampai Selasa, 4 September 2017 saya tidak dapat masuk untuk bekerja seperti umumnya karena sakit dan diwajibkan istirahat oleh dokter sepanjang 2 (dua) hari. Berkenaan dengan hal itu, saya berniat untuk meminta ijin tidak untuk masuk kerja di hari yang telah disebut sebelumnya. Saya menyertakan surat info sakit dari dokter.
 
Begitu surat ijin saya berikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya berterima kasih.
 
Hormat saya,
 
.......................
 
Itu contoh surat ijin kerja dan langkah membuat yang betul. Janganlah sampai salah, ya.


0
527
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan