Setiap seri Final Fantasy memiliki sistem battle yang unik. Bahkan dengan kemampuan konsol NES yang terbatas pada saat itu, Square bisa membuat 3 seri Final Fantasy dengan mekanisme battle dan pengembangan karakter yang berbeda. Tentu bukan hal yang aneh jika pada konsol-konsol yang lebih hebat, maka seri Final Fantasy-nya akan memiliki mekanisme battle yang semakin kreatif. Jika pada awalnya pilihan serangan terbagi menjadi attack dan magic, maka dengan semakin kayanya job di Final Fantasy semakin banyak pula jenis serangan yang bisa digunakan (seperti summon, steal, bahkan eat). Semakin bervariasinya musuh, maka semakin dituntut pula para gamer memikirkan kombinasi serangan yang diperlukan untuk mengalahkan setiap musuh-musuh yang ada. Namun, dari banyaknya mekanisme battle di setiap seri, terdapat beberapa Final Fantasy yang mekanisme battlenya cenderung otomatis dibandingkan seri lainnya. Maksud saya otomatis di sini adalah terdapat beberapa seri yang sebagian besar battlenya memiliki pola yang itu-itu saja. Tombol-tombolnya ya itu-itu saja. Bahkan ada Final Fantasy yang bisa dikatakan cuma mengandalkan satu tombol saja untuk sebagian besar battlenya. Final Fantasy apa saja itu? Ini lah seri Final Fantasy dengan battle paling otomatis versi saya.
Sebenarnya, ini seri yang kalau kita pusing dengan tutorial pengembangan karakternya (junction system), ya udah lah attack-attack aja terus di setiap battle. Kalau sekarat juga bakal ada pilihan special attack buat menyerang musuh atau menyembuhkan party. Tapi beneran deh, yang ini bakalan bikin waktu buat ngalahin boss lama banget. Gak asik juga kalau main game RPG gak ngerasain karakter kita OP dibandingkan musuh-musuh yang ada, ya kan?
Karena itu luangkanlah waktu untuk menggunakan Junction System. Kita akan menyadari bahwa Final Fantasy VIII dapat membuat karakter kita kuat lebih cepat dari seri-seri lainnya. Bahkan sebelum melawan boss pertama Ifrit, kita bisa membuat karakter kita menjadi sangat kuat dengan Junction system. Junction system ini lah yang akan membuat pola battle di Final Fantasy VIII bisa diselesaikan dengan pola yang itu itu saja (cenderung otomatis).
Dengan memasang GF, maka akan terdapat atribut yang bisa diisi magic. Awalnya mungkin hanya satu dua atribut yang bisa dipasang magic (misalnya hanya STR atau HP). Tapi dengan membuat GF mempelajari satu demi satu ability baru, maka atribut lainnya akan bisa dipasang magic juga nantinya.
2. Draw berbagai Magic sampai penuh setiap Battle https://www.youtube.com/watch?v=aPpXD6X825Y
Kalau seri-seri lain umumnya membutuhkan battle yang banyak agar naik level dan makin kuat, Final Fantasy VIII bisa memperkuat karakter lebih cepat dengan jumlah battle yang lebih sedikit. Kuncinya adalah sabar untuk mendraw magic dari setiap musuh sampai penuh sehingga koleksi magic setiap karakter lengkap dan maksimal (ini bisa dilakukan hanya dengan 1 battle melawan musuh yang memiliki magic terkait). Ini pula tantangan di Final Fantasy VIII untuk menikmati fitur otomatisnya, yaitu mengumpulkan magic sebanyak-banyaknya dan sekuat-kuatnya. Untunglah ada banyak cara untuk mengumpulkan magic selain terus-terusan draw magic musuh seperti draw magic di map, konversi magic lama ke magic yang lebih kuat, atau mengubah kumpulan item/kartu menjadi magic yang diinginkan.
3. Kembali ke Junction Menu dan Auto Equip Magic https://www.almarsguides.com/retro/walkthroughs/PS1/Games/FinalFantasyVIII/Misc/JunctionsGuide/
Gambar di atas hanya contoh temen-temen. Gak harus level 100 kok untuk nikmatin Final Fantasy VIII.
Kalau bingung atribut apa bagusnya dipasang magic apa, ya pilih saja Auto. Komputer akan memilih secara otomaits pasangan atribut dan magic terbaik sesuai dengan persediaan yang kita miliki. Bisa dibilang ini pengganti equipment lah di Final Fantasy VIII. Sekarang kita siap menikmati karakter yang kuat dan battle yang simple.
--- Fase Otomatis ---
1. Attack terus di setiap battle https://www.youtube.com/watch?v=aPpXD6X825Y
Jangan pakai magic karena beresiko memperlemah karakter. Tak perlu menggunakan draw kalau stock magic sudah maksimal. Hanya sedikit battle yang perlu menggunakan item (misalnya ingin cepat membunuh boss undead dengan phoenix down).
2. Kalau sekarat, gunakan Special Attack (Limit Break) yang muncul di samping pilihan Attack biasa. https://www.youtube.com/watch?v=av6Z8zIx5LI
Hajar musuh dengan Renzokuken dan siapkan Selphie untuk Full Cure jika musuh belum mati. Tiada Selphie, White Wind Quistis maupun Angelo Recovery Rinoa juga oke. Yup, jarang sekali ada battle di Final Fantasy VIII yang memaksa kita menggunakan command lain selain attack jika hanya untuk menang.
Ini kenapa saya katakan Final Fantasy VIII termasuk seri yang battlenya cenderung otomatis. Polanya ya itu-itu saja. Berbeda dengan mayoritas seri lainnya yang harus bergantian mengkombinasikan attack, magic, atau command lainnya di setiap battle.
Juara II Paling Otomatis: Final Fantasy XIII "Auto Learn dan Auto Battle"
Ketika ada yang menganggap Final Fantasy XIII membosankan, saya justru menganggap Final Fantasy XIII brilian. Karakter kita bisa mempelajari sendiri kondisi setiap musuh hanya dengan menyerang mereka terus menerus. Auto battle nya selalu memilih jenis serangan terbaik sesuai kondisi musuh dan job yang sedang digunakan setiap karakter. Ini membuat skill Scan hampir tidak perlu digunakan jika hanya untuk mengetahui kelemahan musuh. Luar Biasa. Belum lagi, kita bisa berganti-ganti job dengan cepat dalam 1 battle tanpa harus pusing job ini nanti ngapain dan job itu nanti ngapain. Cukup ganti job dan auto battle akan memilihkan opsi serangan terbaik sesuai dengan job tersebut. Sekali lagi, luar biasa programmer-programmer di balik Final Fantasy XIII ini.
--- Fase Persiapan --- 1. Perbanyak penguasaan ability di Crystarium sebanyak-banyaknya https://finalfantasy.fandom.com/wiki/Crystarium_system
Tanpa pengembangan Crystarium pun, auto-battle sudah bisa kita nikmati. Hanya saja dengan mengembangkan Crystarium, atribut karakter kita semakin kuat dan ability yang bisa dipilih komputer saat auto battle juga semakin banyak. Pengembangan crystarium ini nantinya membuat auto battle semakin efektif dan semakin cepat.
2. Siapkan berbagai kombinasi Paradigm Deck untuk berbagai skenario. https://finalfantasy.fandom.com/wiki/Paradigm
Jangan hanya fokus pada deck dengan job yang menyerang seperti Commando (warrior) atau Ravager (black magic attack). Ada saatnya musuh mengeluarkan serangan kuat sehingga karakter kita harus menyiapkan deck dengan job Medic (white mage healing) atau Sentinel (knight). Untuk melawan musuh yang defensenya tinggi, siapkan juga Saboteur (black magic support) dan Synergist (white magic support).
Bisa dibilang, pusingnya Final Fantasy XIII ya di kombinasi Paradigm Deck ini aja. Terlalu sedikit variasi bisa berbahaya tapi terlalu banyak juga bisa membuat kita pusing berganti job saat battle berlangsung. Untunglah ada auto battle sehingga pusingnya kita nggak double.
--- Fase Otomatis ---
1. Yup, pilih Auto Battle setiap bar ATB sudah penuh https://www.gamerpros.co/the-final-fantasy-xiii-saga-is-the-most-unappreciated-set-of-games-in-the-series/
Berbeda dengan Final Fantasy VIII yang otomatis karena tinggal attack-attack saja, Final Fantasy XIII juga otomatis tapi serangannya lebih kaya. Auto battlenya memungkinkan kita melakukan auto attack, auto magic, maupun auto heal hanya dengan satu tombol action. Kita tidak perlu memencet tombol atas bawah kiri kanan untuk memilih serangan di setiap giliran. Bisa sih, tapi jarang diperlukan. Pilihan serangan di auto battle sebagian besar bagus-bagus kok.
2. Sesekali ganti Job dengan Paradigm Shift https://www.mobygames.com/game/xbox360/final-fantasy-xiii/screenshots/gameShotId,430444/
Paradigm Shift atau pergantian job biasanya kita gunakan untuk melawan musuh-musuh yang kuat seperti Boss. HP Boss banyak sekali dan gaya bertarungnya berubah-ubah. Kadang serangan biasa, kadang serangan spesial, atau kadang-kadang bertahan. Di sinilah kita perlu melatih timing berganti job kita dengan baik. Terlambat berganti job bisa membuat kita babak belur bahkan game over. Pusingnya battle panjang di Final Fantasy XIII ini ya timing Paradigm Shift aja. Kalau timing pergantian ini sudah berhasil kita kuasai dengan lancar, ya tinggal nikmatin deh auto battle yang mudah dan efektif.
Juara I Paling Otomatis: Final Fantasy XII "Auto Programmer dengan Pengaturan Gambit"
Mohon maaf para programmer, saya gak bermaksud menganggap mudah pekerjaan kalian. Tapi buat para programmer yang pernah main Final Fantasy XII dan Final Fantasy lainnya, pasti setuju deh kalo seri yang ini lebih mirip dunia programming daripada seri lainnya. Ini lah seri di mana kita menerapkan kondisi “if … then … ” dalam sistem battlenya. Sistem yang di Final Fantasy XII disebut dengan Gambit System.
Kita bisa memasang kondisi seperti “Jika ada musuh terdekat, maka serang” atau “Jika hp teman < 80%, maka beri potion”. Perintah-perintah ini pun bisa kita susun berdasarkan ranking prioritas, mana duluan yang akan dieksekusi jika kondisi terpenuhi. Jujur, ini bisa lebih ribet daripada mengatur Paradigm Deck di Final Fantasy XIII. Namun, jika kita berhasil memahami system Gambit ini, maka kita tidak perlu berkali-kali memilih auto battle seperti di Final Fantasy XIII. Cukup dengan satu tombol D-pad, maka semua musuh di world map bisa kita habisi. Yup, kita tinggal jalan mendekati mereka dan karakter kita akan secara otomatis menyerang tanpa kita harus mengklik-klik apa-apa lagi. Tidak ada perpindahan world map ke battle field, tidak ada tombol yang harus diklik berulang-ulang, dan hanya dengan mendekati musuh segala jenis perintah bisa dilakukan oleh karakter kita untuk menyerang, bertahan, dan menang. Ini lah yang membuat Final Fantasy XII menjadi Final Fantasy paling otomatis versi saya.
Di awal game mungkin kita cuma bisa memilih attack atau item secara manual saat battle. Tapi segera setelah kita bertemu anggota tim satu demi satu sesuai cerita, pilihan untuk mengembangkan License Board dan memasang Gambit juga akan terbuka. License Board ini lah tempat setiap karakter kita menguasai berbagai ability dan gambit.
2. Beli juga Gambit dan berbagai Ability yang ingin digunakan di Toko terkait https://www.youtube.com/watch?v=gDC918pTlgY
Sayangnya, di Final Fantasy XII ini tidak cukup bagi kita menguasai ability dari License Board. Sebagaimana namanya, License Board itu seperti SIM A (Surat Izin Menggunakan Ability). Bisa aja kan kita punya SIM A, tapi belum punya mobil. Nah begitu juga Final Fantasy XII. Kalau sudah punya suratnya, ya beli dulu ability nya di toko-toko yang tersebar di Final Fantasy XII. Baru ability tersebut bisa digunakan manual saat battle atau dipasang di pengaturan gambit agar dieksekusi secara otomatis nantinya.
3. Pasang dan atur Gambit sesuai Kebutuhan https://ichi.pro/id/gambits-pola-keputusan-perilaku-untuk-ai-pengembangan-game-236057665806743
Pengaturan Gambit ini mungkin lebih rumit daripada pengaturan Paradigm Deck. Jika paradigm Deck hanya mengatur job, maka pengaturan Gambit ini lebih spesifik lagi karena sampai mengatur command apa, untuk kondisi apa, termasuk urutan prioritasnya ke berapa. Tapi yang namanya game, jangan takut bereksperimen. Kita bisa coba-coba mengatur gambit dan membawa karakter kita ke world map untuk melihat hasilnya. Lama-lama kita akan semakin paham kebutuhan gambit yang kita perlukan dan bagaimana pengaturan yang paling pas dengan gaya bermain kita.
--- Fase Otomatis ---
1. Cari musuh di Mana Saja (ini bukan ajakan anarkis ya) http://critdamage.blogspot.com/2014/06/notes-on-final-fantasy-xii.html
Silahkan jalan-jalan di world map di luar kota. Nanti juga karakternya gerak-gerak sendiri kalau ketemu musuh. Mau nonton battlenya sambil lepas stik juga bisa. Kalau musuh udah mati baru pegang lagi stiknya. Paling yang kita gunakan cuma D-pad buat jalan-jalan di peta nyari musuh lagi. Kalau kita tepat mengatur gambitnya, sebagian besar boss juga bisa dilawan otomatis pake Gambit. Jarang ada pertarungan yang membutuhkan Summon atau Quickening yang harus dipilih secara manual.
Kira-kira seperti apa gameplay dari Final Fantasy XVI, ya? Kalau dari trailernya sih kayaknya jauh dari kata otomatis. Battlenya lebih mirip seri Devil May Cry daripada seri Final Fantasy pada umumnya. Semoga saja ada info terbaru nanti di TGS 2021 akhir September ini. Apakah list di atas cukup kontroversial? Silahkan komen bagi yang punya pendapat lain mengenai seri paling otomatis buat kalian. Ini thread tujuannya for fun saja.
Tulisan di atas hanya memberitahu bahwa sebagian besar battle bisa berlangsung dengan pola seperti itu. Tentu tidak terlarang bagi kita untuk menikmati berbagai command lain di game karena command-command tersebut ada memang untuk dinikmati.
Terima kasih sudah mampir. Terima kasih juga yang sudah komen. Sehat selalu.
Sumber: Pengalaman pribadi Website-website di atas