3 Perbedaan Hari Pelanggan Dengan Hari Konsumen Yang Jarang Diketahui !
TS
zeropromosi
3 Perbedaan Hari Pelanggan Dengan Hari Konsumen Yang Jarang Diketahui !
Hai sobat ! Pada 4 September lalu kita telah memperingati Hari Pelanggan Nasional atau Harpelnas, tapi tahukah kamu selain Harpelnas ada juga peringatan Hakornas atau Hari Konsumen Nasional yang diperingati sebagai bentuk apresiasi terhadap konsumen. Sekilas kedua hari peringatan ini sama, tapi ternyata kedua peringatan ini memiliki banyak perbedaan yang jarang diketahui lho. Oleh karena itu kali ini Zeropromosi ingin memberitahukan apa saja perbedaan dari kedua hari peringatan ini yang perlu kamu ketahui. Yuk simak perbedaannya di artikel berikut ini ! 1. Makna dan Definisinya Berbeda merupakan salah satu perbedaan Harpelnas dan Harkonas
Spoiler for spoiler:
Hayooo siapa nih yang tahu perbedaan pertama dari kedua moment penting ini ? Yups, kedua moment peringatan ini jelas berbeda ya sobat, dan perbedaan pertama yang sangat membedakannya adalah makna dan definisi nya masing-masing. Seperti yang kita tahu Harpelnas itu adalah Hari Pelanggan Nasional dimana pelanggan berarti pihak (konsumen baik itu perorangan, perusahaan atau lembaga) yang membeli dan menggunakan suatu produk baik itu barang ataupun jasa secara berulang kali atau terus menerus. Intinya pelanggan ini adalah seseorang yang selalu membeli dan menggunakan suatu produk barang atau jasa ya sobat. Sedangan Harkonas sendiri adalah Hari Konsumen Nasional dimana konsumen itu berarti pihak (perorangan, perusahaan atau lembaga) yang menggunakan suatu produk baik itu barang atau jasa. Pihak yang menggunakan suatu produk meskipun hanya sekali tetap dikatakan sebagai konsumen. Ini artinya pelanggan sudah tentu konsumen, namun konsumen belum bisa dikatakan sebagai pelanggan. Ada yang pernah salah persepsi ga nih ?
2. Tujuan Diadakannya Sangat Berbeda merupakan salah satu perbedaan Harpelnas dan Harkonas
Spoiler for spoiler:
Kalau sobat zero udah baca point yang pertama pasti udah paham lah ya perbedaan dasar dari kedua hari peringatan ini. Meskipun hampir mirip dan hanya beda dari taraf itensitas keseringan mereka membeli dan menggunakan produk, ternyata tujuan dari kedua hari peringatan ini juga beda jauh lho sobat. Perbedaan nya adalah Hari Pelanggan Nasional atau Harpelnas itu lebih mengarah kepada upaya dari pelaku usaha untuk memberikan produk baik itu barang ataupun jasa yang terbaik kepada pelanggan. Yups, Harpelnas ini menjadi ajang dimana para pelaku usaha akan memberikan dan memperlakukan para pelanggan mereka dengan cara berbeda dari biasanya, mereka akan memperlakukan pelanggan dengan lebih istimewa dan spesial. Tapi bukan berarti biasanya ga totalitas ya sobat, para pelaku usaha memanfaatkan moment ini sebagai wujud apresiasi mereka kepada pelanggan. Jadi yaa pasti aka nada sesuatu yang lebih istimewa di moment ini. Berbeda dengan Hari Konsumen Nasional atau Harkonas, moment peringatan ini sendiri merupakan salah satu upaya dari pemerintah untuk memberikan edukasi kepada para konsumen sehingga konsumen bisa lebih cerdas serta terlindungi dari bahaya saat melakukan transaksi jual beli, baik itu offline maupun online. Hari peringatan ini juga bertujuan agar semakin banyak pelaku usaha yang memiliki etika dalam menjalankan usahanya sehingga mampu untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan yang siap menjadi tuan rumah di negeri sendiri serta mampu bersaing di pasar global. Jadi, kedua moment ini jelas sangat berbeda ya sobat, karena tujuan awal diadakannya pun sangat berbeda.
3. Asal-Usul Yang Berbeda merupakan salah satu perbedaan Harpelnas dan Harkonas
Spoiler for spoiler:
Pernah gak sih sobat zero kepikiran kok bisa ya ada peringatan ini itu dan lainnya. Nah, sobat zero perlu tahu nih kalau setiap hari peringatan itu ada alasan dan asal-usulnya hingga akhirnya menjadi sebuah moment peringatan yang rutin di peringati setiap tahun. Nah, kalau Harpelnas dan Harkonas ini juga memiliki asal usul yang berbeda lho. Untuk Hari Pelanggan Nasional (Harplenas) itu diprakarsai atau dicetuskan oleh seorang pebisnis sukses asal kota Solo yang bernama Handi Irawan. Handy Irawan ini merupakan seorang pebisnis yang merupakan CEO di sebuah lembaga riset pemasaran Frontier Group. Gagasan Hari Pelanggan Nasional ini awalnya muncul karena dirinya merasa kesal dan geregetan saat melihat kondisi pelayanan pelanggan di Indonesia. Handi Irawan juga dikenal sebagai pakar kepuasan pelanggan lho.
Gagasan ini sendiri dicetuskan pada tahun 2003 yang kemudian dicanangkan oleh Presiden ke-5 Republik Indonesia yakni Ibu Megawati di bawah Kementerian BUMN. Meskipun hari ini dicetuskan oleh CEO Frontier Group, tapi moment ini merupakan milik nasional dan semua pihak bisa ikut serta memperingatinya. Sedangkan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) itu sendiri di ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional, dimana tanggal 20 April ditetapkan sebagai Hari Konsumen Nasional dengan mengacu kepada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Untuk pencanangan Hari Konsumen Nasional sendiri awalnya diselenggarakan oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional pada tanggal 20 April 2012 yang kemudian dilaksanakan oleh Pemerintah dengan koordinasi Direktorat Pemberdayaan Konsumen, Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen, Kementerian Perdagangan.
Nah sobat zeropromi, itulah beberapa perbedaan dari Hari Pelanggan Nasional dengan Hari Konsumen Nasional. Jadi gimana nih, lebih paham kan bedanya apa. Menurut kamu ada perbedaan lain gak dari kedua peringatan ini? Jika ada perbedaan versi kamu bisa komen di kolom komentar ya. Sebagai vendor souvenir dan merchandise perusahaan, kami Zeropromosi juga selalu ikut andil dalam kedua hari peringatan ini lho. Kami senantiasa ingin menjadi yang terbaik untuk kamu dalam menyediakan berbagai jenis souvenir dan merchandise yang kamu butuhkan. Kamu akan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas baik itu dari segi produk hingga pelayanan nya. Jadi jangan ragu untuk mempercayakan Zeropromosi sebagai partner kamu saat membutuhkan souvenir ya. Butuh souvenir dan merchandise promosi ? Ingat Zeropromosi !
Sekian dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk sobat zero semua ya. Jangan lupa share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu agar mereka juga jadi tahu. Terimakasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel berikut, ya!
#faktaunik #faktamenarik #infounik #infomenarik #harkonas #harpelnas #haripelanggannasional #harikonsumennasional #bedanyahakornasdanharpelnas #pelanggan #konsumen #bisnis #lifestyle #sejarah #unik #zeropromosi #souvenir #vendorsouvenir